Macam-macam Penyakit Ginjal dan Gejala Umum yang Perlu Diwaspadai





Penderita penyakit ginjal di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Seseorang dapat terkena penyakit ginjal biasanya diakibatkan oleh gaya hidup dan pola makan yang tidak terkendali.

Penyakit ginjal kronis dapat mengakibatkan Gagal Ginjal, dan perlu kita ketahui bahwa pengobatan untuk penyakit gagal ginjal harus dilakukan seumur hidup. Oleh karena itu, dengan mengetahui macam-macam penyakit ginjal dan gejalanya, semoga pencegahan dapat dilakukan secara efektif.

Macam-macam Penyakit Ginjal dan Gejala Umum yang Perlu Diwaspadai


Macam-macam Penyakit Ginjal

Masyarakat perlu tahu bahwa terdapat banyak jenis penyakit ginjal, jadi bukan hanya batu ginjal dan gagal ginjal saja. Penyakit ginjal tidak hanya terdiri dari satu atau dua macam saja, tetapi ada bermacam-macam. Berikut ini kami bagikan informasi tentang macam-macam penyakit ginjal yang penting untuk kita ketahui:

1. Penyakit Batu Ginjal

Batu ginjal adalah salah satu penyakit ginjal yang sudah banyak diketahui oleh masyarakat. Penyebab batu ginjal adalah adanya endapan dari kalsium garam. Kalsium garam tersebut akan mengendap di ginjal dan mengkristal seperti batu.

Baca juga: Dua Macam Penyakit Gagal Ginjal Beserta Tanda-tandanya

Batu ginjal dapat menghambat keluarnya cairan urin dari saluran kencing. Tindakan bedah dan penggunaan sinar laser merupakan salah satu cara untuk mengatasi batu ginjal. Tindakan bedah bertujuan untuk membuang batu (endapan kalsium) yang berada di dalam ginjal.

Saluran kencing akan kembali normal setelah batu ginjal diangkat. Mengkonsumsi banyak garam dapat mengakibatkan kalsium terbentuk kembali di dalam ginjal sehingga menyebabkan penyakit ginjal akan kambuh kembali.

2. Gagal Ginjal

Gagal ginjal juga merupakan salah satu penyakit ginjal yang masyarakat sudah sering mengetahuinya. Gagal ginjal sendiri adalah penyakit di mana salah satu ginjal tidak dapat berfungsi dengan normal.

Manusia memiliki dua buah ginjal di dalam tubuhnya, gagalnya fungsi salah satu ginjal memang dapat diambil alih oleh ginjal yang lain. Akan tetapi hal ini sangatlah berisiko dan dapat mengakibatkan kematian karena penimbunan urea di dalam tubuh.

Penderita gagal ginjal akan mengeluarkan urin lebih sedikit dan dapat mengakibatkan kebocoran pada ginjal sehingga urin dapat tercampur ke dalam aliran darah. Seseorang yang menderita gagal ginjal seumur hidupnya diharuskan melakukan pengobatan berupa cuci darah sepanjang hidupnya.

3. Radang Ginjal

Dalam istilah medis, radang ginjal juga disebut dengan nefritis. Penyebab penyakit ginjal yang satu ini adalah rusaknya nefron pada ginjal. Biasanya, radang yang terjadi pada ginjal disebabkan oleh infeksi baik itu dari virus ataupun bakteri.

Infeksi oleh bakteri ataupun virus inilah yang mengakibatkan rusaknya nefron pada ginjal. Apabila terjadi kerusakan pada nefron, maka urin dapat masuk kembali ke dalam aliran darah sehingga mengakibatkan terganggunya penyerapan cairan di dalam tubuh dan cairan tersebut akan menumpuk di dalam tubuh.

4. Nefritis Glomerulus

Nefritis Glomerulus adalah penyakit radang membrane filtrasi glomerulus yang terdapat di kopskulum renalis. Penyebab nefritis glomerulus adalah alergi yang dikarenakan infeksi dari racun bakteri streptococcus yang menyerang pada bagian organ tubuh yang lain.

Penderita penyakit ini mengalami kenaikan membrane filtrasi dan juga sel-sel darah putih pada bagian filtrasi ginjal. Hal ini berakibat pada masuknya sejumlah protein penting ke dalam urin, sehingga gejala yang paling mudah diamati adalah meningkatnya produksi urin. Apabila tidak segera ditangani, penyakit ini juga dapat mengakibatkan gagal ginjal.

5. Penyakit Sistisis

Sistisis adalah penyakit ginjal yang terjadi akibat infeksi pada bagian mukosa serta submukosa di daerah kantung kemih. Infeksi tersebut dapat terjadi akibat masuknya bakteri, virus, atau terpapar zat kimia.

6. Penyakit Pielonefritis

Pielonefritis adalah penyakit radang yang terjadi pada seluruh bagian ginjal. Kerusakan ginjal terjadi karena adanya infeksi bakteri pada pelvis ginjal yang selanjutnya menyebar ke seluruh bagian ginjal.

7. Ketosis

Ketosis adalah penyakit ginjal yang diakibatkan oleh senyawa keton di dalam darah. Penderita penyakit ini biasanya adalah mereka yang sering melakukan diet tinggi karbohidrat.

8. Polisistik

Penyebab penyakit ginjal polisistik adalah rusaknya saluran pada ginjal yang mengakibatkan nefron menjadi rusak. Nefron yang rusak tersebut akan membesar dan membentuk layaknya kista di sepanjang saluran ginjal.

Penyakit ini juga berisiko diturunkan secara genetik sehingga kita Anda perlu hati-hati dalam menjaga pola hidup sehat bila dalam keluarga ada yang memiliki riwayat penyakit polisistik.

9. Diabeter Insipidus

Penyebab diabeter insipidus adalah kurangnya hormon antidiuretik di dalam tubuh sehingga penderita penyakit ini akan memproduksi tingkat urin yang berlebih. Penyakit ini dapat mengakibatkan penyakit ginjal yang lain karena insuli pada penderita diabetes insipidus akan turut membuat kinerja ginjal menjadi lebih berat.


Gejala Umum Penyakit Ginjal

Macam-macam Penyakit Ginjal dan Gejala Umum yang Perlu Diwaspadai
Gejala atau ciri-ciri penyakit ginjal secara umum perlu diketahui oleh Anda agar dapat mendeteksi secara dini apabila terdapat tanda-tanda penyakit ginjal dalam diri. Dengan demikian pencegahan pun dapat dilakukan sebelum penyakit ginjal tersebut meningkat menjadi kronis.

Sayangnya, tidak sedikit orang yang baru tahu kalau dirinya ternyata menderita penyakit ginjal ketika sudah masuk tahap kronis sehingga penyakit ginjal yang diderita semakin sulit untuk disembuhkan.



Setiap penyakit yang kita derita pasti akan menimbulkan gejala atau tanda-tanda. Nah berikut ini kami akan bagikan informasi tentang gejala, tanda-tanda, atau ciri-ciri seseorang terkena penyakit ginjal agar kita lebih waspada.

1. Timbulnya Rasa Gatal yang Ekstrim

Gejala penyakit batu ginjal dan juga gagal ginjal yang kerap muncul adalah timbulnya rasa gatal di beberapa bagian atau seluruh tubuh secara berlebih. Penyebab dari rasa gatal yang begitu ekstrim ini dikarenakan fungsi ginjal yang tidak normal akan mengakibatkan penumpukan kotoran sisa dari metabolisme tubuh.

Kotoran atau zat-zat racun tersebut akan menyebabkan rasa gatal yang berlebih, bukan layaknya gatal seperti kena ulat bulu atau gigitan serangga yang terasa di bagian luar kulit. Rasa gatal ini timbul pada bagian bawah kulit sehingga gatal tidak hilang meski kita sudah menggaruknya. Bahkan, pendarahan atau luka bisa terjadi pada kulit karena garukan yang kita lakukan terus menerus.

Rasa gatal ini juga akan ada setiap harinya, muncul di banyak bagian tubuh yang seringnya terjadi pada bagian tangan, pergelangan tangan, dan juga kaki.

2. Sering Mengalami Sesak Nafas

Gejala berikutnya dari penyakit ginjal ialah penderita akan mengalami sesak nafas atau kondisi sulit bernafas. Gejala semacam ini biasanya dikarenakan adanya penumpukan cairan di paru-paru.

Salah satu fungsi ginjal membuang cairan sisa metabolisme tubuh berupa urin mengalami gangguan, sehingga cairan tersebut menumpuk di beberapa bagian tubuh termasuk paru-paru.

3. Cepat Merasa Lelah

Terganggunya fungsi kerja ginjal juga akan mengakibatkan penderita kekurangan sel darah merah dan oksigen di dalam tubuhnya. Apabila kadar oksigen di dalam tubuh tidak mencukupi, maka proses pemecahan makanan menjadi energi pun akan menjadi terganggu. Hal ini akan mengakibatkan tubuh kekurangan energi sehingga penderita akan mudah merasa lelah dan lemas.

4. Tubuh Terlihat Pucat

Umumnya, seseorang akan terlihat pucat apabila kekurangan sel darah merah dalam tubuhnya. Seseorang dengan gangguan fungsi ginjal akan mengalami kondisi anemia. Bila telapak tangan Anda terlihat pucat atau kemerah-merahan maka bisa jadi Anda terkena anemia yang merupakan gejala umum penderita penyakit ginjal.

5. Rasa Sakit di Sekitar Bagian Pinggang

Macam-macam Penyakit Ginjal dan Gejala Umum yang Perlu Diwaspadai
Penderita penyakit ginjal seringkali merasakan sakit di bagian pinggang meskipun tidak beraktivitas terlalu berat. Gejala yang satu ini nampaknya sudah banyak orang yang mengetahui karena sering dibahas dalam diskusi maupun web kesehatan.

Namun, masih banyak orang yang belum tahu betul mana sakit pinggang biasa, dan bagaimana sakit pinggang yang merupakan gejala penyakit ginjal.

Batu ginjal yang tertimbun di dalam saluran kemih atau ureter akan menyebabkan rasa nyeri di sekitar bagian pinggang. Sakit pinggang yang merupakan gejala penyakit ginjal biasanya sering kambuh dan akan berlangsung selama berhari-hari atau bahkan hitungan minggu.

6. Terasa Sakit Saat Buang Air Kecil

Penderita penyakit ginjal terutama batu ginjal apabila buang air kecil akan terasa sakit saat mengeluarkan urin. Hal tersebut dikarenakan adanya batu ginjal yang menekan saluran kemih sehingga terasa nyeri apabila penderita mengeluarkan urin.

7. Terjadinya Gangguan Produksi Hormon

Menurunnya fungsi kerja ginjal akan menyebabkan produksi hormon seseorang terganggu. Ganguan hormon tersebut dapat mengakibatkan produksi hormon pembuat tekanan di dalam darah meningkat sedangkan hormon-hormon lainnya yang diproduksi ginjal menurun sehingga terjadi ketidakseimbangan metabolisme di dalam tubuh.

8. Pengeluaran Urin Berkurang

Menurunnya fungsi kerja ginjal dapat menyebabkan urin yang dikeluarkan menjadi berkurang. Cairan sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui urin tidak mampu diproses dengan sempurna oleh ginjal, sehingga pengeluaran urin akan cenderung lebih sedikit.

Biasanya, pengamatan medis yang paling sederhana dilakukan untuk mendeteksi adanya gangguan ginjal adalah melalui urin, bila volume urin yang dikeluarkan tidak sebanding dengan jumlah cairan yang masuk, ada kemungkinan seseorang mengalami penyakit atau gangguan pada ginjalnya.

9. Urin Berlebih Pada Penderita Diabetes

Penyakit ginjal yang dialami penderita diabetes justru akan sering buang air kecil, terutama saat malam hari. Kemampuan ginjal untuk menahan ekskresi manusia salah satunya berupa urin menjadi berkurang.

10. Cairan Urin Berwarna Keruh

Urin yang berwarna keruh seperti cokelat atau seperti minuman soda atau darah merah merupakan salah satu gejala penyakit ginjal. Biasanya, hal ini disebabkan adanya infeksi bakteri atau virus yang menyerang ginjal sehingga fungsi ginjal dalam menyaring urin menjadi berkurang.

11. Pembengkakan Pada Beberapa Bagian Tubuh

Penderita penyakit ginjal akan ditandai dengan gejala pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Pembengkakan tersebut diakibatkan penumpukan cairan sisa metabolisme yang tidak dapat dikeluarkan secara sempurna. Pembengkakan dapat terjadi pada area kaki, tangan, dan juga perut. Penderita penyakit ginjal akan sering merasa mual karena perutnya dipenuhi dengan cairan.

Rasa mual pada bagian perut akan membuat penderita tidak nyaman saat mengkonsumsi makanan sehingga nafsu makannya pun akan berkurang. Banyak penderita gangguan ginjal yang tubuhnya semakin kurus dalam waktu yang singkat karena kurangnya asupan makanan ke dalam tubuh.

12. Keluarnya Darah Dalam Cairan Urin

Kencing berdarah merupakan salah satu gejala yang paling sering terlihat pada penderita penyakit ginjal. Tidak berfungsinya filter ginjal dengan baik membuat penyaringan darah dan urin menjadi terganggu sehingga darah dapat keluar dari dalam tubuh melalui saluran kencing.

13. Terlihat Bengkak Pada Pelupuk Mata

Pada penyakit radang ginjal, gejala yang paling sering ditemui adalah terjadinya pembengkakan pada pelupuk mata. Radang ginjal disebabkan oleh infeksi bakteri yang membuat nefron menjadi rusak sehingga urin dapat masuk kembali ke dalam darah.

Cairan yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat diserap dengan sempurna sehingga terjadi pembengkakan hingga ke pelupuk mata. Penderita radang ginjal seumur hidupnya diharuskan melakukan cuci darah.

14. Adanya Banyak Buih Pada Air Kencing

Rusaknya nefron ginjal akan menyebabkan kencing menjadi berbusa. Kita perlu waspada apabila terlihat banyak busa atau buih saat mengeluarkan air kencing karena ada kemungkinan terjadinya gangguan pada organ ginjal.

15. Air Kencing Dirubung Semut

Hal ini sering terjadi pada penderita diabetes. Diabetes dapat mengakibatkan fungsi kerja ginjal menjadi terganggu. Istilah lainnya dalam dunia medis pada ciri-ciri seperti ini adalah penyakit ginjal glukosaria. Penderita glukosaria akan mengeluarkan urin yang mengandung kadar gula sehingga air kencing yang dikeluarkan penderita akan memancing kehadiran semut.

Baca juga: Gejala dan Cara Pengobatan Penyakit Paru-paru Basah atau Pneumonia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai macam-macam penyakit ginjal dan beberapa gejala yang perlu diwaspadai. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu Anda dalam pencegahan dini penyakit ginjal sebelum bertambah parah dan sulit diobati.


Sumber/gambar:
galerisehat.co
kesehatanaz.com
obatherbalasia.com



0 Response to "Macam-macam Penyakit Ginjal dan Gejala Umum yang Perlu Diwaspadai"