Sudahkah Anda Tahu 5 Macam Tipe Tetangga Unik Berikut Ini?





Tetangga adalah orang-orang terdekat yang ada di sekitar tempat tinggal kita.

Ada pula yang menyebutkan bahwa tetangga adalah 40 rumah terdekat yang ada di sekitar rumah kita.

Mereka memiliki peranan cukup besar dalam kehidupan, yaitu orang pertama yang akan menolong saat kita sedang dalam keadaan darurat dan membutuhkan pertolongan.

Para tetangga pula yang akan membantu di saat kita mengadakan hajatan atau syukuran, baik untuk acara pernikahan, ataupun khitanan.

Di samping itu, ketika musibah menimpa seperti kematian, sakit, hingga suatu bencana yang suatu saat mungkin akan terjadi, para tetanggalah yang akan turut membantu saat kita dalam kesusahan.

Baca juga: Banyak Pria Mengidamkan 9 Tipe Wanita Berikut Ini Menjadi Pasangan Hidupnya

Kita pun harus berperilaku sebaliknya, berbuat baik kepada tetangga, karena bagi mereka kita adalah orang-orang terdekat yang berada di sekitar tempat tinggal mereka.

Saling berbuat baik dan tolong-menolong, itulah gunanya hidup bertetangga.

Tidak hanya dalam hal tolong-menolong saja, tetangga pula yang akan menjadi teman dalam berbagi cerita.

Bahkan, mereka bisa dikatakan sebagai cerminan kepribadian diri dan keluarga kita.

Misalnya bila kita berbuat baik kepada mereka, tentunya mereka juga akan berbuat baik kepada kita.

Tapi, jangan langsung menyalahkan ketika mereka berbuat buruk kepada kita, mungkin selama ini secara tidak sadar kita pernah menyakiti atau berbuat buruk kepada mereka.

Itulah mengapa tetangga sering disebut sebagai “saudara kita yang paling dekat”.

Namun, ada kalanya meskipun kita sudah merasa berbuat baik kepada semua tetangga, ada saja sebagian kecil yang berperilaku buruk terhadap kita atau tidak suka terhadap kita.

Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal, misalnya kecemburuan sosial, ekonomi, perbedaan pandangan politik, atau bisa juga karena memang karakter mereka seperti itu, enggan bersosialisasi, menutup diri, atau suka bersikap kasar kepada semua orang.

Pada intinya, karakter tetangga juga bisa berbeda-beda.

Asalkan kita sudah berusaha berbuat baik, dan menjaga diri dari segala perilaku dan perkataan yang menyinggung perasaan mereka, jangan terlalu diambil pusing.

Memang tidak semua tetangga memiliki karakter yang sama, dan tidak semuanya pula memperlakukan kita dengan buruk.

Namun, ada beberapa tipe tetangga yang perlu mendapat perhatian khusus.

Perhatian khusus di sini maksudnya ialah cara kita bersikap kepada mereka tidak seperti tetangga pada umumnya.

Karena pada umumnya, tetangga akan berbuat baik apabila kita baik pula kepada mereka.

Tapi mungkin lain halnya dengan tipe-tipe tetangga berikut ini, sikap mereka mungkin tidak akan seperti tetangga pada umumnya.

Sudahkah Anda Tahu 5 Macam Tipe Tetangga Unik Berikut Ini?
Menurut Jodi, R.R Smith yang merupakan penulis dan konsultan etika di Amerika Serikat, ada tipe-tipe tetangga yang perlu mendapat perhatian khusus, simak ulasannya di bawah ini!.


1. Tipe Tetangga Introvert

Tipe tetangga seperti ini jarang atau nyaris tidak pernah merawat rumah mereka.

Biasanya tampak pada kondisi rumah mereka yang kurang terawat, seperti rumput halaman yang sudah memanjang, halaman rumah yang jarang dibersihkan, atau peralatan besi yang dibiarkan mengusang.

Bila pemandangan seperti itu terus berlangsung di rumah tetangga kita dalam waktu lama (misalnya lebih dari seminggu), berikan perhatian khusus pada mereka.

Ada dua kemungkinan kondisi yang terjadi jika rumah tetangga Anda tampak seperti itu, yaitu tetangga Anda memang malas merapikan pekarangannya, atau tetangga sedang tidak mampu membersihkannya karena sakit atau karena sebab lainnya.

Cobalah untuk berkomunikasi dengan mereka. Sebagai tetangga, cobalah untuk memulai perbincangan pertama kali.

Datang ke rumahnya, lalu tanyakan bagaimana kabarnya. Dari percakapan tersebut, kita akan mengetahui kondisi tetangga.

Kemungkinan tetangga kita  adalah orang yang introvert (penyendiri) atau memang benar-benar malas dalam mengurus rumahnya.

Jika mereka adalah tipe penyendiri, maka janganlah bersikap acuh pada mereka.

Mungkin mereka sangat membutuhkan bantuan untuk bersosialisasi dengan tetangga lainnya. Bila mereka memang malas mengurus rumahnya, cobalah untuk mengajaknya kerja bakti bersama.


2. Tipe Tetangga yang Dapat Membahayakan

Mungkin kita tidak bisa mengetahui secara detail tentang karakteristik semua tetangga.

Ada baiknya kita juga berusaha mencari tahu apa yang tetangga suka, dan tidak suka. Hal ini sebagai antisipasi terjadinya konflik atau hal-hal yang tidak diharapkan.

Sebagai warga baru dan belum begitu mengenal para tetangga, kita bisa coba bertandang ke rumah tetangga dengan membawa makanan.

Kemudian, perkenalkan diri dan anggota keluarga. Begitu pula sebaliknya, mereka pun akan memperkenalkan diri kepada kita.

Ceritakan kebiasaan apa saja yang kerap kita lakukan di rumah, dan di sekitar rumah. Tanyakan juga kebiasaan yang sering mereka lakukan di rumah.

Bila ada hal yang mereka tidak suka maka sebisa mungkin kita menjaga perasaan mereka agar tidak terjadi konflik dan hal-hal yang membahayakan keluarga kita.


3. Tipe Tetangga Kaya Raya

Di sekitar lingkungan rumah kita mungkin ada tetangga yang kaya raya. Rumah yang megah dan kendaraan-kendaraan mewah terparkir di halaman rumahnya.

Biasanya kita menjadi rendah diri ketika tinggal bersebelahan dengan tetangga yang kaya raya. Beberapa orang malah menjauhi tetangga kaya raya karena merasa rendah diri dan enggan bergaul dengan mereka.

Sugesti rendah diri seperti ini harus kita ubah, karena setiap rumah tangga pastinya memiliki cerita atau kisah yang berbeda.

Tidak semua orang kaya itu sombong, dan hanya mau bergaul dengan orang-orang kaya juga. Banyak kok orang kaya yang tetap berperilaku baik dan mau berbaur dengan para tetangganya.

Oleh karena itu, sebaiknya kita hilangkan pola pikir bahwa semua orang kaya itu sombong. Jangan sampai hanya karena pola pikir seperti itu kita jadi menjauhi tetangga. Dekati saja, dan tetap bersahaja.

Meskipun ternyata nantinya tetangga kita itu memang sombong, janganlah dijauhi.

Sebab, kita tidak tahu bagaimana kondisi masa depan, mungkin suatu saat kita akan membutuhkan bantuannya, atau sebaliknya mereka yang akan membutuhkan bantuan kita.

Yakinlah, akan ada kebaikan bila kita selalu menyayangi tetangga.


4. Tipe Tetangga Unik

Tetangga unik di sini adalah para tetangga yang senang berkunjung ke rumah kita, dan tiba-tiba membuka lemari es, atau menyentuh furniture ruangan tanpa seizin tuan rumah, serta perilaku unik lainnya yang kita anggap hal itu tidaklah biasa.

Saya ada satu tetangga yang sikapnya seperti itu. Tinggalnya persis di depan rumah, di seberang jalan dan berhadap-hadapan dengan rumah saya.

Awalnya agak kaget, tapi lama-lama terbiasa dan kami jadi merasa sudah seperti saudara dekat. Bahkan, saya juga jadi ketularan bila sedang bertandang ke rumahnya, ikut-ikutan menjadi seperti mereka.

Namun, dalam kasus lain tetangga seperti ini sebenarnya harus diberi ketegasan dan pengertian bahwa hal yang dilakukannya sudah melanggar privasi.


5. Tipe Tetangga Tak Mau Bersosialisasi

Tipe tetangga seperti ini biasanya suka menghindar dari kerumunan,  dan memang kemauannya sendiri untuk menutup diri.

Tipe tetangga seperti ini banyak kita temui pada hunian vertikal (apartemen). Namun, juga dapat terjadi pada hunian tapak.

Hubungan baik dengan tetangga tipe seperti ini tetap harus dijaga. Tegurlah dengan santai ketika berpapasan dengannya.

Tak perlu memaksanya untuk bersikap terbuka atau bersosialisasi, cukup dengan memberi perhatian kepadanya dengan mengirimkan makanan, atau saling senyum dan sapa.

Baca juga: 9 Cara Terbaik Agar Lebih Mudah Bangun Pagi Setiap Hari

Tipe tetangga seperti ini memang enggan diusik oleh orang lain dan merasa memiliki zona amannya sendiri.

Ketika mereka mulai terbuka kepada kita, biasanya memang hal itu karena kemauan mereka sendiri. Jadi, santai saja dan tetap menjadi warga yang memahami tetangganya.

Menjaga keharmonisan hubungan dengan tetangga merupakan perkara yang tak mudah.

Apalagi bagi orang yang hidupnya suka berpindah-pindah (nomad). Tempat tinggal baru, lingkungan baru, dan harus pula memulai interaksi dengan teman baru.

Mengetahui cara bersosialisasi dengan tetangga, bagaimana cara ngobrol dan berteman dengan tetangga merupakan hal penting yang harus kita ketahui dalam kehidupan bermasyarakat. 



0 Response to "Sudahkah Anda Tahu 5 Macam Tipe Tetangga Unik Berikut Ini?"