Ini Dia Daftar 10 Sepeda Motor Buatan Indonesia Terlaris di Mancanegara





Meski pemilik merek dagangnya berasal dari luar Indonesia, pabrikan seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki telah menjadi bagian dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

Segala aktivitas mulai dari produksi, pabrikan, kantor, jaringan, legalitas, hingga penjualan semuanya sudah dilakukan secara mandiri di Indonesia melalui Agen Pemegang Merek (APM) masing-masing.

Bisa dikatakan mereka adalah perusahaan-perusahaan besar yang telah mampu memproduksi sepeda motor asli buatan Indonesia yang penjualannya tidak hanya untuk pasar dalam negeri saja, tapi juga ke mancanegara.

Peningkatan jumlah penjualan terus dialami pada kendaraan roda dua buatan Indonesia di mancanegara. Sejak Maret 2017 saja, angka penjualan telah meningkat sebesar 8,6%.

AISI mencatat sebanyak 35.152 unit sepeda motor buatan lokal telah terjual di pasar ekspor sampai pertengahan 2017 lalu.

Peringkat penjualan ekspor tertinggi dipegang oleh merk Yamaha di angka 21.068 unit sepeda motor. Disusul merk Honda yang berada di angka 10.373 unit.

Apa saja model favorit yang banyak diburu oleh para pengguna sepeda motor buatan Indonesia di luar negeri? Berikut daftar sepeda motor buatan Indonesia terlaris di pasar ekspor yang kami lansir dari portal berita Liputan6.com:


1. Yamaha NMax

Ini Dia Daftar 10 Sepeda Motor Buatan Indonesia Terlaris di Mancanegara
gambar via ph.priceprice.com
Sejak peluncuran pada awal Januari 2015 silam, produk Yamaha NMax telah memikat hati publik internasional. Produk ini memang ditujukan untuk pasar global oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Keunggulan dari produk skutek premium kelas 150 cc ini antara lain:
- Fitur optimalisasi bahan bakar (blue cores).
- Anti-lock brake system (rem anti selip).
- Variable valve actuation (optimalisasi kerja mesin).

Banderol untuk skuter matik Yamaha NMax ini berada di kisaran Rp 24 sampai 27 juta.


2. Honda Beat

Ini Dia Daftar 10 Sepeda Motor Buatan Indonesia Terlaris di Mancanegara
gambar via grandmedia.id
Produk terlaris berikutnya yang berada di urutan kedua adalah Honda Beat. Sejumlah keunggulan memang ditawarkan oleh skuter matik yang memiliki desain luwes dan ramping ini.

Keunggulan tersebut antara lain:
- Teknologi echanced smart power untuk mengurangi gesekan mesin sehingga lebih halus, hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.
- Teknologi fuel injection yang akan memaksimalkan tenaga mesin.

Varian motor Honda Beat terbaru dibanderol pada kisaran harga Rp 14 sampai 15 juta tergantung tipenya.


3. Honda Vario

Ini Dia Daftar 10 Sepeda Motor Buatan Indonesia Terlaris di Mancanegara
gambar via astra-honda.com
Skuter matik yang dibanderol pada kisaran Rp 17 jutaan ini didukung oleh mesin berkapasitas 125 cc yang menghasilkan emisi gas buang yang rendah. Lekuk tajam pada desain Honda Vario ini membuatnya memiliki tampilan yang terkesan mewah.


4. Yamaha R25

Ini Dia Daftar 10 Sepeda Motor Buatan Indonesia Terlaris di Mancanegara
gambar via yamaha-motor.co.id
Desain full fairing yang diberikan pada Yamaha R25 ini tampak elegan dan akan membuat Anda seperti pengendara MotoGP sungguhan. Sepeda motor sport yang didukung oleh mesin berkapasitas 250 cc ini dibanderol seharga Rp 53 juta.


5. Yamaha All New Soul GT

Keunggulan dari Skuter matik Yamaha All New Soul GT ini adalah sangat irit bensin karena didukung oleh teknologi pengoptimalan bahan bakar yang disematkan pada sistem mesinnya. Motor ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 16 jutaan.


6. Yamaha MX King

Yamaha MX King adalah sepeda motor yang sudah diluncurkan sejak 2015 lalu dan mentargetkan segmentasi motor bebel sport.

Spesifikasi desain yang modern, dan mesin berkapasitas 150 cc menjadi pembeda tunggangan satu ini dengan motor bebek biasa. Harga untuk produk ini sekitar Rp 19 jutaan tergantung tipe.


7. Suzuki Address

Suzuki Address adalah skuter matik generasi kedua Suzuki yang memiliki desain berbeda dari generasi pendahulunya. Meski bentuknya lebih besar tapi masih tetap terkesan ramping dan lincah. Motor ini didukung oleh mesin berkapasitas 113 cc, dan dibanderol pada kisaran harga Rp 15 jutaan.


8. Honda Sonic

Produk ini didukung oleh mesin DOHC 4-Valve yang memiliki kubikasi sebesar 149,16. Honda Sonic dilengkapi teknologi andalan berupa pengoptimalan kerja mesin yang diberi nama “programmed fuel injection” yang mampu menambah efisiensi pembakaran mesin.

Hadir dengan desain futuristik ala motor bebek sport, dan dukungan mesin berkapasitas 150 cc, produk ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 21 jutaan.


9. Yamaha MT-25

Motor sport dengan jenis tanpa sayap (naked bike) ini termasuk varian dari Yamaha MT Series. Basis mesinnya hampir mirip seperti R25 yang memiliki performa tangguh dengan tarikan yang mantap. Motor balap yang memiliki mesin berkapasitas 250 cc ini dilepas ke pasaran dengan harga Rp 46 jutaan.


10. TVS Neo

Beragam penghargaan telah diraih produk sepeda motor bebek yang memiliki desain elegan dan modis ini. Penghargaan tersebut di antaranya adalah Otomotif Award Best Feature and Technology di tahun 2010, serta Otomotif Award Best Value dan Best Feature and Technology di tahun 2011.

Salah satu inovasi yang ditawarkan untuk pengguna adalah adanya fasilitas pengisi daya HP bernama i-Charge. Sepeda motor bebek kerena ini hanya dibanderol pada kisaran harga Rp 11 sampai 12 juta saja.


Itulah daftar 10 sepeda motor buatan Indonesia yang laris di pasar internasional. Bagaimana dengan produk-produk di atas? Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satunya?

Sumber: liputan6.com



0 Response to "Ini Dia Daftar 10 Sepeda Motor Buatan Indonesia Terlaris di Mancanegara"