Macam-macam Jurusan di Sekolah Penerbangan Beserta Prospek Lulusannya





Sekarang ini, di Indonesia telah banyak lembaga pendidikan yang menghasilkan tenaga-tenaga kerja di bidang penerbangan.

Beberapa lembaga pendidikan tersebut juga bekerja sama dengan Departemen Perhubungan Indonesia untuk melatih para taruna atau mahasiswa menjadi sumber daya manusia yang handal khususnya di bidang trasportasi udara.

Macam-macam Jurusan di Sekolah Penerbangan Beserta Prospek Lulusannya
via www.i-hud.com
Sejumlah lembaga pendidikan penerbangan yang bekerja sama dengan Departemen Perhubungan antara lain seperti STPI Curug, ATKP Surabaya, ATKP Medan, ATKP Makassar, dan Loka Banyuwangi.

Ada beberapa jurusan dan program studi yang biasanya disediakan oleh sekolah penerbangan. Berikut ini kami berikan informasinya kepada Anda.


1. Jurusan Penerbang (Pilot)

Jurusan ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki cita-cita menjadi pilot. Ada 3 sekolah penerbangan di Indonesia yang menyediakan program studi penerbang (pilot), dan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, antara lain: di Curug, Banyuwangi, dan Bali.

Bagi Anda yang ingin mendaftar pada program studi penerbang, diharuskan memenuhi beberapa kualifikasi dengan seleksi yang sangat ketat.

Seleksi yang harus dilalui mulai dari seleksi akademik, kesemaptaan, psikologi, kesehatan organ, kesehatan fisik, bakat, wawancara, dan lain-lain.

Jurusan penerbang akan melatih peserta didik menjadi penerbang dengan kualifikasi Commercial Pilot License (CPL), Multy Engine (ME), dan Instrument Rating (IR).

Terdapat 3 program studi dalam Jurusan Penerbang, antara lain:
- Program Studi Penerbang Sayap Tetap
- Program Studi Penerbang Sayap Putar
- Program Studi Flight Operation Office (FOO) atau Operasi Pesawat Udara

Jurusan penerbang memiliki prospek yang bagus, karena di Indonesia kebutuhan akan pilot masih sangat besar. Terlebih di maskapai-maskapai penerbangan di Indonesia, seperti Garuda Indonesia, Merpati, Lion Air, Kalstar, dan lain-lain.

Pilot masih sangat dibutuhkan di Indonesia. Penghasilannya juga sangat lumayan, kabarnya gaji pilot di Indonesia bisa sampai Rp 70 juta per bulan.


2. Jurusan Manajemen Penerbangan

Pilihan Program Studi selanjutnya adalah Manajemen Penerbangan. Jurusan ini menerima lulusan dari SMA, MA, maupun SMK, baik IPA, IPS ataupun Bahasa.

Sekolah penerbangan di Indonesia yang menyelenggarakan program studi ini di antaranya STPI Curug, dan ATKP Surabaya. Namun, untuk tes masuknya memang tidak serumit pada Program Studi Penerbang.

Seleksi bagi peserta yang mendaftar untuk jurusan MTU antara lain seleksi akademik, psikologi, kesehatan organ, kesemaptaan, kesehatan fisik, dan tes wawancara.

Jurusan Manajemen Transportasi Udara menyelenggarakan pendidikan di bidang operasi dan adminisrasi penerbangan, yang terbagi dalam 3 program studi, antara lain:
- Program Studi Operasi Bandar Udara
- Program Studi Administrasi Perhubungan Udara
- Program Studi Manajemen Transportasi Udara (MTU)

Lulusan Manajemen Penerbangan memiliki prospek yang menjanjikan karena dapat bekerja di semua bidang pekerjaan yang berhubungan dengan manajemen ke-udara-an, seperti AirNav Indonesia, AP I & II, Asuransi Penerbangan, tambang minyak lepas pantai, dan sebagainya.

Besaran penghasilannya juga cukup lumayan mengingat jumlah lulusannya yang masih terbatas. Lulusan Jurusan Manajemen Penerbangan memiliki peluang kerja yang besar, karena juga akan dibantu oleh Departemen Perhubungan yang mengarahkan para siswanya untuk meraih kesuksesan.


3. Jurusan Pemandu Lalu Lintas Udara (Air Traffic Controller)

Bagi Anda yang bercita-cita sebagai pengatur perjalanan pesawat terbang, program studi Air Traffic Controller (ATC) adalah pilihan yang tepat. Namun, bila ingin masuk ke jurusan ini Anda harus memiliki skill bahasa Inggris yang mumpuni.

Program studi ini dapat menyerap lulusan dari SMA/MA (IPA maupun IPS), SMK, atau yang sederajat. Tentunya dengan hanya lulusan dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik.

Hampir di semua sekolah penerbangan di Indonesia menyediakan kelas untuk program studi ATC ini. Seleksi masuknya sama dengan jurusan lain di sekolah penerbangan.

Semua lulusan Air Traffic Controller dari sekolah yang bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, akan disalurkan ke AirNav Indonesia yang bekerja sama dengan hampir semua bandara di Indonesia.

Sebagai ATC harus mengetahui kondisi terkini dari suatu bandara, sehingga lokasi bekerja harus berada di tempat yang tinggi, yaitu di tower milik bandara.

Mengenai prospek kerja lulusannya, setiap tahun AirNav Indonesia selalu membutuhkan banyak tenaga dari lulusan Air Traffic Controller. Sebabnya, karena adanya penambahan bandara, pemindahan pegawai, dan juga adanya pegawai yang telah pensiun.

Tidak hanya di AirNav Indonesia saja, lulusan ATC juga dapat bekerja di perusahaan asing yang bergerak dalam bidang industri penerbangan.


4. Jurusan Teknik Penerbangan

Para peserta didik di jurusan Teknik Penerbangan ditujukan agar menjadi tenaga yang handal sebagai teknisi pesawat udara, telekomunikasi dan navigasi udara, kelistrikan Bandar udara, mekanikal Bandar udara, serta teknisi bangunan dan landasan.

Jurusan ini menyerap lulusan dari SMA, MA, SMK, baik IPA maupun IPS. Untuk seleksi masuknya juga hampir sama dengan jurusan lainnya yang ada di lembaga pendidikan penerbangan.

Jurusan Teknik Penerbangan terbagi menjadi 5 program studi, antara lain:

- Program Studi Teknik Pesawat Udara

Program studi ini cocok bagi Anda yang ingin menjadi teknisi pesawat terbang. Beberapa lembaga pendidikan yang menyelenggarakan program studi Teknik Pesawat Udara dan bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan, antara lain ATKP Surabaya, STPI Curug, dan ATKP Makassar.

Prospek kerja dari lulusan ini cukup bagus, karena selalu menjadi incaran banyak maskapai penerbangan di dalam maupun luar negeri.

- Program Studi Teknik Telekomunikasi dan Nagivasi Udara

Program studi ini akan memberikan berbagai materi tentang telekomunikasi dan navigasi udara. Hampir di semua sekolah penerbangan Indonesia menyelenggarakan program studi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara.

Prospek kerja dari lulusan program studi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara juga sangat menjanjikan. Semua lulusan akan diserap oleh AirNav Indonesia, dan juga AP I & II.

Bahkan, lulusan ini juga bisa bekerja di perusahaan swasta yang berhubungan dengan telekomunikasi. Seperti provider seluler, pengembang aplikasi, pertambangan, dan sebagainya.


- Program Studi Teknik Listrik Bandar Udara

Segala urusan kelistrikan di Bandara akan ditangani oleh para lulusan dari program studi Teknik Listrik Bandar Udara. Jurusan ini menyerap semua lulusan SLTA dari SMA/MA (IPA dan IPS), dan juga SMK.

Seleksi masuknya juga hampir sama dengan jurusan lainnya yang ada di lembaga pendidikan penerbangan. Hampir semua sekolah penerbangan juga menyelenggarakan program studi Teknik Listrik Bandar Udara. Prospek kerja dari lulusan ini biasanya akan disalurkan ke AP I & II.

- Program Studi Teknik Mekanikal Bandar Udara

Lulusan dari program studi ini akan menangani semua hal terkait mekanikal yang ada di Bandar Udara. Program studi ini bisa dimasuki oleh semua lulusan SLTA dari SMA/MA (IPA dan IPS), dan juga SMK. Seleksinya juga hampir sama dengan jurusan lainnya yang ada di lembaga pendidikan penerbangan.

- Program Studi Teknik Bangunan dan Landasan

Program studi ini mencetak lulusan terbaik di bidang teknik bangunan dan landasan untuk Bandar Udara. Seleksi masuknya hampir sama dengan jurusan lainnya yang ada di lembaga pendidikan penerbangan.


5. Jurusan Keselamatan Penerbangan

Lulusan dari jurusan Keselamatan Penerbangan akan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang handal di bidang keselamatan transportasi udara. Jurusan ini terbagi dalam 4 program studi, antara lain:
- Program Studi Pemandu Lalu Lintas Udara
- Program Studi Penerangan Aeronautika
- Program Studi Komunikasi Penerbangan
- Program Studi Pertolongan Kecelakaan Penerbangan


Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai macam-macam jurusan dan program studi yang tersedia di lembaga pendidikan penerbangan. Lulusan dari sekolah penerbangan memiliki prospek yang sangat bagus.


Jadilah Tenaga Handal di Industri Penerbangan Indonesia

Guna menghasilkan sumber daya manusia yang handal berstandar nasional dan internasional, lembaga pendidikan penerbangan mengacu pada kurikulum baku nasional yang dikeluarkan oleh Departemen Pendidikan Nasional.

Selain itu sekolah-sekolah penerbangan juga mengacu pada baku internasional yang dikeluarkan oleh International Civil Aviation Organization (ICAO).

Kedua Departemen, baik Kementerian Pendidikan, dan Kementerian Perhubungan saling bekerja sama, serta bersinergi dalam bidang akademik dan teknis fungsional.

Dalam menerapkan fungsi pendidikannya, sekolah penerbangan membekali para mahasiswa dengan pendidikan akademis, fisik, mental, dan kedisiplinan.

Jadi, lulusan sekolah penerbangan bukan hanya pilot ya sob, tapi juga profesi-profesi lainnya yang berkaitan dengan bidang penerbangan dan transportasi udara, mulai dari pemandu lalu lintas udara, teknisi pesawat terbang, hingga mekanik bandara.

Sumber: 
muhammadidikwijaya.blogspot.com
binasyifa.com



0 Response to "Macam-macam Jurusan di Sekolah Penerbangan Beserta Prospek Lulusannya"