5 Manfaat Mandi di Waktu Subuh

iklan
Tahukah Anda kalau mandi di waktu subuh memiliki banyak manfaat? Pada dasarnya, mandi merupakan kegiatan yang sangat dibutuhkan tubuh setiap hari. Mandi akan membuat badan dan pikiran menjadi segar. Pikiran akan jernih, tubuhpun menjadi lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

5 Manfaat Mandi di Waktu Subuh

Kebiasaan mandi setiap orang mungkin bisa berbeda-beda. Bagi Anda yang sering mandi di waktu subuh, ada kabar baik untuk Anda karena mandi di waktu ini memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaatnya? Simak ulasan kami berikut ini!

Baca juga: 9 Cara Terbaik Agar Lebih Mudah Bangun Pagi Setiap Hari

1. Membuat Tubuh Segar dan Mencerahkan Kulit

Mandi di waktu subuh memiliki manfaat yang sangat besar, manfaat pertama adalah membuat tubuh lebih segar dan mencerahkan kulit. Beberapa ahli berpendapat bahwa air yang membasuh tubuh ketika mandi di waktu subuh dapat menyegarkan kulit serta membuatnya lebih halus dan lembut.

Bukan itu saja, air yang membasuh bagian rambut saat subuh dapat membuat rambut lebih kuat dan kulit kepala lebih sehat.

2. Sirkulasi Darah Menjadi Lebih Lancar

Tubuh yang tidak aktif ketika tidur akan membuat sirkulasi darah agak terhambat. Segera mandi ketika bangun di waktu subuh akan melancarkan sirkulasi darah pada tubuh. Itulah sebabnya kantuk Anda akan segera hilang dengan langsung mandi saat bangun tidur.

Peredaran darah yang lancar akan menjaga tubuh tetap sehat, tubuh pun akan lebih rileks. Itulah salah satu manfaat mandi di waktu subuh.

3. Sistem Kekebalan Tubuh Menjadi Lebih Kuat

Dinginnya air memang seringkali membuat kita malas untuk mandi saat subuh. Beberapa orang akan memilih untuk mandi dengan air hangat. Itu karena mereka tidak tahu kalau mandi di waktu subuh dengan air dingin memiliki manfaat luar biasa yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sejumlah penelitian juga mengungkapkan bahwa mandi dengan air dingin di waktu subuh dapat membuat perkembangan sel darah putih meningkat sehingga tubuh Anda akan lebih tahan terhadap kuman penyakit. Risiko Anda terserang penyakit akan lebih kecil karena berkurangnya virus dan kuman yang dapat masuk ke tubuh.

4. Meningkatkan Kesuburan

Bagi Anda yang ingin cepat mempunyai anak, mandi di waktu subuh juga diyakini oleh para ahli dapat meningkatkan kesuburan. Dibuktikan oleh sebuah penelitian bahwa mandi saat subuh dengan air dingin mampu menjaga kesehatan organ reproduksi pria dan wanita.

Produksi estrogen pada wanita akan meningkat, sedangkan pada pria akan meningkatkan perkembangan testoteron. Tentu saja hal ini berpengaruh banyak terhadap kesuburan.

Selain itu, mandi saat subuh juga dapat membangkitkan gairah seksual sehingga membuat pasangan suami istri akan berpeluang lebih besar untuk cepat mendapatkan keturunan.

5. Mengatasi Depresi Dengan Lebih Cepat

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa mandi saat subuh dengan air dingin akan mengakibatkan berbagai penyakit. Anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Faktanya, mandi di waktu subuh justru memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh

Dengan sering mandi saat subuh, tubuh kita akan menjadi lebih sehat, bahkan dapat mengatasi depresi yang dialami seseorang dengan lebih cepat. Tubuh akan menjadi lebih rileks ketika air dingin pertama kali mengaliri tubuh saat bangun di pagi hari.


Bagaimana, banyak sekali kan manfaat yang bisa didapat dari mandi di waktu subuh? Enggak percaya, silahkan coba saja sendiri! Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Sumber: https://keluarga.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "5 Manfaat Mandi di Waktu Subuh"