9 Cara Terbaik Agar Lebih Mudah Bangun Pagi Setiap Hari

iklan
Bagi sejumlah orang, bangun di pagi hari mungkin sudah menjadi hal yang biasa dan mudah untuk dilakukan. Tanpa alat bantu alarm sekalipun, orang-orang yang terbiasa bangun pagi tentu tak mengalami kesulitan meski tidur larut, tapi tetap dapat bangun di waktu pagi karena telah menjadi rutinitas harian.

9 Cara Terbaik Agar Lebih Mudah Bangun Pagi Setiap Hari
Akan tetapi, tidak sedikit pula orang yang masih sulit untuk dapat bangun tepat waktu, terutama saat pagi hari. Hal ini tentu saja bukan kebiasaan yang baik, selain dapat membuat kesehatan terganggu, bisa jadi Anda nantinya terlambat untuk pergi ke kantor ataupun ke sekolah.

Oleh karena itu, informasi yang akan kami bagikan berikut ini sangat penting untuk Anda ketahui, khususnya yang masih sering merasa kesulitan untuk bangun pagi secara rutin.

Tapi sebelum itu, kita juga perlu tahu faktor apa saja yang dapat mempengaruhi seseorang untuk sulit bangun pagi, antara lain terkait dengan tingkat stres, masalah psikologi, gangguan saat akan tidur di malam hari, dan juga tingkat emosi seseorang yang sedang tinggi.

Dengan mengetahui faktor-faktor di atas, mungkin akan lebih mudah mengetahui penyebab mengapa kita menjadi sulit untuk bangun pagi. Sehingga solusi untuk dapat bangun pagi setiap hari dapat ditemukan dan dijalani dengan lebih mudah.

Selanjutnya, kami akan sampaikan sejumlah tips atau cara yang efektif agar lebih mudah untuk Anda bangun pagi setiap hari. Berikut ulasannya, kami sajikan untuk Anda!

1. Langsung Mandi Saat Bangun Pagi

Mungkin mandi sesaat setelah bangun pagi adalah yang sulit dilakukan, tapi sebenarnya cara ini sangat efektif dan menjadi kunci dari cara agar terbiasa bangun pagi.

Baca juga: 5 Manfaat Mandi di Waktu Subuh

Kondisi air yang masih dingin akan langsung mengaktifkan sistem saraf dan tingkat kesadaran Anda. Mandi di pagi hari akan secara cepat menghilangkan rasa malas yang melekat, mendongkrak semangat dan menjadikan tubuh Anda segar bugar di pagi hari.

2. Letakkan Alarm Jauh Dari Jangkauan Anda

Sebelum tidur pastikan alarm atau HP berada jauh dari jangkauan Anda. Dengan cara ini Anda akan tidak mudah untuk mengambil alarm tersebut dan mematikannya kembali. Sehingga Anda harus segera bangun untuk menjangkau alarm, secara perlahan kesadaran Anda pun kembali dan dapat melanjutkan aktivitas berikutnya di pagi hari.

Tapi bukan berarti meletakkan alarm jauh di tempat yang tak terdengar juga kaliii....! Kalau gitu mah sama juga bodong...!

3. Lakukan Senam-senam Kecil Saat Bangun

Melakukan senam kecil atau langsung berolahraga akan membuat tubuh menjadi lebih cepat aktif kembali. Darah akan secara cepat terpompa ke seluruh tubuh dan mensuplai energi sehingga kita bisa bangun lebih mudah untuk melakukan aktivitas lainnya di pagi hari.

4. Ganti Nada Alarm Dengan Lagu Favorit Anda

Bunyi alarm ternyata dapat mempengaruhi mood Anda saat tidur. Bunyi alarm yang berasal dari jam weker biasanya memang membuat Anda terbangun namun dalam keadaan suasana hati yang kurang baik.

Oleh karena itu, mengganti dering alarm dengan lagu favorit (misalnya pada ponsel), diyakini dapat membuat suasana hati seseorang menjadi lebih nyaman saat bangun.

5. Kurangi Begadang dan Berbagai Aktivitas di Malam Hari

Begadang jangan begadang kalau tiada artinya (by: Rhoma Irama).... Begitulah kata bang Haji dalam lagunya. Bila Anda ingin bangun pagi setiap hari, tentu harus mencukupi waktu tidur Anda.

Dengan mengurangi aktivitas atau begadang di malah hari, akan mencukupi waktu tidur kita sehingga dapat lebih mudah untuk bangun pagi. Selain itu, terlalu banyak begadang juga dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan pada tubuh Anda.

6. Tetapkan Waktu Tidur dan Bangun Secara Konsisten

Mengatur waktu tidur di malam hari dan waktu bangun di pagi hari dengan konsisten setiap hari akan membuat Anda terbiasa untuk selalu bangun pagi. Seperti kata orang bijak, “Bisa karena terbiasa...”.

Awalnya mungkin terasa amat terpaksa, tapi bila selalu dipaksakan untuk bangun pagi, perlahan-lahan alarm dalam tubuh kita akan selalu membangunkan diri saat waktunya tiba karena sudah menjadi hal yang biasa dalam rutinitas.

7. Jangan Makan Terlalu Banyak Saat Malam Hari

Ada baiknya, kita menghindari makan terlalu banyak saat malam hari, terutama pada waktu sebelum tidur. Sistem pencernaan akan tetap bekerja meski saat kita tidur.

Terlalu banyak mengasup makanan sebelum tidur akan membuat sistem pencernaan bekerja dengan keras, sehingga membuat Anda mengalami susah tidur. Biasakan untuk makan setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur, sehingga Anda akan lebih nyenyak saat tidur dan dapat bangun dengan mudah di pagi hari.

8. Minum Air Putih Saat Sebelum dan Bangun Tidur

Minum air putih sebelum tidur dapat mendorong keinginan buang air kecil ke kamar mandi ketika bangun. Cara ini cukup efektif untuk membuat Anda mudah terbangun di pagi hari.

Sedangkan minum air putih saat bangun tidur bermanfaat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang saat metabolisme terjadi waktu Anda tidur. Sehingga Anda akan lebih bersemangat ketika bangun dan tidak lagi merasakan kantuk saat melakukan aktivitas selanjutnya.

9. Minum Kopi Di Pagi Hari

Mengasup minuman berkafein sesaat setelah bangun pagi akan membantu Anda untuk menghilangkan rasa kantuk. Cara ini juga efektif untuk membuat tubuh Anda lebih bersemangat saat menjalani aktivitas di pagi hari.

Akan tetapi bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan penguraian kafein dalam tubuhnya (seperti merasa mual atau perih saat minum kopi), sebaiknya cara ini dihindari. Atau cobalah untuk sarapan terlebih dahulu sebelum meminum kopi di pagi hari.

Baca juga: Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh
***

Nah, itulah beberapa cara efektif yang dapat memudahkan Anda untuk bangun di pagi hari. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan bangun lebih pagi, terutama manfaat kesehatan bagi tubuh.

Kualitas udara yang masih baik di pagi hari akan meningkatkan kerja otak, memperlancar peredaran darah, dan mencegah dari berbagai penyakit paru-paru akibat polusi udara. Olahraga di pagi hari juga akan membuat tubuh kita lebih sehat dan bugar sehingga tetap semangat menjalani aktivitas hingga sore hari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "9 Cara Terbaik Agar Lebih Mudah Bangun Pagi Setiap Hari"