Apa Jenis Minuman Kopi Favoritmu?

iklan
Saya adalah penikmat kopi, dan minum secangkir kopi di pagi hari dapat membuat saya lebih semangat dan mudah berkonsentrasi saat bekerja.

Beberapa orang mungkin menyukai kopi yang disajikan dengan es, tapi saya lebih menikmati kopi yang disajikan dengan air mendidih.

Secangkir kopi rasanya tidak pernah saya lewatkan setiap harinya, bahkan saya bisa menghabiskan tiga cangkir kopi seharian.

Kopi memang sudah dikenal memiliki banyak manfaat, selain untuk menghilangkan kantuk, beberapa manfaat kopi lainnya seperti mencegah depresi, menajamkan memori, hingga meningkatkan metabolisme tubuh. Bahkan, sejumlah ahli kesehatan juga menyarankan untuk minum kopi setidaknya satu cangkir setiap hari.

Bagi saya, kopi yang enak adalah kopi yang langsung diseduh dengan air mendidih atau direbus langsung di atas kompor.

Tapi mungkin saya ini hanya penikmat kopi pemula, soalnya kopi yang saya nikmati setiap hari jenisnya itu-itu saja, yaitu kopi hitam yang ditambahkan sedikit gula.

Baca juga: Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh

Kopi hitam adalah jenis kopi favorit saya, kadangkala kopi yang dicampur susu, atau white coffie yang saya beli di warung dalam bentuk sachet.

Ah, jadi malu. Ternyata saya ini hanyalah penikmat kopi yang enggak gaul. Maklum, di daerah saya tinggal jarang sekali ada kedai kopi yang menjual aneka macam jenis kopi.

Jadi, kalau kepingin ngopi, ya pilihan favorit saya hanyalah kopi hitam yang kental dengan sedikit tambahan gula.

Bagaimana dengan kamu? Apa jenis atau racikan kopi favoritmu?

Jenis-jenis Racikan Kopi Favorit Dari Seluruh Dunia

Di zaman sekarang banyak sekali ragam olahan kopi yang dapat kita nikmati sesuai selera. Mungkin kamu sama seperti saya, masih bingung dengan jenis-jenis minuman kopi yang ada.

Nah, bagaimana kalau kita cari tahu bersama apa saja ragam minuman kopi yang bisa kita nikmati dengan citarasa yang berbeda.

1. Espresso

Jenis-jenis Racikan Kopi Favorit Dari Seluruh Dunia

Espresso awalnya lebih populer di Eropa ketimbang di Amerika, tapi sekarang jenis racikan kopi espresso telah dikenal dan menjadi salah satu jenis kopi favorit banyak orang di seluruh dunia.

Minuman ini adalah kopi hitam pekat dengan aroma yang sangat kuat. Espresso diracik dari ekstraksi biji kopi yang telah digiling.

Biasanya, dibuat dengan menggunakan mesin brewing khusus yang dimasukkan biji kopi lalu dialirkan dengan air bertekanan tinggi sehingga ekstrak kopi akan ikut keluar bersama air. Ekstrak kopi keluar melalui lubang-lubang kecil pada bagian bawah mesin tersebut.

Selanjutnya, biji kopi yang tersisa di dalam mesin dibuang dan diganti dengan yang baru untuk membuat secangkir kopi espresso yang baru.

Espresso seringkali disebut kopi “shot” karena berasal melalui proses menekan kopi giling. Penyajiannya murni hanya seduhan kopi giling dengan air mendidih tanpa tambahan pemanis, susu, ataupun krimer.

Mesin pembuat espresso pertama kali ditemukan pada tahun 1901 oleh Luigi Bezzera dari Italia. Penikmat kopi di Italia, meminum espresso dalam takaran kecil sehabis makan siang atau makan malam.

2. Americano

Jenis-jenis Racikan Kopi Favorit Dari Seluruh Dunia

Americano merupakan jenis kopi espresso dengan lebih banyak air sehingga rasa kopinya tidak begitu pekat.

Biasanya, American style coffee atau Americano disajikan dalam gelas besar. Bagi kamu yang ingin minum kopi dengan racikan yang tidak terlalu kental dan pahit, bisa mencoba jenis kopi Americano sebagai alternatif.

Awal mula terciptanya racikan kopi jenis Americano ialah ketika warga Amerika ingin menikmati espresso yang tidak terlalu kental dan pahit sehingga mereka menambahkan air panas ke dalam espresso.

Racikan ini kemudian berkembang lagi menjadi Iced Americano dimana espresso ditambahkan dengan air dingin.

3. Cappucino

Jenis-jenis Racikan Kopi Favorit Dari Seluruh Dunia

Cappuccino adalah racikan kopi campuran espresso, susu (steamed milk), dan busa (foam). Jenis kopi ini bisa dikatakan racikan yang paling populer di seluruh dunia karena memiliki ciri khas adanya busa (foam) dengan tebal sekitar 2 centimeter di bagian permukaan, dan biasanya juga diberi taburan coklat di atasnya.

Komposisi untuk menghasilkan secangkir cappuccino yang nikmat adalah kombinasi sepertiga espresso berkualitas baik, sepertiga susu panas, dan sepertiga busa susu yang ditambahkan di atasnya.

Cappuccino memiliki rasa yang enak dikarenakan tekstur dan temperatur susu yang membuatnya terasa lebih manis dengan tekstur yang halus.

Jenis kopi ini memang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dalam pembuatannya. Di Negara asalnya, Italia, cappuccino biasa diminum hanya saat pagi hari, namun di banyak Negara cappuccino dapat diminum kapan saja.

4. Latte (Caffe Latte)

Jenis-jenis Racikan Kopi Favorit Dari Seluruh Dunia

Latte sebenarnya pertama kali dipopulerkan oleh orang Amerika. Namun, latte sendiri memang berasal dari bahasa Italia yang artinya susu.

Banyak orang yang kurang dapat membedakan antara cappuccino dengan latte karena kopi ini diracik dari bahan dasar yang sama, yaitu espresso dan susu.

Hal yang membedakan caffe latte dengan cappuccino adalah komposisi susu yang lebih banyak daripada kopi, yaitu dengan perbandingan 3:1 sehingga cita rasa susu pada jenis minuman ini akan lebih terasa. Selain itu, foam pada latte juga terlihat lebih tipis dibandingkan cappuccino.

Bagi Anda yang ingin minum kopi dengan kadar yang tidak terlalu tinggi, jenis kopi latte merupakan pilihan yang tepat.

Apalagi, sekarang banyak varian rasa yang bisa kamu coba, seperti vanilla, hazelnut, caramel, peppermint, almond, dan kayu manis.

Di Indonesia, orang-orang biasa menyebut caffe latte dengan ‘kopi susu’. Sedangkan di Perancis, disebut café au lait, di Portugal dinamakan café com leite, dan orang Spanyol biasa menyebutnya café con leche.

5. Café Mocha (Mochacinno)

Jenis-jenis Racikan Kopi Favorit Dari Seluruh Dunia

Café Mocha merupakan jenis minuman campuran espresso, susu, dan cokelat. Café Mocha memiliki rasa yang unik karena ada tambahan cokelat yang membuatnya berbaur dengan aroma kopi sehingga rasanya menjadi nikmat.

Jenis cokelat yang biasa dicampurkan ada bermacam-macam, mulai dari bubuk kokoa manis, sirup cokelat, hingga susu cokelat.

Penyajiannya pun lebih bervariasi, kamu dapat menambahkan susu atau whipped cream, kemudian diberi taburan marshmallow, bubuk kayu manis, dan bubuk cokelat di atasnya.

6. Frappe

Frappe merupakan istilah untuk milk shake yang kental. Kopi frappe biasanya disajikan dengan mencampurkan kopi instan, gula, dan air yang dikocok atau di-blend hingga berbusa.

Kemudian tuangkan ke dalam gelas panjang yang sudah diberi air dingin, es batu, dan susu. Minuman ini sangat cocok diminum saat cuaca sedang panas di siang hari.

Produk Frappucino yang bisa Anda nikmati di Starbucks, awalnya diciptakan oleh Coffe Connection di Boston yang kemudian hak ciptanya dibeli oleh Starbucks. Produk Frappuccino merupakan kombinasi dari frappe dan cappuccino.

7. Flat White

Jenis minuman kopi flat white berasa dari Australia dan New Zealand dan mulai diperkenalkan pada tahun 1980.

Meski menggunakan bahan baku yang sama dengan café latte dan cappuccino, jenis kopi flat white tetap memiliki perbedaan, yaitu rasio susu lebih banyak dibandingkan café latte dan disajikan hampir tanpa busa. Dari segi rasa, flat white lebih kuat dari café latte, dan teksturnya lebih lembut dari cappuccino.

8. Macchiato

Macchiato atau espresso macchiato merupakan racikan espresso dengan tambahan sedikit susu (steamed milk) yang tidak diaduk untuk melapisi bagian atas espresso.

Bedanya dengan cappuccino ialah pada macchiato susu hanya berfungsi untuk melapisi espresso dari udara terbuka dengan takaran tipis, sedangkan cappuccino memang campuran bahan utamanya adalah espresso dan susu. Terkadang milk foam juga digunakan dalam macchiato.

9. Long Black

Long black adalah racikan kopi yang lebih populer di Australia. Long black adalah ‘espresso encer’. Penyajiannya dengan cara menuangkan espresso di atas air panas.

Jadi, air panasnya dahulu baru kemudian dimasukkan espresso. Bedanya dengan café Americano ialah pada urutannya, espresso dahulu baru dituangkan air panas.

Urutan penyajian pada long black bertujuan agar tidak merusak crema yang terdapat pada espresso. Kopi model ini banyak dihidangkan dengan menggunakan bahan bijih kopi yang berasal dari Ethiopia (Arabica), dan juga Sumatera.

10. Marocchino

Marocchino adalah espresso dengan campuran sedikit susu panas dan coklat bubuk. Agak mirip dengan mocachinno, dan terus terang saya tidak begitu paham dimana letak perbedaannya.

11. Granitta di Caffe Con Panna

Namanya agak sedikit panjang, granitta di caffe con panna ini racikannya mirip dengan macchiato. Bedanya, kopi ini disajikan dingin dengan whipped cream di atasnya.

Minuman ini sering disebut juga dengan espresso con panna. Bila kamu sedang bosan dengan pahitnya espresso, maka minuman ini dapat dijadikan pilihan.

12. Hammerhead

Hammerhead adalah minuman espresso yang disajikan dalam takaran cangkir regular, lalu ditambahkan lagi dengan beberapa tetes kopi. Peracik kopi biasa menyebutnya “tembakan dalam gelap”.

13. Irish Coffee

Irish coffee merupakan jenis minuman kopi hitam yang dicampur dengan minuman jenis liquer.

14. Ristretto

Ristretto merupakan kopi yang mirip dengan espresso, namun dengan komposisi air yang lebih sedikit. Jadi, kopi ini lebih pekat dibandingkan espresso. Nama ristretto sendiri berasal dari Bahasa Italia yang artinya “terbatas”.

Ritretto juga sering disebut dengan half espresso karena air yang dipakai lebih sedikit sehingga volume minuman kopi yang dihasilkan pun hanya setengah dari espresso.

15. Café Cubano

Café cubano adalah minuman kopi yang berasal dari Kuba. Minuman ini cocok untuk kamu yang lebih suka minum kopi manis. Mungkin kopi ini sama saja dengan kopi hitam yang biasa kita nikmati di rumah, seduhan kopi hitam plus gula.

Cara penyajiannya dengan menyiapkan sesendok gula dalam cangkir kemudian dituangkan espresso ke dalamnya dan diaduk sampai rata.

16. Cortado

Cortado berasal dari Spanyol yang artinya “memotong”. Cortado terdiri dari espresso dan susu hangat. Cortado sering disebut mirip dengan macchiato. Perbandingan rasio susu pada kopi adalah 1:1 atau 1:2 di beberapa tempat lain.

17. Red Eye

Buat kamu yang ingin minuman untuk memompa energi, red eye dapat menjadi pilihan yang pas. Mungkin namanya terdengar mengerikan, “Red Eye” (seperti orang terkena sakit mata). Jenis minuman ini merupakan espresso yang dicampur dengan kopi hitam.

Biasanya dikenal juga dengan sebutan coffee with espresso. Beberapa Negara juga ada yang menamakannya dengan sebutan black eye, a shot in the dark, dan eye opener. Aneh-aneh ya sebutannya!

18. Yuanyang

Minuman ini berasal dari China yang mengacu pada perempuan dan laki-laki. Yuanyang terdiri dari kopi dan teh yang bercampur dengan sempurna dalam tegukan.

Minuman kopi ini tergolong unik karena mencampurkan teh dengan rasio yang sama besarnya dengan kopi.

19. Guillermo

Minuman ini juga memiliki racikan yang unik. Cara membuatnya ialah dengan menuangkan espresso ke atas potongan jeruk nipis. Terkadang juga disajikan dengan es dan ditambahkan susu untuk menyeimbangkan rasanya.

20. Libbylou

Libbylou merupakan minuman espresso yang dicampur mocha dan white mocha di bagian atasnya. Minuman ini berbeda dari sajian minuman kopi pada umumnya, cocok bagi kamu yang ingin menikmati kopi yang dicampur mocha.

21. Café Con Hielo

Café con hielo merupakan secangkir espresso yang diberi ‘es batu’. Minuman yang strong dan segar ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati secangkir espresso saat cuaca sedang panas.

22. Affogato


Banyak orang yang menyukai es krim. Buat kamu yang menyukai es krim dan kopi bisa menikmati minuman ini. Affogato merupakan campuran espresso yang kuat dan pahit dengan es krim vanilla yang manis dan segar. Perpaduan yang sempurna antara rasa manis, segar, dan pahitnya espresso.

Baca juga: Apakah Kopi Berbahaya Untuk Kesehatan?


Jenis-jenis Racikan Kopi Asli Indonesia

Bila tadi kita sudah membahas tentang berbagai macam racikan kopi yang cukup populer di seluruh dunia, sekarang kita akan menilik minuman kopi apa saja berasal dari Indonesia.

Beberapa racikan kopi asli tanah air juga ada yang mendunia lho! Mau tahu apa saja racikan-racikan kopi asli Indonesia? Berikut ini saya sudah temukan jawabannya!

1. Kopi Luwak

Jenis-jenis Racikan Kopi Asli Indonesia

Kopi luwak merupakan seduhan kopi yang menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran hewan luwak atau musang.

Biji kopi ini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Aroma dan citarasa khas yang hanya dimiliki oleh kopi dari Indonesia ini. Kopi luwak juga menjadi salah satu jenis kopi yang paling mahal di dunia.

2. Kopi Tubruk

Jenis-jenis Racikan Kopi Asli Indonesia

Minuman kopi ini diseduh menggunakan biji kopi yang ditumbuk secara tradisional sehingga masih terasa butiran kasarnya.

Penyajiannya paling enak saat masih panas. Serbuk kopi dengan butiran yang masih kasar ini bisa digigit dan dihisap sehingga menambah kenikmatan rasa dari kopi tubruk.

3. Kopi Joss

Jenis-jenis Racikan Kopi Asli Indonesia

Bagi masyarakat Yogyakarta atau yang pernah tinggal di sana, kopi joss mungkin minuman yang sudah tidak asing lagi.

Cara penyajiannya ialah dengan memasuki arang yang masih membara api ke dalam segelas kopi panas. Biasanya penjual kopi jenis ini banyak terdapat di warung angkringan daerah Stasiun Tugu.

4. Kopi Khotok

Jenis-jenis Racikan Kopi Asli Indonesia

Kopi khotok merupakan kopi tumbuk tradisional yang langsung dicampur air dan gula dalam satu rantang atau gerabah lalu direbus bersamaan. Kenikmatan tiada tara bisa Anda rasakan dari secangkir kopi khotok.

5. Kopi Jahe

Jenis-jenis Racikan Kopi Asli Indonesia

Jenis minuman ini merupakan kopi yang dicampur dengan ‘wedang jahe’. Biasanya memiliki komposisi kopi dan wedang jahe 1:1.

Kopi ini selain membuat badan kita segar dan bersemangat juga dapat menghangatkan badan sehingga cocok diminum saat cuaca sedang dingin, seperti saat hujan atau di daerah pegunungan.

***

Oya, satu lagi kopi yang hanya ada di Indonesia yaitu “kopi darat”. Tapi, ini bukan termasuk jenis minuman yah dan kamu akan sulit menemukan kedai kopi yang menjual kopi jenis ini.

Baca juga: Macam-macam Penyakit Ginjal dan Gejala Umum yang Perlu Diwaspadai

“Kopi darat” merupakan istilah populer yang hanya ada di Indonesia, mengacu kepada ajang pertemuan antar sesama pengguna yang umumnya telah saling kenal lewat radio, internet, sosial media, atau grup chating.

Sumber/gambar:
https://majalah.ottencoffee.co.id/11-jenis-minuman-yang-wajib-dicoba/
http://destinasianews.com/index.php/kuliner-wisata-kuliner/162-ragam-racikan-minuman-kopi

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Apa Jenis Minuman Kopi Favoritmu?"