Begini Cara Kaum Muda Menabung Untuk Bisa Beli Mobil Baru

Bagi mayoritas kaum muda, dapat mengendarai mobil hasil jerih payah sendiri adalah salah satu level baru dalam hidup. Mengingat harga mobil yang tak murah, begitu juga dengan biaya perawatannya, diperlukan perencanaan tabungan yang matang bagi kaum muda dengan karir pekerjaan yang masih bisa dibilang belum mapan.

Baca juga: Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Agar Selalu Tampak Baru

Begini Cara Kaum Muda Menabung Untuk Bisa Beli Mobil Baru
Credit: bukanasalinfo.blogspot.co.id
Anak muda juga jangan mau kalah sama orangtua, bila dapat merencanakan keuangan dan tabungan dengan baik sangat mungkin sebagai kaum muda kita juga dapat membeli mobil tanpa bantuan dana dari orangtua.

Mau tahu caranya? Berikut kami bagikan ulasannya!

1. Mulai Menabung Sedini Mungkin

Untuk menabung tidak pernah ada kata terlambat. Kalau kamu ingin bisa beli mobil baru, mulailah untuk menyisihkan dana yang bukan termasuk kebutuhan, dan carilah sumber penghasilan tambahan untuk menambah simpanan tabungan kamu. Semakin dini menabung, semakin banyak uang yang dapat kamu kumpulkan untuk beli mobil.

Bagi kamu yang masih remaja, perhatikan pula batas usia untuk bisa memperoleh Surat Izin Mengemudi (SIM). Jangan tergesa ingin beli mobil jika memang kamu belum diizinkan untuk mengemudi. Nah, selagi menunggu batas usia kamu cukup, mulailah menabung dari sekarang!

Tentukan juga target tabungan yang ingin dikumpulkan. Perhitungkan jumlah dana yang diperlukan termasuk soal pajak, biaya bahan bakar, dan juga biaya perawatan.

Mulai sekarang, catat semua pengeluaran harianmu dalam sebuah buku, perhitungkan jumlahnya dalam satu bulan. Cek lagi apakah ada biaya yang masih bisa dipangkas untuk kamu sisihkan sebagai tabungan.

2. Perhitungkan Harga Mobil dan Tingkat Inflasi

Ketika kamu ingin mulai menabung untuk beli mobil, sesuaikan target tabunganmu dengan harga mobil yang kamu inginkan. Mobil sport atau mobil-mobil keluaran terbaru tentu akan lebih mahal dibandingkan dengan mobil bekas atau mobil sederhana.

Pertimbangkan pula jenis mobil yang ingin kamu beli dengan pendapatan bulanan yang dapat kamu sisihkan. Jenis mobil juga nantinya akan mempengaruhi dalam biaya perawatan, asuransi, pajak, dan juga bahan bakar.

Harga mobil terutama untuk mobil baru, akan mengalami kenaikan setiap tahunnya. Perlu diingat bahwa kamu mungkin baru dapat membeli mobil tersebut ketika uang tabunganmu sudah mencukupi, atau sekitar 2-3 tahun lagi.

Jadi, kenaikan harga akibat inflasi juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Masukkan pula faktor inflasi sekitar 2%- 5% ke dalam jumlah tabungan yang harus kamu kumpulkan.

3. Cari Pekerjaan Sampingan

Ada banyak peluang kerja ataupun usaha bagi anak muda yang notabenenya masih belum terlalu disibukkan dengan pekerjaan rumah tangga. Umumnya, pekerjaan atau usaha sampingan memang tidak berupah besar, namun akan memberikan tambahan pemasukan untuk tabungan yang cukup lumayan.

Bila perlu kamu bisa coba promosikan keahlianmu seperti komputer, reparasi, kemampuan lainnya kepada tetangga maupun teman-temanmu. Usaha jual-beli barang bekas juga bisa menjadi pilihan yang potensial. Misalnya, jual beli handphone bekas, laptop, ataupun barang lainnya yang bisa dijadikan peluang untuk menambah penghasilan.

Baca juga: Hindari 10 Kebiasaan Negatif Berikut Ini Bila Ingin Karir Anda Cemerlang

Bahkan kamu bisa juga menjadi broker dalam suatu jual beli. Promosikan barang-barang yang ingin dijual oleh temanmu, biasanya kamu akan mendapatkan sedikit uang jasa dari penjualan tersebut. Memang sih sedikit, tapi perantara jual beli itu cukup lumayan, mengingat tidak memerlukan modal uang yang besar.

Nah, setiap tambahan penghasilan yang masuk sisihkan dan kumpulkan untuk kamu masukkan ke dalam rekening tabungan. Usahakan agar uang tersebut jangan dibelanjakan agar targetmu untuk bisa beli mobil baru bisa cepat terwujud.

4. Ubahlah Cara Belanjamu yang Salah

Jangan terlalu mengikuti arus dan gaya hidup teman-temanmu yang senang foya-foya. Meskipun anak muda, tapi banyak cara kok untuk bersenang-senang tanpa harus boros pengeluaran.

Menuruti kepuasan sesaat hanya akan membuat impianmu untuk beli mobil baru semakin susah terwujud. Setiap akan membeli sesuatu pertimbangkan apakah sepadan dengan kebutuhan dan pengurangan jumlah uang di rekeningmu.

Ketika berbelanja, carilah alternatif barang yang tidak terlalu mahal namun tetap sesuai kebutuhan. Bandingkan harga dari beberapa toko, meski selisihnya tidak terlalu banyak untuk harga per-item, tapi bila dikalkulasikan selama satu bulan, tentu akan ada jumlah yang cukup lumayan untuk mengurangi pemasukan tabunganmu.

Kamu juga harus jeli dalam memantau program diskon. Bila perlu kamu bisa membeli barang bekas yang masih layak pakai dengan harga murah namun dengan nilai kebutuhan yang sepadan.

5. Kurangi Aktivitas Nongkrong di Mall

Jalan-jalan ke mall atau ke tempat-tempat nongkrong mungkin memang aktivitas yang lazim di kalangan anak muda. Tetapi ada baiknya aktivitas tersebut agak dikurangi. Jangan terlalu sering, dan jangan selalu menuruti ajakan teman-teman. Sesekali menolak ajakan mereka kan tidak apa-apa.

Katakan juga terus-terang kepada mereka kalau kamu sedang dalam ‘program menabung’. Teman yang baik pasti akan menyadari dan bahkan turut mendukung niat baik temannya.

6. Beritahukan Pada Keluarga

Beritahukan pada keluarga yang lain kalau kamu sedang menabung untuk membeli mobil. Biasanya orangtua atau keluarga akan mendukung niat dan kesungguhanmu tersebut.

Momen ini juga sangat berharga sebagai pembelajaran bagi dirimu tentang cara mengatur keuangan dan menanamkan sikap kesungguhan untuk mendapatkan sesuatu dengan hasil dari jerih payah yang kamu lakukan sendiri.

***

Nah, itulah sejumlah tips yang dapat kamu coba bila ingin menabung untuk beli mobil baru. Hal terpenting dalam perencanaan keuangan adalah bagaimana mengubah gaya hidup boros menjadi lebih hemat sehingga kamu dapat merencanakan masa depan dengan lebih baik.

Begini Cara Kaum Muda Menabung Untuk Bisa Beli Mobil Baru