Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Agar Selalu Tampak Baru

Rasanya ada suatu kebanggaan tersendiri bagi pemilik mobil ketika dapat menggunakan kendaraan roda empat milik pribadi untuk melakukan perjalanan. Tentu saja sebagai pemilik mobil kita tidak ingin bila tampilan luar mobil terlihat jelek. Namun ternyata masih banyak pemilik mobil yang tidak tahu bagaimana cara perawatan cat kendaraan atau body supaya tetap terlihat bersih, mulus, dan tahan lama sehingga warna cat tak terlihat memudar.

Baca juga: Begini Cara Kaum Muda Menabung Untuk Bisa Beli Mobil Baru

Biasanya bila ingin body mobil terlihat ‘kinclong’ lagi, pemilik mobil akan mengganti cat body mobil mereka. Akan tetapi proses pengecatan membutuhkan waktu yang lama, dan juga biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, melakukan perawatan terhadap cat body mobil adalah jalan keluar terbaik agar body mobil tetap bersih dan selalu tampak seperti baru.

Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Agar Selalu Tampak Baru

Sebelum kita membahas cara terbaik melakukan perawatan terhadap cat body mobil, ada baiknya Anda ketahui beberapa faktor penyebab cat mobil jadi mudah rusak.

1. Air dan Sabun

Air yang mengering di lapisan cat mobil akan memberi dampak merusak. Hindari mencuci mobil pada tempat yang terkena matahari langsung karena air akan cepat mengering dan membentuk noda pada body mobil Anda. Ketika mencuci mobil, langsung keringkan permukaan mobil yang basah dengan lap berdaya serap tinggi.

Begitu pula dengan penggunaan sabun yang salah, dampaknya bisa membuat cat body mobil cepat rusak. Ingatlah untuk selalu menggunakan shampoo atau sabun dengan pH seimbang saat mencuci mobil.

2. Butiran Debu

Butiran debu adalah faktor utama timbulnya baret-baret halus di permukaan cat. Terutama bila Anda membersihkannya dengan cara yang salah.

3. Kotoran Burung

Dalam kotoran burung terkandung bahan kimia yang dapat bereaksi dengan cepat terhadap cat mobil. Kotoran burung yang melekat terlalu lama di permukaan cat akan meninggalkan noda yang sangat sulit dihilangkan.

4. Getah Pohon

Memarkir kendaraan di bawah pohon yang teduh adalah salah satu cara yang sering dilakukan pemilik mobil untuk menghindari sengatan matahari langsung. Namun, Anda sebaiknya hati-hati dengan getah pohon yang jatuh ke permukaan cat karena dapat bersifat merusak.

5. Cairan Elektrolit Accu

Saat mengisi cairan elektrolit accu sebaiknya jangan sampai terlalu penuh karena cat mobil akan mudah rusak bila terkena tumpahan atau uap dari cairan elektrolit tersebut.

6. Minyak Rem

Minyak rem memang memiliki fungsi vital bagi mobil, tapi juga sangat berbahaya apabila terkena langsung di permukaan cat mobil. Bila tumpah dan menempel di permukaan cat mobil, langsung siram dengan air hangat.

Tips Menjaga Warna Cat Mobil Tetap ‘Kinclong’

Sejumlah faktor penyebab rusaknya cat mobil di atas harus kita hindari sebisa mungkin bila ingin melakukan perawatan maksimal terhadap body cat mobil Anda.

Sebenarnya, cat mobil yang melapisi body merupaka kualitas yang baik dan telah teruji oleh pabrikan tempat mobil Anda diproduksi. Akan tetapi, hal tersebut juga tergantung dari bagaimana cara kita melakukan perawatan terhadap cat mobil tersebut.

Bagi pemilik mobil yang ingin melakukan perawatan cat body mobil secara maksimal, silahkan ikuti beberapa tips berikut ini!

1. Hindari Parkir Kendaraan Di Bawah Terik Matahari

Tips pertama bagi pemilik kendaraan adalah hindari memarkirkan kendaraan di bawah sinar matahari langsung. Sebaiknya carilah tempat parkir yang teduh dan terhindar dari sinar UV matahari yang berlebihan. Atau pakailah sarung penutup mobil agar cat body mobil Anda tetap terlindungi dari sinar matahari langsung yang dapat membuat cat cepat memudar.

2. Gunakan Sabun Khusus Mobil Saat Mencuci

Sabun atau shampoo khusus untuk mencuci mobil sudah dirancang dengan kadar pH yang sesuai dengan daya tahan cat mobil. Hindari menggunakan deterjen atau sabun colek saat mencuci mobil, sebab akan membuat cat mobil semakin tipis dan kasap.

3. Bersihkan Mobil Dengan Kain yang Halus

Saat membersihkan bagian luar atau cat body mobil, selalu gunakan kain yang halus dan memiliki daya serap tinggi seperti chamois atau kanibo. Pastikan pula kain dalam keadaan bersih dan tidak ada pasir-pasir kecil yang menempel karena akan menimbulkan baret di body mobil.

4. Cuci Mobil Secara Teratur

Pencucian mobil yang dilakukan secara rutin dan teratur bertujuan agar kotoran tidak menempel terlalu lama sehingga dapat mengurangi kilau cat pada body mobil Anda. Namun mencuci mobil juga tidak harus setiap hari, lakukan lebih sering saat musim hujan, dan setidaknya satu minggu sekali di musim kemarau.

5. Gunakan Sarung Penutup Mobil Pada Malam Hari

Butiran embun akan menempel pada body mobil saat Anda memarkirkan kendaraan pada malam hari. terutama bila Anda parkir di tempat terbuka dan bukan di dalam garasi. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, maka dapat mengakibatkan cat mobil mengalami retak-retak halus dan akan semakin korosif bila berlangsung dalam waktu lama.

Baca juga: Cara Perawatan Berkala Kendaraan Agar Tidak Mogok Di Jalan

Bila terpaksa parkir di tempat terbuka saat malam hari, sebaiknya gunakan sarung penutup mobil untuk menjaganya dari embun atau benda-benda yang bersifat merusak cat mobil.

***

Cara perawatan cat mobil akan terasa mudah bila kita sudah terbiasa. Dengan melakukan tips-tips di atas maka dapat membuat cat mobil Anda tahan lama dan tidak mudah rusak atau memudar. Selamat mencoba!

Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Agar Selalu Tampak Baru