Cara Perawatan Tepat Mobil Daihatsu Ayla

Perawatan Daihatsu Ayla -- Sejak awal kemunculannya, mobil murah Daihatsu Ayla mendapat respon yang sangat positif dari banyak konsumen. Dibuktikan dengan penjualannya yang tiap tahun mengalami kenaikan hingga mencapai ribuan unit.

Akan tetapi meskipun harganya tergolong murah, namun perawatan untuk mobil low cost green car (LCGC) ini justru lebih banyak jika dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran Daihatsu lainnya.

Cara Perawatan Tepat Mobil Daihatsu Ayla

Seperti yang tertera pada buku panduan service berkala Daihatsu Ayla, untuk pemakaian setelah 1.000 kilometer, terdapat 12 item yang harus diperiksa oleh mekanik. Hal ini sangat berbeda dengan mobil Daihatsu lainnya, seperti Sirion maupun Xenia yang hanya memerlukan pemeriksaan sebanyak 9 item saja setelah pemakaian 1.000 kilometer.

Baca juga: Cara Merawat Mobil yang Tepat Bagi Pemula

Termasuk dalam 12 item pemeriksaan yang perlu dilakukan terhadap Daihatsu Ayla, salah satu yang paling penting untuk diperhatikan ialah kualitas oli. Daihatsu Ayla membutuhkan oli dengan tingkat kekentalan sekitar 5W/30. Berbeda dengan varian Daihatsu lainnya yang hanya membutuhkan tingkat kekentalan oli sekitar 10W/40.

Oli yang digunakan oleh Ayla lebih encer dibandingkan dengan oli untuk varian mobil Daihatsu lainnya. Mobil-mobil keluaran terbaru biasanya memiliki toleransi yang semakin kecil sehingga tingkat kekentalan olinya pun semakin rendah agar performanya semakin baik.

Di samping masalah pelumas, hal lain yang penting untuk diperhatikan ialah bagaimana menjaga perputara mesin. Sebaiknya pengemudi menjaga putaran mesin agar jangan berlebih, yaitu pada 3000 rpm. Bila ingin kualitas mesin tetap terjaga dan hemat penggunaan bahan bakar, maka perputaran mesin haruslah dijaga.

Meskipun saat ini mobil masih baru tidak lagi mengenal istilah inreyen, namun sebaiknya para pengguna Daihatsu Ayla tetap mencermati poin-poin penting dalam perawatannya. Inreyen merupakan masa meletakkan atau duduk di tempatnya, istilah ini sering dipakai pada zaman dulu sebagai toleransi terhadap bahan komponen yang masih tinggi serta kualitas bahan yang tidak sebagus seperti sekarang.

Di masa sekarang sudah tidak lagi menggunakan istilah inreyen karena mobil sudah dapat langsung dipakai, yang penting adalah bagaimana memperhatikan cara perawatan tepat terhadap mobil Daihatsu Ayla yang kita kendarai.

Berikut ini adalah poin penting dalam cara perawatan yang tepat terhadap mobil Daihatsu Ayla:

1. Ganti Oli Mobil Secara Rutin dan Berkala


Penggantian oli pada mobil Ayla haruslah dilakukan sesuai panduan perawatan manual yang didapat saat membeli mobil baru Daihatsu Ayla. Biasanya, penggantian oli mobil pada saat pertama akan lebih singkat dibandingkan penggantian pada oli selanjutnya. Sebaiknya jangan sampai terlambat ganti oli bila ingin mesin mobil Ayla Anda tetap dapat bekerja dengan performa maksimal dan tahan lama.

2. Hindari Membeli Bahan Bakar Eceran


Tidak disangsikan lagi bila kita mengisi bahan bakar di penjual bensin eceran tentu kualitasnya agak meragukan. Penggunaan bahan bakar sangat berpengaruh dalam perawatan mobil Ayla. Sehingga sangat disarankan untuk mengisi bahan bakar mobil Ayla pada SPBU resmi bukan di penjual bensin eceran.

3. Perawatan Cat Mobil Ayla


Apabila terdapat noda atau kotoran yang menempel di cat body mobil Ayla, ada baiknya untuk mencuci dengan sabun atau shampoo khusus mobil. Jangan lupa untuk menyediakan dua buah lap khusus mobil yang halus. Satu lap khusus untuk membasuh dengan sabun, dan satu lap lagi khusus untuk mengeringkan.

Agar warna cat body lebih awet dan tidak cepat pudar, parkirkan mobil Ayla di dalam garasi atau tutupi dengan kain penutup saat malam hari, terik matahari di siang hari ataupun suhu dingin pada malam hari akan membuat cat mobil cepat pudar.

4. Isi Radiator Dengan Air Bersih


Penggunaan air untuk mengisi radiator juga penting untuk diperhatikan. Isilah air radiator dengan air bersih. Disarankan untuk menggunakan air dalam kemasan yang dijual di toko, dan jangan sembarangan menggunakan air untuk mengisi radiator.

Apabila air kotor digunakan untuk mengisi radiator, maka akan timbul endapan dari air kotor tersebut dan menyumbat saluran pendingin di mobil Ayla Anda. Hal ini tentu akan mengurangi performa mesin dan membuat mesin mobil cepat rusak.

Baca juga: Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Agar Selalu Tampak Baru

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai cara perawatan yang tepat terhadap mobil Ayla. Dengan perawatan yang tepat maka berkendara akan lebih nyaman dan aman, serta kualitas mobil akan tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama. -- Perawatan mobil ayla manual -- perawatan daihatsu ayla

Cara Perawatan Tepat Mobil Daihatsu Ayla
  1. Kok saya blm lihat 12 item yg hrs kita prhatikan apa aja ya mas...?
    tk

    BalasHapus