Hindari 10 Kebiasaan Negatif Berikut Ini Bila Ingin Karir Anda Cemerlang

iklan
Seseorang dengan pribadi yang positif dan mampu mengendalikan berbagai potensi yang dimilikinya, tentu akan mampu dengan lebih baik dalam mengatasi banyak permasalahan yang terjadi dalam hidupnya.

Setiap orang harus memiliki kendali terhadap dirinya sendiri, sehingga seluruh aspek kepribadiannya mampu difungsikan sesuai dengan tempat dan porsinya.

Dengan demikian orang tersebut akan dapat mencapai banyak hal termasuk apa yang menjadi tujuan hidupnya. Kesampingkan semua sisi negatif dalam diri untuk dapat menjadi orang yang positif.

Akan tetapi, kenyataanya memang sulit untuk melakukannya, apalagi bila berbagai sisi negatif yang ada dalam diri tersebut tidak dapat dikenali dan dimengerti dengan baik.

Baca juga: Begini Cara Kaum Muda Menabung Untuk Bisa Beli Mobil Baru

Tanpa disadari, berbagai tindakan serta keputusan yang Anda buat selama ini menjadikan Anda orang yang negatif. Sisi negatif tersebut tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga bisa merugikan orang lain di sekitar kita.

Hindari 10 Kebiasaan Negatif Berikut Ini Bila Ingin Karir Anda Cemerlang

Oleh karena itu, menemukenali sisi negatif yang mungkin terdapat dalam diri kita merupakan hal penting yang harus dilakukan agar kita dapat menghilangkan berbagai sisi negatif tersebut dan menjadi orang yang lebih positif. Dengan demikian kita akan dapat memanajemen karir diri dengan lebih mudah.

Apa saja ciri-ciri negatif yang harus dihilangkan bila ingin sukses dalam karir? Simak ulasannya berikut ini!

1. Lebih Sering Mengeluh Dan Jarang Bersyukur

Coba hitung berapa banyak Anda telah bersyukur dan berapa kali Anda mengeluh dalam sehari? Anda adalah orang yang negatif bila terlalu banyak mengeluh ketimbang bersyukur. Mengeluh hanya akan membuktikan bahwa Anda tak pernah puas dengan segala hal yang ada dalam hidup Anda.

Daripada mengeluh bukankah lebih baik kita manfaatkan waktu dan energi untuk memperbaiki segala sesuatunya karena mengeluh tidak akan mengubah apapun jika kita tidak berusaha untuk memperbaiknya.

2. Hobi Mengkritik Orang Lain

Orang yang hobi mengkritik orang lain bisa dikatakan dia adalah orang yang negatif dan sulit berkembang. Kritik tersebut bahkan dilontarkannya untuk hal-hal yang tidak penting sekalipun. Kritik tidak beralasan, bahkan tidak memberi manfaat buat orang lain.

Sebelum mengkritik orang, ada baiknya kita pahami dulu bagaimana cara menyampaikan kritik yang membangun dan dapat bermanfaat bagi orang kita kritik tersebut. Bahkan, berhenti memberikan kritik yang tidak perlu bagi orang lain adalah keputusan bijak untuk membuat diri Anda lebih positif.

3. Merasa Takut Keluar Dari Zona Nyaman

Zona nyaman memang memberikan rasa tenang dan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah. Sebenarnya kondisi seperti ini adalah perangkap bagi orang negatif.

Ada kalanya Anda perlu mengambil sebuah keputusan besar untuk meninggalkan zona nyaman, berani menghadapi tantangan untuk berada di tempat baru dan belajar hal-hal baru akan membuat diri Anda menjadi lebih berkembang.

4. Khawatir Berlebihan Pada Banyak Hal

Sikap antisipasi terhadap berbagai kemungkinan buruk yang dapat terjadi sebenarnya adalah hal yang baik. Tetapi sebaiknya tetap dalam porsi yang wajar dan jangan terlalu berlebihan.

Banyak waktu yang akan Anda habiskan bila selalu khawatir terhadap banyak hal. Kebiasaan ini justru akan mendatangkan berbagai masalah dan menambah ruwet pikiran Anda setiap hari.

5. Takut Menghadapi Risiko

Banyak hal yang tidak dapat dipastikan bisa saja terjadi dalam hidup, itulah yang disebut dengan risiko. Setiap keputusan yang kita buat selalu mengandung risiko, baik risiko kecil maupun besar. Anda harus berani dalam mengambil keputusan dan menghadapi berbagai risiko yang mungkin terjadi agar tidak kehilangan peluang yang terbaik.

6. Tidak Bisa Beranjak Dari Masa Lalu

Sulit beranjak dari masa lalu adalah kesalahan yang cukup fatal dalam hidup. Terimalah kenyataan bahwa waktu terus bergerak maju. Biarkan masa lalu menjadi sejarah, jalani hari ini, dan rencanakan masa depan untuk kehidupan yang lebih baik.

7. Berpikir Negatif Terhadap Segala Sesuatu

Anda tidak akan bahagia bila selalu melihat orang lain dari sisi negatifnya saja. Waspada memang perlu, tapi bukan berarti Anda harus selalu berprasangka buruk terhadap segala sesuatu.

8. Tidak Menjalani Hidup Dengan Nikmat

Orang negatif akan sulit untuk menikmati hidup. Segala macam kendala seakan terus membayang dalam pikiran. Nikmati hidup yang sedang Anda jalani, bersyukur merupakan kunci dari menikmati hidup.

9. Selalu Pesimis dan Gampang Menyerah

Tidak ada kesuksesan yang bisa Anda raih dengan mudah. Diperlukan perjuangan dan pengorbanan dengan sekuat tenaga untuk dapat meraih kesuksesan. Tentu saja bagi Anda yang selalu pesimis dan mudah menyerah akan sullit untuk mencapai kesuksesan yang diinginkan.

10. Sulit Percaya Kepada Orang Lain

Orang negatif akan sulit untuk percaya pada orang lain, bahkan kepada teman atau saudara sendiri. Kondisi ini akan membuat Anda semakin sulit untuk meraih kesuksesan. Karena seringkali kita memerlukan kerja sama dan dukungan dari orang lain untuk bersama-sama meraih kesuksesan tersebut.

Baca juga: Begini Cara Kaum Muda Menabung Untuk Bisa Beli Mobil Baru

Itulah 10 kebiasaan negatif yang harus dihilangkan bila Anda ingin mencapai kesuksesan dalam karir. Anda akan kehilangan banyak kesempatan dan juga kebahagiaan bila masih memiliki sifat-sifat negatif tersebut. Kenali semua hal negatif yang ada dalam diri, meski tidak mudah tapi sifat negatif tersebut harus bisa dihilangkan walau dengan cara perlahan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Hindari 10 Kebiasaan Negatif Berikut Ini Bila Ingin Karir Anda Cemerlang"