Macam Gambar Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Gambar Rambu Lalu Lintas | Hampir di setiap jalan tentu dipasangi rambu-rambu lalu lintas. Fungsi dari rambu lalu lintas tersebut adalah untuk memberikan informasi berupa perintah, larangan, maupun informasi tambahan lainnya kepada pengguna jalan atau kendaraan yang melintas.

Macam Gambar Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya
www.wikiwand.com
Macam macam rambu lalu lintas | Akan tetapi, ternyata tidak sedikit pengguna jalan yang masih belum tahu arti dari rambu-rambu lalu lintas tersebut. Secara umum rambu lalu lintas terbagi menjadi 5 fungsi yang ditandai dengan warna berbeda, seperti merah, kuning, hijau, biru, dan coklat.
Masing-masing warna tersebut memiliki arti tersendiri. Nah, sebelum kita melihat gambar-gambar dari rambu lintas, ada baiknya kita ketahui dulu kategori apa saja yang terdapat pada 5 warna rambu-rambu lalu lintas.

1. Rambu Peringatan: Rambu peringatan ditandai dengan warna latar KUNING dengan tulisannya berwarna hitam. Biasanya berfungsi untuk memberikan peringatan, seperti ada bahaya atau tempat berbahaya di depan pengendara agar lebih waspada dan memperlambat laju kendaraan.

2. Rambu Larangan: Ditandai dengan warna MERAH, warna dasar putih, garis tepi merah, dan tulisan berwarna hitam. Contoh dari rambu larangan seperti DILARANG berhenti, DILARANG parkir, DILARANG melewati jalan tersebut, dan masih banyak lagi contoh lainnya.

3. Rambu Perintah: Ditandai dengan warna dasar BIRU. Pengendara wajib mengikuti perintah yang tertera di rambu tersebut, seperti putar balik, belok kanan, belok kiri, dan sebagainya.

4. Rambu Petunjuk: Ditandai dengan warna HIJAU. Rambu ini difungsikan untuk menunjukkan arah jurusan, batas wilayah, ataupun lokasi fasilitas umum.

5. Rambu Petunjuk Tambahan: Ditandai dengan warna dasar COKELAT, dan huruf warna putih. Rambu ini biasanya difungsikan untuk memberikan informasi mengenai objek wisata.

Setelah kita mengetahui kategori rambu-rambu berdasarkan warna, berikut ini kami akan bagikan informasi kepada Anda tentang macam-macam gambar rambu lalu lintas yang terdiri dari 6 jenis, antara lain:

1. Rambu Peringatan
2. Rambu Larangan
3. Rambu Perintah
4. Rambu Petunjuk
5. Rambu Papan Tambahan
6. Rambu Nomor Rute

Berikut informasi lebih lengkap mengenai gambar rambu lalu lintas beserta artinya:


1. Gambar Rambu Peringatan Beserta Artinya



Gambar Rambu Peringatan dan artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu tikungan ke kiri (1a), rambu tikungan ke kanan (1b), rambu tikungan tajam ke kiri (1c), rambu tikungan tajam ke kanan (1d), rambu tikungan ganda ke kiri lalu ke kanan (1e), rambu tikungan ganda ke kanan lalu ke kiri (1f), rambu banyak tikungan dengan tikungan pertama ke kiri (1g), rambu banyak tikungan dengan tikungan pertama ke kanan (1h), rambu pengarah tikungan ke kanan (1i), rambu pengarah tikungan ke kiri (1j), rambu turunan (2a), dan rambu turunan curam (2b).


Gambar Rambu Peringatan dan artinya

Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:

Rambu tanjakan (2c), rambu tanjakan terjal (2d), rambu penyempitan di kiri dan kanan jalan (3a), rambu penyempitan di kiri (3b), rambu penyempitan di kanan jalan (3c), rambu jembatan atau penyempitan jalan di jembatan (3d), rambu pengurangan lajur kiri (3e), rambu pengurangan lajur kanan (3f), rambu jembatan angkat (4), rambu jalan menuju tepian air atau tepian jurang (5), rambu jalan tidak datar agak bergelombang atau berbukit-bukit (6a), rambu jalan cembung atau jembatan cembung (6b), rambu jalan cekung (6c), rambu jalan licin (7), dan rambu kerikil lepas (8).


Gambar Rambu Peringatan dan artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu adanya longsoran tanah atau batu yang berjatuhan dari sebelah kiri jalan (9a), rambu longsoran tanah atau batu yang berjatuhan dari sebelah kanan jalan (9b), rambu penyeberangan orang (10), rambu banyak anak-anak (11), rambu banyak orang bersepeda dan sering menyeberang jalan (12), rambu banyak satwa jinak dan sering menyeberang jalan (13a), rambu banyak satwa liar dan sering menyeberang jalan (13b), rambu ada pekerjaan di jalan (14), rambu lampu pengatur lalu lintas (15), rambu lintasan pesawat terbang (16), rambu angin dari samping (17), rambu lalu lintas dua arah (18a), rambu awal bangunan pemisah untuk lalu lintas dua arah (18b), rambu akhir bangunan pemisah lalu lintas dua arah (18c), dan rambu awal bangunan pemisah untuk lalu lintas satu arah (18d).


Gambar Rambu Peringatan dan artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu persimpangan empat atau perempatan (19a), rambu persimpangan tiga serong kiri (19e), rambu persimbangan tiga serong kanan (19f), rambu persimpangan tiga serong kanan (19g), rambu persimpangan tiga type T (19h), rambu persimpangan tiga type Y (19i), rambu persimpangan ganda kiri dan kanan (19j), rambu persimpangan ganda kanan dan kiri (19k), rambu persimpangan tiga ganda kiri (19l), rambu persimpangan tiga ganda kanan (19m), rambu persimpangan empat dengan prioritas (20a), dan rambu persimpangan tiga sisi kiri dengan prioritas (20b).


Gambar Rambu Peringatan dan artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu persimpangan tiga sisi kanan dengan priorotas (20c), rambu persimpangan tiga serong kiri dengan prioritas (20d), rambu persimpangan tiga serong kanan dengan prioritas (20e), rambu persimpangan bundaran dengan prioritas (20f), rambu tinggi ruang bebas ... m (21a), rambu lebar ruang bebas ... m (21b), rambu persilangan datar dengan lintasan kereta api berpintu (22a), rambu persilangan datar dengan lintasan kereta api tanpa pintu (22b), rambu hati-hati (23), rambu tambahan menyatakan jarak 450 m (24a), rambu tambahan menyatakan jarak 300 m (24b), rambu tambahan menyatakan jarak 150 m (24c), dan rambu peringatan tentang bahaya tanah longsor di musin hujan (25).


2. Gambar Rambu Larangan Beserta Artinya


Gambar Rambu Larangan Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu dilarang berjalan terus atau wajib berhenti sesaat dan meneruskan perjalanan setelah mendapat kepastian aman dari lalu lintas arah lainnya (1a), rambu dilarang berjalan terus apabila mengakibatkan gangguan bagi lalu lintas dari arah lain yang wajib didahulukan (1b), rambu dilarang berjalan terus pada persilangan sebidang lintasan kereta api jalur tunggal dan wajib berhenti sesaat untuk mendapatkan kepastian aman (1c), rambu dilarang berjalan terus pada persilangan sebidang lintasan kereta api jalur ganda untuk dan wajib berhenti sesaat untuk mendapatkan kepastian aman (1d), rambu dilarang berjalan terus dan wajib berhenti sesaat untuk melaksanakan pemeriksaan cukai (1e), rambu dilarang berjalan terus atau berhenti sesaat sebelum bagian jalan tertentu untuk mendahulukan kendaraan yang datang dari arah depan secara bersamaan (1f), rambu larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor dan tidak bermotor dari kedua arah (2a), rambu larangan masuk bagi semua kendaraan bermotor ataupun tidak bermotor (2b), rambu larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda empat atau lebih (3a), rambu larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda tiga (3b), rambu larangan masuk bagi kendaraan bermotor roda dua (3c), dan rambu larangan masuk bagi kendaraan bermotor (3d).


Gambar Rambu Larangan Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu larangan masuk bagi bus (3e), rambu larangan masuk bagi mobil barang (3f), rambu larangan masuk bagi kendaraan bermotor dengan kereta gandeng (3g), rambu larangan masuk bagi kendaraan bermotor dengan kereta tempel (3h), rambu larangan masuk bagi kendaraan untuk keperluan khusus seperti forklift dan penggilas jalan maupun traktor (3i), rambu larangan masuk bagi delman dan sejenisnya (3j), rambu larangan masuk bagi gerobak pedati dan sejenisnya (3k), rambu larangan bagi gerobak dorong dan sejenisnya (3l), rambu larangan masuk bagi gerobak dan dokar (3m), rambu larangan masuk bagi semua kendaraan tidak bermotor (3n), rambu larangan masuk bagi sepeda (3o), rambu larangan masuk untuk becak (3p), rambu larangan masuk untuk sepeda dan becak (3q), rambu larangan masuk bagi pejalan kaki (3r), dan rambu larangan berhenti sampai jarak 15 m dari tempat pemasangan rambu menurut arah lalu lintas kecuali dinyatakan lain dengan papan tambahan (4a).


Gambar Rambu Larangan Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu larangan parkir sampai jarak 15 m dari tempat pemasangan rambu menurut arah lalu lintas kecuali dinyatakan lain dengan papan tambahan (4b), rambu larangan belok ke kiri bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor untuk masuk jalan simpangan atau berpindah jalur yang searah lalu lintas (5a), rambu larangan belok ke kanan bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor untuk masuk jalan simpangan atau berpindah jalur yang searah lalu lintas (5b), rambu larangan berbalik arah bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor (5c), rambu larangan mendahului kendaraan lain yang berjalan di depan (6), rambu larangan menggunakan isyarat suara atau klakson (7), rambu larangan masuk bagi kendaraan dengan panjang lebih dari ... m (8a), rambu larangan masuk bagi kendaraan dengan lebar lebih ... m (8b), rambu larangan masuk bagi kendaraan dengan tinggi lebih dari ... m (8c), rambu larangan masuk bagi kendaraan tidak bermotor dengan panjang lebih dari ... m (8d), rambu larangan masuk bagi kendaraan yang seluruh berat termasuk muatannya lebih dari 5 ton (8e), dan rambu larangan masuk bagi kendaraan dengan muatan sumbu lebih dari 8 ton (8f).


Gambar Rambu Larangan Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu larangan masuk bagi kendaraan dengan muatan sumbu terberat (MST) lebih dari 10 ton atau ukuran lebar melebihi 2.500 milimeter dan panjang tidak lebih dari 18.000 milimeter (8g), rambu larangan masuk bagi kendaraan dengan muatan sumbu terberat (MST) lebih dari 8 ton atau ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter dan panjang tidak melebihi 18.000 milimeter (8h), rambu larangan bagi kendaraan dengan MST lebih dari 8 ton atau ukuran lebar tidak melebihi 2.500 milimeter dan panjang tidak melebihi 12.000 milimeter (8i), rambu larangan masuk bagi kendaraan dengan MST lebih dari 8 ton atau ukuran lebar tidak melebihi 2.100 milimeter dan panjang tidak melebihi 9.000 milimeter (8j), rambu larangan kecepatan lebih dari 40 km per jam (9), rambu larangan mengikuti kendaraan di depan kurang dari jarak 15 m (10), rambu batas akhir kecepatan maksimum 40 km/jam (11a), rambu batas akhir larangan mendahului kendaraan lain (11b), rambu batas akhir semua larangan setempat terhadap kendaraan bergerak (11c), dan rambu dilarang mendahului dari sebelah kiri (12).



3. Gambar Rambu Perintah Beserta Artinya

Gambar Rambu Perintah Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu wajib mengikuti arah ke kiri (1a), rambu wajib mengikuti arah ke kanan (1b), rambu wajib mengikuti arah yang ditunjuk yaitu lurus lalu belok kanan (1c), rambu wajib mengikuti arah yang ditunjuk yaitu lurus lalu belok kiri (1d), rambu wajib berjalan lurus ke depan (1e), rambu wajib mengikuti arah yang ditentukan pada bundaran (1f), rambu wajib mengikuti salah satu arah yang ditunjuk (2a dan 2b), rambu wajib melewati jalur atau bagian jalan yang ditunjuk (3a dan 3b), rambu wajib melewati salah satu lajur yang ditunjuk (3c), dan rambu wajib untuk pejalan kaki (4a).



Gambar Rambu Perintah Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu wajib untuk lalu lintas bersepeda (4b), rambu wajib untuk lalu lintas becak (4c), rambu wajib untuk lalu lintas pengendara berkuda (4d), rambu wajib untuk lalu lintas dokar (4e), rambu wajib untuk lalu lintas pedati (4f), rambu wajib untuk lalu lintas pedati, gerobak dorong dan dokar (4g), rambu perintah kecepatan minimum yang diwajibkan (5a), rambu batas akhir kecepatan minimum yang diwajibkan (5b), rambu wajib memakai rantai pada ban (6a), dan rambu batas akhir wajib memakai rantai pada ban (6b).



4. Gambar Rambu Petunjuk Beserta Artinya

Gambar Rambu Petunjuk Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu pendahulu petunjuk jurusan pada persimpangan di depan (1a), rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menunjukkan arah daerah (1b), rambu pendahulu petunjuk jurusan menentukan arah yang harus ditempuh pada suatu daerah (1c), rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan arah untuk mencapai suatu tempat keluar dari jalan Tol (1d), rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan lajur kiri yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju (1e), rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan jalur kanan yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju (1f), rambu pendahulu petunjuk jurusan yang menyatakan adanya pilihan jalur sesuai jurusan pada persimpangan (1g), rambu petunjuk jurusan menuju ke lokasi dengan jarak ... km (2a), rambu petunjuk jurusan menuju ke jalan tol ... km (2b), rambu petunjuk jurusan ke bandar udara dengan jarak ... km (2c), rambu petunjuk jurusan untuk ke arah perkemahan dengan jarak ... m (2d).



Gambar Rambu Petunjuk Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu petunjuk jurusan untuk wisata ke arah pesanggrahan pemuda (2e), rambu petunjuk jurusan daerah wisata dengan jarak ... km (2f), rambu petunjuk jurusan ke daerah Taman Nasional dengan jarak ... km (2g), rambu petunjuk menuju ke suatu daerah dengan jarak ... km (3), rambu petunjuk awal batas suatu wilayah kota (4a), rambu keluar batas suatu wilayah kota (4b), rambu awal batas wilayah jalan Tol (4c), rambu akhir batas wilayah jalan Tol (4d), rambu petunjuk tempat penyeberangan orang (5), rambu petunjuk jalan satu arah kanan (6a), rambu perintah jalan satu arah kiri (6b), rambu jalan satu arah lurus (6c), rambu petunjuk tempat berbalik arah (6d), rambu jalan buntu (6e), rambu jalan buntu (6f).



Gambar Rambu Petunjuk Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu jalan Tol (6g), rambu batas akhir jalan Tol (6h), rambu khusus kendaraan bermotor (6i), rambu batas akhir jalan yang khusus untuk kendaraan bermotor (6j), rambu tempat pemberhentian bus (6k), rambu awal lajur bus (6l), rambu bagian lajur yang dapat digunakan lalu lintas lainnya (6m), rambu yang menjelaskan bahwa akan memasuki jalan yang mempunyai lajur khusus bus (6n), rambu lajur bus searah dengan arah lalu lintas (6o), rambu lajur bus berlawanan arah dengan arah lalu lintas (6p), rambu tempat pemberhentian kendaraan dengan lintas tetap seperti trem atau kereta api maupun aero movel (6r), rambu memasuki daerah penggunaan sabuk pengaman tetapi rambu ini sudah dihapus karena pengguna mobil wajib menggunakan sabuk pengaman di sepanjang jalan (6s).



Gambar Rambu Petunjuk Beserta Artinya
Gambar rambu lalu lintas di atas terdiri dari:
Rambu mendapat prioritas atas lalu lintas dari depan (7), rambu tempat parkir (8), rambu petunjuk rumah sakit (9a), rambu balai pertolongan pertama (9b), rambu bengkel kendaraan (9c), rambu telepon umum (9d), rambu pompa bahan bakar (9e), rambu hotel/motel (9f), rambu rumah makan (9g), Rambu kedai kopi (9h), rambu tempat wisata (9i), rambu tempat berjalan kaki (9j), rambu tempat berkemah (9k), rambu tempat kereta kemah (9l), rambu tempat berkemah dan kereta kemah (9m).

Gambar Rambu Petunjuk Beserta Artinya





5. Gambar Rambu Papan Tambahan Beserta Artinya




Gambar Rambu Papan Tambahan Beserta Artinya

Gambar Rambu Papan Tambahan Beserta Artinya



6. Gambar Rambu Nomor Rute Beserta Contohnya




Gambar Rambu Nomor Rute Beserta Contohnya



Contoh Rambu Nomor Rute



Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan pada persimpangan di depan
Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan pada persimpangan di depan

Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan yang menunjukkan arah daerah
Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan yang menunjukkan arah daerah

Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan yang menyatakan arah untuk mencapai suatu tempat keluar dari jalan tol
Rambu Petunjuk Jurusan yang menyatakan arah untuk mencapai suatu tempat keluar dari jalan tol

Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan yang menyatakan lajur yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju
Rambu Petunjuk Jurusan yang menyatakan lajur yang harus dilewati untuk jurusan yang dituju

Rambu Petunjuk Jurusan
Rambu Petunjuk Jurusan

Rambu Penegasan Jalan
Rambu Penegasan Jalan

Semoga dengan mengetahui tentang arti rambu-rambu lalu lintas di atas akan dapat membangun kesadaran kita untuk lebih tertib berlalu lintas demi keselamatan berkendara sesama pengguna jalan.

Unduh tabel Rambu Lalu Lintas Lengkap DI SINI.

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Mobil Timor SOHC Sering ‘Ngadat’

Sumber/gambar:
entripopu.blogspot.co.id

Pencarian teratas: gambar rambu putar balik, gambar rambu rambu lalu lintas lengkap, gambar dan arti rambu lalu lintas, gambar rambu rambu jalan, simbol lalu lintas beserta artinya, rambu lalu lintas dilarang putar balik, gambar dilarang putar balik, rambu lalu lintas larangan dan artinya, mengenal rambu2 lalu lintas, gambar rambu lalu lintas, macam macam rambu lalu lintas dan keterangannya, macam macam rambu lalu lintas.

Macam Gambar Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya