Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh

iklan
Secangkir kopi pahit, mungkin tidak banyak orang yang menyukai minuman ini. Seduhan kopi tanpa gula memang kurang dapat dinikmati karena jarang orang senang minum kopi pahit. Akan tetapi, tahukah Anda kalau ternyata minum kopi murni tanpa gula mempunyai manfaat yang menakjubkan bagi kesehatan tubuh?

Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh
Dengan minum kopi tanpa gula, sebagian orang meyakini bahwa minuman tersebut akan memberikan efek yang lebih maksimal untuk tubuh.

Baca juga: Apakah Kopi Berbahaya Untuk Kesehatan?

Dan ternyata menurut sejumlah penelitian memang benar bahwa minum kopi tanpa gula secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi tubuh. Bahkan, minum kopi pahit memiliki manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan kopi manis atau kopi dengan tambahan krim.

Berikut ini kami bagikan sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari minum kopi murni tanpa gula.

1. Membantu Peningkatan Metabolisme Tubuh

Minum kopi pahit atau kopi murni merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari kopi. Kopi murni diyakini dapat membantu tubuh dalam peningkatan metabolisme.

Tubuh menjadi lebih semangat dan berada dalam mood yang baik. Bahkan, cara ini juga diklaim banyak orang cukup efektif untuk membantu dalam program penurunan berat badan.

2. Menjaga Kesehatan Otot-otot Tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Brain Derived Neurotrophic Factor (BDNF) di Amerika Serikat, ditunjukkan bahwa minum kopi tanpa pemanis dapat memberikan suplay kepada otot tubuh untuk mencapai peningkatan neuromotor yang tinggi.

Perlu kita ketahui, bahwa neuromotor merupakan jaringan saraf yang membantu dalam penggerakan otot-otot tubuh. Apabila terjadi penurunan neuromotor, maka fungsi kerja otot tubuh juga akan mengalami penurunan, bahkan dapat mengakibatkan penyakit atrofi otot.

Oleh karena itu, minum kopi murni secara rutin diyakini dapat menjaga kesehatan dan kondisi otot agar tetap fit dapat bekerja secara maksimal.

3. Mencegah dan Mengatasi Depresi

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Archives of internal Medicine pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa wanita yang mengkonsumsi secangkir kopi murni dalam sehari dapat mencegah tingkat depresi hingga 15 persen. Selain itu, kopi murni tanpa gula juga dapat mengatasi depresi berlebih yang sedang dialami oleh seseorang.

4. Memaksimalkan Daya Ingat Pada Otak

Minum kopi murni setiap hari akan dapat meningkatkan daya ingat seseorang menjadi lebih tajam. Kopi pahit tanpa gula yang kita minum akan membantu meningkatkan daya ingat agar lebih maksimal.

Hal ini juga diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan oleh John Hopkins University. Penelitian ini menyebutkan bahwa konsumsi 200 miligram kafein setiap hari dapat meningkatkan daya ingat seseorang agar tetap stabil dalam 24 jam ke depan.

Oleh karena itu, minum kopi murni tanpa gula bermanfaat bagi Anda yang ingin meningkatkan kemampuan memori otak dan memiliki daya ingat yang lebih baik.

***

Demikian sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari meminum kopi murni tanpa pemanis. Selain itu, minum kopi tanpa gula juga lebih sehat karena turut mengurangi asupan gula yang kita konsumsi sehari-hari sehingga dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Akan tetapi juga perlu diingat bagi sebagian orang yang tubuhnya memiliki masalah dengan minuman berkafein mungkin kopi tidak akan memberikan efek kesehatan dengan baik, justru tubuhnya akan mengalami sejumlah gangguan kesehatan.

Minum kopi juga harus dengan takaran yang pas. Waktu terbaik saat pagi hari untuk mengkonsumsi kopi adalah sekitar 9.30 sampai 11.30.

Baca juga: Apa Jenis Minuman Kopi Favoritmu?

Minum kopi murni dengan takaran dan waktu yang tepat akan dapat memberikan efek yang lebih baik untuk kesehatan tubuh kita.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh"