Cara Merawat Mobil yang Tepat Bagi Pemula

iklan
Baru pertama kali beli mobil dan belum tahu bagaimana cara perawatan mobil yang tepat bagi pemula? Informasi berikut ini akan membantu Anda untuk memahami cara perawatan mobil yang tepat bagi pemula.

Cara Merawat Mobil yang Tepat Bagi Pemula
via doktermobil.com

Perawatan terhadap mobil merupakan hal yang penting untuk Anda ketahui. Dengan perawatan yang baik dan tepat, mobil Anda akan selalu dalam kondisi prima, tahan lama, dan tetap memiliki nilai jual kembali yang tinggi.

Selain melakukan perawatan pribadi secara rutin, mobil juga perlu dibawa ke bengkel untuk mendapatkan servis berkala.

Baca juga: Cara Perawatan Berkala Kendaraan Agar Tidak Mogok Di Jalan

Namun bila Anda belum mengetahui hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam perawatan mobil, ada baiknya simak dahulu beberapa tips penting berikut ini!

1. Perawatan Pada Aki Mobil

Perawatan Pada Aki Mobil
via ulasmobil.com

Tentu Anda tidak ingin bila tiba-tiba mobil sulit dinyalakan karena terjadi masalah pada sistem kelistrikan mobil. Apalagi ketika posisinya sedang sangat dibutuhkan.

Apa boleh buat, terpaksa Anda harus meminta bantuan orang mendorong mobil tersebut agar bisa dinyalakan. Kondisi seperti ini pastinya sangat tidak diinginkan oleh setiap pemilik mobil. Oleh sebab itu, selalu cek secara rutin aki mobil Anda.

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatan pada aki mobil, antara lain:

- Pastikan air aki selalu berada pada level yang tepat, yaitu di bawah garis tertinggi dan di atas garis terendah. Level ini sudah ditandai dengan garis yang dapat dilihat pada unit aki mobil. Bila air aki berada di bawah garis terendah, tambahkan volume air aki sampai pada level yang dianjurkan. Anda bisa membeli air aki secara bebas di bengkel terdekat.

- Ukur tegangan aki dan pastikan berada di angka 12 volt. Tegangan aki dapat Anda ukur dengan alat yang bernama voltmeter, bisa dibeli bebas di toko listrik terdekat.

- Bersihkan jamur yang sering menempel akibat reaksi kimia pada kutub-kutub aki. Jamur ini biasanya kerap muncul dalam jangka waktu tertentu dan mengakibatkan arus listrik dari aki menjadi tersendat.

2. Ganti Oli Mobil Sesuai Anjuran

Ganti Oli Mobil Sesuai Anjuran
via mobilku.org

Penggantian oli secara rutin bertujuan agar mesin mobil selalu dapat bekerja dalam kondisi prima. Penggantian oli mobil perlu dilakukan di setiap batas penggunaan tertentu dengan kilometer sebagai acuannya.

Pada dasarnya, oli mesin mobil Anda bisa bertahan hingga penggunaan 5 ribu sampai dengan 10 ribu kilometer, namun tergantung kondisi jalan dan rute yang dilalui.

Bila terlalu lama diganti, oli akan menjadi encer dan kasap sehingga menjadi tidak efektif dalam melumasi bagian-bagian pada mesin. Jumlah oli juga harus memadai agar mesin tidak kekurangan oli.

Cara mengecek kondisi oli mobil antara lain:

- Segera cek oli mobil di setiap kelipatan 5000 kilometer.

- Cek volume oli dengan mencabut stick oli, bila kurang dari level yang dianjurkan pada stick segera ganti oli mobil Anda.

- Teteskan oli pada jari dan rasakan apakah oli masih kental atau tidak, dan cek juga oli bila terdapat serpihan logam halus, maka oli sudah waktunya diganti.

3. Rawat Ban Mobil Secara Rutin

Rawat Ban Mobil Secara Rutin
via camargus.com

Perawatan ban mobil adalah hal penting yang harus diperhatikan untuk keselamatan pengendara dan penumpang.

Secara umum, ada 2 hal yang harus diperhatikan dalam perawatan ban mobil, yaitu tekanan angin ban dan setelan kaki-kaki mobil yang tepat.

Berikut ini beberapa tips perawatan ban yang perlu dilakukan oleh pemilik mobil pemula:

Perhatikan Tekanan Maksimum Ban

Tekanan angin ban yang pas sekitar 30-33 psi untuk mobil MPV, dan 28-31 psi untuk mobil sedan. Biasanya tekanan maksimum ban ini tertera di samping atau pada dinding ban mobil Anda.

Pastikan tekanan ban sesuai dengan yang direkomendasikan. Tekanan yang melibihi batas maksimum akan berisiko terjadinya pecah ban.

Hindari Membawa Beban Melebih Batas Kemampuan Kendaraan

Di setiap label ban juga biasanya tertera batas kemampuan dalam membawa beban. Pastikan beban muatan mobil (dibagi 4) tidak melebihi jumlah batas kemampuan ban.

Beban yang berlebih akan membuat pengemudi kesulitan saat handling, dan berisiko mengalami kecelakaan.

Melaju Pada Batas Kecepatan yang Dianjurkan

Pada ban juga tertera batas kecepatan yang dapat dilakukan. Jangan sampai Anda melaju lebih dari batas kecepatan yang dianjurkan. Sebab, ban bisa mengalami selip dan tentu saja dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Bersihkan Ban Secara Rutin

Kebersihan ban juga perlu dijaga. Kotoran seperti debu, air, maupun lumpur yang dibiarkan menempel pada ban dalam waktu lama dapat menyebabkan karet ban mudah getas, dan robek, sehingga ban cepat rusak dan tidak layak pakai.

Menyemir juga sangat bermanfaat dalam perawatan ban mobil, karena dapat menjaga elastisitas ban sehingga usianya menjadi lebih lama dan lebih terpelihara.

Lakukan Spooring dan Balancing

Keseimbangan mobil juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Lakukan spooring dan balancing ketika Anda merasa mobil tidak seimbang saat berjalan.

Ban yang tidak seimbang akan lebih cepat menghabiskan tapak ban serta merusak komponen kaki-kaki lainnya pada mobil.

Jangan Lupa Untuk Selalu Membawa Ban Cadangan

Ban cadangan sangat penting untuk selalu Anda bawa. Jangan sampai lupa, dan pastikan ban cadangan Anda juga dalam kondisi baik.

4. Lakukan Perawatan pada Wiper Mobil

perawatan wiper mobil
via autofresh.net

Ketika musim penghujan tiba, ada baiknya Anda juga mengganti karet wiper mobil. Usia karet wiper biasanya sekitar 6 bulan.

Bila Anda tetap memaksa untuk menggunakan karet wiper yang sudah lama tidak diganti, karet akan kehilangan elastisitasnya dan dapat mengakibatkan baret pada kaca mobil.

Cek pula kondisi semprotan (nozel), dan air pada sistem wiper mobil. Gunakan air yang bersih untuk wiper. Bila lubang semprot mampet, Anda dapat membersihkan kotoran yang menyumbat dengan batang korek api atau tusuk gigi.

5. Pastikan Anda Selalu Membawa Perkakas Mobil

Pastikan Anda Selalu Membawa Perkakas Mobil
via alumnimuhngawengk.blogspot.co.id
Selalu ingat untuk membawa perkakas mobil, seperti dongkrak, kunci-kunci standar, serta buku manual. Sesuatu hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi di tengah perjalanan, seperti mogok, ataupun ban bocor.

Pelajari juga bagaimana cara memperbaiki kerusakan-kerusakan ringan yang biasa terjadi pada mobil, sehingga Anda dapat mengerjakan sendiri perbaikan yang tidak terlalu berat pada mobil Anda.

Baca juga: Begini Cara Merawat Cat Body Mobil Agar Selalu Tampak Baru

Demikian 5 tips dan panduan cara merawat mobil yang tepat bagi pemula. Selalu periksa kondisi mobil Anda sebelum melakukan perjalanan demi keamanan dan keselamatan Anda saat berkendara.

Perhatikan juga jadwal servis berkala yang tertera pada buku manual servis bila Anda membeli mobil dengan kondisi baru. Perawatan yang tepat membuat mobil Anda akan tetap terjaga performanya hingga jangka waktu yang lama.

Semoga informasi di atas bermanfaat, dan jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan saat berkendara. Bukan hanya untuk diri kita saja, tapi juga untuk keluarga dan sesama pengendara.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

0 Response to "Cara Merawat Mobil yang Tepat Bagi Pemula"