Kamis, 05 April 2018

Tips Aman Naik Transportasi Umum Bagi Para Wanita

Yoadit.com - Aksi kejahatan dapat terjadi di mana saja, termasuk di dalam kendaraan umum. Nah, bagi Anda yang kesehariannya sering bepergian dengan kendaraan umum, tentu sudah menjadi hal yang biasa bila harus berbagi ruang dengan orang lain.

Tips Aman Naik Transportasi Umum Bagi Para Wanita
via lapor.go.id
Bahkan seringkali harus bersentuhan, berdempetan, dan berdesakan dengan penumpang lainnya. Kondisi seperti ini seringkali dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan, mulai dari pencopet, penodong, hingga para pelaku mesum yang target utamanya adalah para wanita.

Anda juga pasti pernah mendengar beberapa kasus pelecehan di kendaraan umum yang telah diungkap oleh Kepolisian. Dalam banyak kasus pelecehan seksual, mayoritas sasarannya adalah para wanita muda seperti remaja, pelajar sekolah, ataupun mahasiswi.

Wanita berusia muda kerapkali menjadi target pelecehan karena dianggap oleh para pelaku tidak mempunyai kekuatan untuk melawan.

Banyak korban wanita muda yang takut untuk melawan atau melapor kepada pihak yang berwajib, sehingga para pelaku semakin bebas dan tak pernah ‘kapok’ untuk melancarkan aksinya kembali di lain kesempatan.

Oleh karena itu, informasi kali ini kami akan berbagi kepada Anda mengenai tips-tips bagi wanita agar terhindar dari aksi kejahatan di kendaraan umum. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca juga: Tips Naik Sepeda Motor Bagi Wanita dan Ibu-ibu

1. Pilih Angkutan yang Tepat

Sebelum naik kendaraan umum, pastikan Anda memilih kendaraan yang tepat. Pilihlah angkutan yang tampak terawat, berkaca bening (terlihat dari luar), dan memiliki trayek yang resmi (bukan travel/taksi gelap).

Dengan memilih angkutan yang tepat, setidaknya meminimalisir risiko Anda menjadi korban kejahatan di kendaraan umum.

2. Hindari Hal yang Menarik Perhatian

Ketika menggunakan kendaraan umum, sebaiknya jangan berpenampilan terlalu mencolok seperti memakai perhiasan berlebihan, atau mengenakan pakaian seksi.

Hindari juga kegiatan yang dapat menarik perhatian, seperti sibuk bermain gadget, atau menunjukkan barang-barang berharga Anda di kendaraan umum.

Kita juga harus ingat pesan ‘Bang Napi’, bahwa kejahatan tidak hanya terjadi karena adanya niat si pelaku, tapi juga karena adanya KESEMPATAN.

3. Hindari Tertidur di Kendaraan Umum

Rasa lelah memang menjadi alasan tepat untuk tidur di kendaraan umum. Tapi sebisa mungkin hindari tertidur di kendaraan umum. Selain membuka kesempatan bagi pelaku kejahatan, dikhawatirkan nanti Anda juga bisa ‘kebablasan’ dari tempat yang dituju.

4. Selalu Waspada Dengan Keadaan Sekitar

Pastikan tas dan barang bawaan Anda tetap berada dalam pengawasan. Tetaplah waspada dan bila melihat orang dengan tingkah laku mencurigakan, sebaiknya Anda pindah tempat duduk atau turun dari kendaraan umum tersebut.

5. Bersikaplah Lebih Tegas

Tidak bersikap tegas, merupakan kesalahan terbesar yang sering terjadi ketika korban mengalami tindak kejahatan di kendaraan umum. Seringkali korban hanya terdiam, karena merasa takut ketika pelaku melakukan aksinya.

Bagi wanita yang mengalami pelecehan seksual di kendaraan umum, sebaiknya tunjukkan ancaman yang tegas kepada mereka, bisa dengan cara memelototi, atau mendorong pelaku.

Bila pelaku masih nekat, berteriaklah, dan beritahu penumpang lainnya sehingga pelaku menghentikan aksinya atau hingga si pelaku diamankan oleh pihak yang berwajib.

6. Pilih Duduk Di Depan

Bila Anda menggunakan kendaraan umum seperti angkot, bus, atau sejenisnya, sebaiknya memilih tempat duduk di deretan depan.

Posisi tempat duduk di depan dekat dengan supir dan pintu keluar-masuk sehingga dapat meminimalisir terjadinya aksi kejahatan pada diri Anda. Pelaku kejahatan di kendaraan umum lebih sering melakukan aksinya di tempat duduk bagian tengah atau belakang.

7. Manfaatkan Fasilitas Khusus Wanita

Sejumlah kendaraan umum di Ibu kota seperti Bus Trans Jakarta, dan commuter line sudah tersedia fasilitas khusus wanita. Adanya fasilitas ini tentu akan memberikan rasa aman bagi para wanita yang menggunakan kendaraan umum untuk aktivitas kesehariannya.

Semoga langkah ini dapat menjadi contoh bagi kota-kota besar lainnya di Indonesia, sehingga dapat memberikan rasa aman bagi kaum wanita untuk naik kendaraan umum, serta meminimalisir tindak kejahatan yang sering terjadi terhadap wanita di kendaraan umum.

8. Pelajari Ilmu Bela Diri

Tidak ada salahnya bagi kaum wanita untuk mempelajari ilmu bela diri praktis sebagai upaya memproteksi diri terhadap aksi kejahatan di jalan maupun kendaraan umum.

Pelaku kejahatan akan berpikir ulang ketika korbannya ternyata dapat melawan. Selain itu, dengan mempelajari ilmu bela diri juga dapat menambah kepercayaan diri Anda untuk melawan dan memberi pelajaran kepada para pelaku aksi kejahatan di jalanan maupun kendaraan umum.

9. Bawa Perlengkapan Keamanan

Perlengkapan keamanan berfungsi untuk membantu Anda melawan aksi kejahatan yang menimpa diri Anda. Beberapa perlengkapan keamanan yang biasa dijual bebas antara lain seperti semprotan merica, panic button, atau alat kejut listrik.

Untuk semprotan merica bisa Anda buat sendiri di rumah menggunakan campuran air cabai yang dimasukkan ke dalam botol spray.

Baca juga: Macam Gambar Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips aman naik kendaraan umum bagi para wanita. Bersikap tegas, selalu waspada, dan jangan takut untuk melawan, serta laporkan aksi kejahatan yang menimpa Anda kepada pihak berwajib.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah kewaspadaan kita terhadap para pelaku aksi kejahatan maupun pelaku asusila di kendaraan umum yang semakin meresahkan.

Jangan lupa juga untuk selalu berdoa ketika hendak bepergian, mudah-mudahan kita semua dilindungi oleh Sang Maha Kuasa selama dalam perjalanan.


EmoticonEmoticon