Apa Fungsi Engine Mounting pada Mobil?

Engine Mounting atau juga sering dikenal dengan sebutan dudukan mesin adalah komponen pada mobil berupa karet dengan lapisan besi yang terpasang di antara mesin dengan rangka kendaraan.

Engine mounting memiliki fungsi yang sangat penting pada kendaraan. Fungsi Engine Mounting pada kendaraan adalah sebagai penghubung atau pengkait antara bagian rangka kendaraan dengan mesin.

Apa Fungsi Engine Mounting pada Mobil?
sumber: www.samarins.com
Baca juga: Cara Mengganti Engine Mounting atau Dudukan Mesin Mobil Timor Sendiri Tanpa Harus Ke Bengkel

Dengan adanya engine mounting, maka getaran yang terjadi pada mesin akibat proses pembakaran dapat diredam dan tidak merembet ke rangka kendaraan.

Pada umumnya, engine mounting terbuat dari karet yang elastis tapi sangat kokoh. Meskipun terbuat dari karet, di dalam engine mounting terdapat lapisan besi sebagai penguat dari engine mounting itu sendiri.

Biasanya, terdapat 2 sampai 4 engine mounting pada mobil. Ketika sudah digunakan dalam kurun waktu tertentu (relatif lama), engine mounting dapat mengalami kerusakan.

Kerusakan pada engine mounting yang telah mencapai batas umur ekonomisnya, maka terdapat retakan pada karetnya. Seiring berjalannya waktu, karet yang terdapat pada engine mounting dapat menjadi getas atau keras sehingga mudah mengalami keretakkan.

Engine mounting dapat sobek apabila retakan tersebut tetap dibiarkan atau engine mounting tidak diganti. Sejumlah faktor dapat menjadi penyebab cepat rusaknya engine mounting, terutama jika beban yang diterima atau ditahan terlalu berat.

Beban yang besar pada engine mounting biasanya terjadi ketika mobil sedang digunakan untuk berakselerasi. Begitu pula saat mobil deselarasi (dilakukan pengereman).

Kadang kala, komponen yang satu ini luput dari pemantauan oleh para pemilik kendaraan karena posisi engine mounting yang agak tersembunyi. Padahal, sejumlah masalah dapat timbul pada kendaraan apabila komponen yang satu ini sampai mengalami kerusakan.

Salah satunya adalah getaran yang dihasilkan oleh mesin ketika proses pembakaran tidak dapat diredam dan tersalurkan ke rangka sehingga dapat mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.

Oleh karena itu, penggantian engine mounting cukup penting untuk dilakukan ketika engine mounting telah mengalami keretakan, maka engine mounting harus segera diganti dengan yang baru.

Baca juga: Cara Merawat Mobil yang Tepat Bagi Pemula

Sumber:
https://www.teknik-otomotif.com/2018/02/fungsi-engine-mounting-pada-mobil.html

Apa Fungsi Engine Mounting pada Mobil?