Kamis, 28 Juni 2018

Ingin Sekolah di Jurusan Penerbangan? Ketahui Dulu Persyaratan Masuknya Berikut Ini!

Yoadit.com - Banyak orang mengidamkan profesi sebagai seorang pilot karena memiliki prospek karir dan penghasilan yang menjanjikan.

Namun, untuk menjadi seorang pilot bukanlah suatu hal yang mudah, butuh perjuangan dan upaya yang tidak mudah.

Untuk dapat diterima di sekolah penerbangan, seseorang harus memenuhi segala kriteria tertentu yang dipersyaratkan.

Ingin Sekolah di Jurusan Penerbangan? Ketahui Dulu Persyaratan Masuknya Berikut Ini!
Sumber: genesaacademy.com
Dibutuhkan waktu bertahun-tahun, pengalaman, dan jam terbang yang cukup untuk seorang pilot dapat menerbangkan pesawat komersial dari maskapai penerbangan terkemuka.

Baca juga: Macam-macam Jurusan di Sekolah Penerbangan Beserta Prospek Lulusannya

Itulah mengapa profesi pilot menjanjikan penghasilan yang cukup besar, karena proses yang harus dilalui memang tidaklah mudah dan bukan dalam waktu yang sebentar.

Tidak hanya memperoleh penghasilan yang cukup besar, dapat bekerja di maskapai terkemuka juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi banyak pilot.

Persyaratan Masuk Sekolah Penerbangan


Kenapa masuk sekolah penerbangan tidak mudah, bahkan cenderung cukup sulit?

Profesi seorang pilot mengemban tanggung jawab yang sangat besar karena Ia membawa penumpang dan barang-barang dalam pesawat terbang yang Ia operasikan.

Kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal bagi keselamatan para penumpang maupun kru yang ada di pesawat. Dibutuhkan keterampilan dan konsentrasi tinggi untuk menerbangkan sebuah pesawat terbang, mulai dari lepas landas hingga mendarat di tempat tujuan.

Seorang pilot dapat memiliki durasi kerja cukup lama tergantung pada lokasi yang dituju. Namun, para pilot biasanya sudah disediakan akomodasi oleh para maskapai penerbangan yang menjadi tempat kerja mereka.

6 Hal Penting yang Seorang Pilot Harus Ketahui


Ingin Sekolah di Jurusan Penerbangan? Ketahui Dulu Persyaratan Masuknya Berikut Ini!
sumber: Merdeka.com
Profesi sebagai pilot bukanlah hal yang mudah, karena pilot harus tahu apa yang mesti dilakukan ketika dihadapkan pada situasi berbahaya.

Wawasan yang luas dari berbagai bidang studi harus dimiliki seorang pilot. Berikut ini sejumlah hal penting yang harus menjadi pengetahuan dasar bagi profesi pilot:

1. Teori tentang Fisika Dasar dan Operasi Penerbangan


Selama penerbangan, berbagai teori dasar fisika akan mendukung aktivitas kerja seorang pilot. Bila ingin menjadi seorang pilot, Anda harus memahami konsep-konsep dasar fisika seperti hukum gerak, inersia, massa, suhu, tekanan, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, pilot juga harus mengetahui tentang prinsip aerodinamika, hydroplaning, kinerja, dan sistem operasi pesawat.

2. Sistem Kerja Pesawat


Konsep-konsep fisika yang pilot ketahui nantinya akan mendukung pula dalam memahami kinerja mesin pesawat.

Beberapa hal mengenai perawatan pesawat juga harus diketahui oleh seorang pilot agar nantinya dapat mengetahui apa yang harus dilakukan ketika mengalami kendala selama menerbangkan pesawat.

Beragam hal tentang sistem kerja pesawat merupakan hal wajib yang harus dikuasai sesudah lulus sekolah penerbangan.

3. Sistem Kerja Navigasi


Profesi pilot menuntut seseorang harus mampu memahami cara menggunakan grafik dan peta. Penting sekali untuk seorang pilot memahami grafik guna mengetahui kondisi cuaca yang dihadapi selama penerbangan.

Sistem kerja navigasi juga menjadi hal penting yang harus dikuasai untuk menghindari terjadinya kecelakaan selama penerbangan. Semua hal tentang navigasi akan dipelajari oleh pilot selama menempuh pendidikan di sekolah penerbangan.

Meskipun saat ini industri penerbangan telah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, pemahaman tentang navigasi tetap menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui.

Pasalnya, risiko seorang pilot akan dihadapkan pada kondisi di mana semua peralatan pesawat terbang gagal berfungsi tetap mungkin terjadi.

4. Pengetahuan Tentang Meteorologi


Dunia penerbangan memang tidak dapat dipisahkan dengan berbagai ilmu fisika. Seorang pilot juga harus memiliki kemampuan membaca dan menafsirkan cuaca serta melakukan validasi cuaca.

Pilot juga harus mampu membuat analisis yang akurat mengenai perubahan cuaca yang dapat mempengaruhi keselamatan selama penerbangan.

5. Peraturan dan Lalu Lintas Udara


Segala peraturan penerbangan harus bisa dipatuhi oleh seorang pilot. Beragam peraturan mengenai penerbangan dan lalu lintas udara yang jumlahnya dapat mencapai ratusan tersebut harus mampu dibaca dan dipahami oleh pilot.

Sebagian besar peraturan mengenai penerbangan dan lalu lintas udara dibuat oleh Federal Aviation Administration (FAA), namun pilot juga harus mematuhi berbagai peraturan yang dibuat oleh badan pemerintah atau undang-undang suatu negara di mana mereka beroperasi.

6. Wawasan Fisiologis


Menjadi pilot juga mengharuskan Anda untuk memahami wawasan fisiologis, setidaknya dapat mengenali masalah fisik yang dapat mempengaruhi dirinya atau seluruh penumpang selama penerbangan.

Itulah sejumlah hal penting yang harus diketahui oleh Anda yang ingin menjadi seorang pilot. Mungkin terlihat sulit, tetapi juga relatif karena bila Anda bersungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah, Anda pasti dapat meraih impian Anda untuk menjadi seorang pilot.

Persyaratan Wajib Masuk Sekolah Penerbangan di Indonesia


Ingin Sekolah di Jurusan Penerbangan? Ketahui Dulu Persyaratan Masuknya Berikut Ini!
sumber: www.sekolah-pilot.com
Jika Anda telah yakin untuk menggeluti profesi di bidang penerbangan, maka langkah pertama adalah Anda harus masuk ke sekolah penerbangan.

Tetapi, masuk ke sekolah jurusan penerbangan bukanlah hal yang mudah karena mensyaratkan sejumlah kriteria khusus yang tidak terdapat di sekolah-sekolah umum lainnya.

Berikut ini kami sampaikan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi apabila Anda ingin masuk ke sekolah penerbangan.

1. Memiliki Penglihatan yang Baik


Dalam bidang penerbangan, penglihatan yang sehat merupakan hal penting yang harus dimiliki. Anda harus memiliki penghilatan yang baik, tidak rabun, dan tidak buta warna.

Keselamatan penumpang merupakan tanggung jawab besar yang harus diemban oleh seorang pilot. Penglihatan yang kurang baik dapat membahayakan keselamatan Anda, kru pesawat, dan juga penumpang.

Anda tidak akan pernah tahu rintangan apa saja yang akan terjadi selama di udara, bisa saja terjadi cuaca buruk, atau berbagai eror selama penerbangan. Oleh karena itu, dalam mengoperasikan pesawat terbang seorang pilot diwajibkan memiliki penglihatan yang baik.

2. Syarat Tinggi Badan Minimal


Di Indonesia seseorang yang ingin menjadi seorang pilot harus memenuhi syarat tinggi badan minimal, yaitu 170 cm untuk laki-laki, dan 165 cm untuk perempuan.

Tinggi badan menjadi faktor penting dalam persyaratan untuk masuk ke sekolah penerbangan. Pasalnya, seorang pilot harus mampu menjangkau segala instrumen yang ada di kokpit pesawat terbang.

3. Lulus Pendidikan Formal Tingkat SLTA


Seseorang yang ingin masuk ke sekolah penerbangan tentu saja harus telah lulus dari pendidikan formal tingkat SLTA (SMA/SMK/MA). Khusus bagi penerbang pesawat militer, maka Ia harus lulus SMA jurusan IPA.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa seorang pilot harus menguasai beberapa teori dasar fisika dan memiliki kemampuan kalkulasi yang baik dalam menghadapi berbagai situasi yang mungking muncul selama penerbangan.

Ketiga syarat utama dalam pendaftaran sekolah penerbangan tersebut harus dimiliki oleh Anda yang ingin menjadi pilot. Di Indonesia sekarang ini telah banyak tersedia sekolah-sekolah jurusan penerbangan yang bisa Anda masuki bila ingin menjadi pilot.

Semoga cita-cita profesi Anda untuk menjadi seorang pilot dapat terwujud yah guys!

Baca juga: Hindari 10 Kebiasaan Negatif Berikut Ini Bila Ingin Karir Anda Cemerlang

Sumber:
www.astaga.com


EmoticonEmoticon