√ Pesona Keindahan Pantai Widuri Sebagai Obyek Wisata Andalan Pemalang - Yoadit.com

Pesona Keindahan Pantai Widuri Sebagai Obyek Wisata Andalan Pemalang

Yoadit.comPantai Widuri Pemalang merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk Anda dan keluarga yang ingin berakhir pekan atau menghabiskan waktu liburan.

Sejumlah fasilitas wisata yang cukup lengkap telah dibangun di area wisata Pantai Widuri guna menunjang kenyamanan wisatawan yang datang ke sini.
  • Nama Obyek Wisata: Pantai Widuri Pemalang
  • Lokasi: Jalan Laksada Yos Sudarso, Ds Widuri, Kec Pemalang, Jawa Tengah
  • Harga Tiket Masuk: Rp 3.000 – Rp 5.000
  • Jam Operasional Wisata: 24 jam

Daya Tarik Wisata Pantai Widuri Pemalang


Daya Tarik Wisata Pantai Widuri Pemalang
sumber: www.jejakpiknik.com
Pantai Widuri Pemalang menjadi tempat wisata yang wajib Anda kunjungi saat singgah di kota Pemalang karena tempat ini memiliki pesona keindahan yang akan membuat Anda terkesan.

Ombaknya yang tenang cukup aman bagi wisatawan yang ingin berenang atau bermain air di sekitar pantai. Tidak hanya itu, keberadaan pohon-pohon besar yang ada di pinggir pantai juga membuat suasana di Pantai Widuri Pemalang begitu sejuk.

Terdapat beberapa gazebo yang bisa pengunjung manfaatkan untuk menikmati pemandangan pantai sambil menyantap aneka kuliner yang banyak dijajakan oleh pedagang di sekitar pantai.

Tidak heran bila Pantai Widuri Pemalang selalu ramai saat akhir pekan. Di hari biasa, suasana Pantai Widuri Pemalang juga cukup ramai dengan kegiatan muda-mudi yang tengah menghabiskan waktu santai menjelang sore.

Pantai Widuri Pemalang selalu menjadi tempat favorit anak muda untuk sekadar nongkrong atau menikmati aneka camilan ditemani suasana pantai yang menyegarkan.

Tidak jauh dari area utama, tepatnya di sebelah Timur Waterpark Widuri terdapat area sirkuit yang cukup luas. Tempat ini juga sangat ramai saat sore hingga menjelang malam.

Sementara di sebelah Barat Pantai Widuri, terdapat dermaga dan mercusuar yang cukup panjang. Spot ini juga ramai di sore hari, biasanya dimanfaatkan oleh mereka yang hobi memancing.

Pemandangan sunset di tempat ini juga sangat keren, cocok deh pokoknya untuk Anda yang ingin merelaksasikan diri dari penatnya aktivitas kerja sehari-hari.

Baca juga: Hotel Regina Pemalang: Hotel Bintang 3 dengan Fasilitas Lengkap dan Mewah di Pemalang

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Widuri Pemalang


Lokasi dan Rute Menuju Pantai Widuri Pemalang
sumber: cinta-wawasan.blogspot.com
Lokasi Pantai Widuri Pemalang terletak di Jalan Laksada Yos Sudarso, Ds Widuri, Kec Pemalang, Prov Jawa Tengah.

Pemandangannya yang begitu menawan dan suasana pantainya yang tenang dapat menjadi tempat cocok bagi Anda yang ingin merelaksasikan diri dari penatnya aktivitas kerja sehari-hari.

Akses jalan menuju ke Pantai Widuri Pemalang amat mudah karena lokasinya tidak jauh dari alun-alun kota. Jaraknya hanya sekitar 5 menit berkendara dari Alun-alun kota Pemalang.

Bila Anda datang dari arah Alun-alun, cukup berkendara ke arah utara. Lurus terus hingga melewati rel kereta api, perempatan lampu merah, hingga tiba di depan pintu gerbang area wisata Pantai Widuri Pemalang.

Pantai Widuri Pemalang memiliki lokasi yang sangat strategis, dekat dengan jalur Lingkar Utara Pantura. Tempat ini dapat dengan mudah oleh Anda yang datang dari berbagai arah, baik dari arah Barat, Timur, maupun Selatan.

Akses ke Pantai Widuri Pemalang bisa dilalui menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, dapat menggunakan Google Maps untuk memudahkan Anda mencapai lokasi.

Sedangkan jika Anda menggunakan transportasi umum, silahkan naik angkutan umum yang menuju ke Desa Widuri, selanjutnya perjalanan bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki atau menggunakan jasa ojeg motor yang ada di sekitar Desa Widuri.

Baca juga: Hotel Winner Pemalang: Pilihan Menginap Tepat untuk Keperluan Bisnis Maupun Wisata di Pemalang

Peta Pantai Widuri Pemalang

Peta Pantai Widuri Pemalang
sumber: www.teluklove.com

Baca juga: Hotel Segoro Pemalang: Berlokasi di Pusat Kota dan Dekat dengan Tempat Wisata

Legenda Pantai Widuri Pemalang


Legenda Pantai Widuri Pemalang
sumber: panturaexpose.com
Dulunya, pantai yang menjadi salah satu obyek wisata unggulan Kabupaten Pemalang ini disebut dengan nama Pantai Cilincing oleh masyarakat sekitar.

Lantas, bagaimana asal mula nama Pantai Widuri Pemalang yang sebenarnya? Dan sejak kapan nama Pantai Cilincing berubah menjadi Pantai Widuri? Berikut kami sampaikan ulasannya!

Menurut sumber dari mediakita.co, sekitar abad ke-15 kawasan pesisir Utara Jawa Tengah merupakan wilayah yang masih banyak terdapat hutan dan rawa. Termasuk daerah pesisir yang sekarang menjadi Kabupaten Pemalang.

Di pesisir tersebut tinggallah sepasang suami istri yang hidup sebagai petani. Menurut versi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, pasangan tersebut bernama Kaki dan Nyai Pedaringan.

Sementara sumber lain, menurut Kustoro, seorang budayawan Pemalang menyebutkan bahwa pasangan tersebut bernama Ki dan Nyi Tanjang. Meski ada perbedaan nama, namun keduanya memiliki rangkaian kisah yang sama.

Pasangan tersebut terpaut perbedaan usia yang cukup jauh, di mana Nyai Pedaringan yang masih sangat muda belia, dinikahi oleh Ki Pedaringan yang usianya telah lebih dari setengah abad.

Dalam sejarah Pantai Widuri Pemalang, kisah ini diawali saat datangnya seorang pemuda ke gubugnya Nyai Pedaringan. Pemuda bernama Purboyo (Pangeran Purbaya), datang secara tiba-tiba meminta pertolongan karena kondisi di sekujur tubuhnya yang penuh luka dan darah.

Saat itu, Nyi Pedaringan sedang memasak, sedangkan Ki Pedaringan tengah pergi mencari kayu bakar di hutan.

Pangeran Purbaya merupakan bangsawan dari Kerajaan Mataram yang tengah mengemban tugas untuk menumpas para pemberontak yang dipimpin oleh Salingsingan di Cirebon yang ingin menguasai Tanah Jawa dari Mataram pada saat itu.

Ketika sedang diobati oleh Nyi Pedaringan, banyak prajurit Salingsingan yang mencari Pangeran Purbaya. Ketika ditanya oleh para prajurit, Nyi Pedaringan selalu menjawab tidak tahu untuk menutupi keberadaan Pangeran Purbaya.

Setelah selesai diobati, dan prajurit musuh sudah jauh, Pangeran Purboyo pamit. Ia pun menitipkan pusaka Mataram yang dijuluki Keris Simonglang kepada Nyi Pedaringan sebagai ucapan terima kasih.

Pangeran Purbaya juga menyapa Nyi Pedaringan dengan julukan Nyi Idu Ri (yang artinya ludah berduri) karena telah membantunya berbohong kepada para prajurit musuh.

Dalam veri lain juga disebutkan, tidak lama berselang setelah kepergian Pangeran Purbaya, Ki Pedaringan pulang dari mencari kayu bakar dan melihat istrinya memiliki keris yang biasanya dimiliki oleh lelaki.

Ki Pedaringan cemburu dan marah kepada istrinya. Padahal Nyi Pedaringan sudah menjelaskan asal muasal keris tersebut, tetapi suaminya tetap tidak mau mendengarkan dan mereka pun bertengkar hebat.

Untuk membuktikannya, Nyi Pedaringan menyayat jarinya dengan keris dan bersumpah bila darah segar menetes ke bunga Widuri yang berwarna putih berubah menjadi ungu, maka menandakan bahwa Nyi Pedaringan tidak berbohong dan cintanya masih suci.

Benar saja, bunga itupun berubah menjadi ungu. Ki Pedaringan yang menyesal karena telah menuduh istrinya selingkuh kemudian pergi mencari Pangeran Purbaya, tetapi sayang Ia tak pernah kembali lagi.

Nyi Pedaringan yang cantik akhirnya hidup sendirian di desa itu. Untuk mengabadikan legenda Nyi Widuri tersebut, masyarakat di sekitarnya menamakan daerah ini menjadi Desa Widuri.

Harga Tiket Masuk Pantai Widuri Pemalang


Bagi pengunjung yang datang ke Pantai Widuri Pemalang akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp Rp 3.000 di hari biasa, dan Rp 4.000 di akhir pekan atau hari libur.

Fasilitas di Pantai Widuri Pemalang cukup lengkap, mulai dari area parkir, persewaan ban untuk bermain di laut, restoran dan warung makan, gazebo, hingga toilet umum dan kamar bilas semua tersedia di sini.

Selain pemandangannya yang indah, pengunjung juga dapat menikmati berbagai aktivitas wisata di Pantai Widuri Pemalang. Menikmati aneka camilan sambil duduk di pinggir pantai menjadi aktivitas favorit bagi anak muda saat sore di Pantai Widuri.

Di dalam area pantai terdapat banyak tempat makan yang berjejer rapi, mulai dari lesehan ikan bakar, restoran, hingga warung-warung kecil yang menjajakan aneka makanan ringan.

Harga berbagai menu kuliner di tempat ini juga relatif murah kok. Bila Anda ingin lebih berhemat lagi, bisa memesan satu porsi tempe mendoan yang sedap untuk disantap beramai-ramai dengan teman.

Menikmati Serunya Beragam Wahana Air di Waterpark Widuri Pemalang


Menikmati Serunya Beragam Wahana Air di Waterpark Widuri Pemalang
sumber: netz.id
Di dalam area Pantai Widuri Pemalang terdapat tempat rekreasi wahana air bernama Waterpark Widuri Pemalang. Datanglah bersama keluarga jika ingin memanjakan putra-putri Anda dengan bermain di Waterpark Widuri Pemalang.

Namun, untuk masuk ke area waterpark, pengunjung akan dikenai biaya tiket tambahan berkisar Rp 15.000 per orang. Ada beragam wahana yang bisa Anda nikmati di dalam taman air seluas 23,7 hektar ini, antara lain:

1. Wahana Kids Spay Ground


Wahana Kids Spay Ground menjadi lokasi yang cocok untuk bermain putra-putri Anda karena kedalaman kolam hanya sebatas pinggang orang dewasa.

Di kolam ini terdapat 3 buah luncuran setinggi 6 meter dan panjang 10 meter, dengan kecepatan luncuran berkisar 5 meter per menit, cukup aman untuk digunakan anak-anak.

Selain itu juga terdapat ember besar di atas luncuran yang akan menumpahkan air sehingga keseruan akan bertambah saat bermain air di kolam ini.

2. Wahana Water Slide


Wahana di Waterpark Widuri Pemalang yang menarik berikutnya adalah Water Slide. Bagi Anda yang menyukai tantangan dan ingin memacu adrenalin, maka wahana ini sangat cocok untuk dimasuki.

Terdapat seluncuran dengan panjang 135 meter yang akan membuat rekreasi Anda di Waterpark Widuri Pemalang semakin mengesankan.

3. Wahana Boomerang


Satu lagi nih guys wahana menantang yang akan buat jantungmu berdegup kencang. Kolam yang memiliki seluncuran setinggi 13 meter ini akan membuat Anda serasa meluncur bebas dari udara. Dijamin deh, Anda bakal ketagihan.

4. Lazy Rivers


Kalau wahana yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin bermalas-malasan mengapung di atas ban mengelilingi area waterpark. Wahana berupa sungai buatan ini menarik juga lho untuk dicoba.

Itulah sejumlah wahana yang bisa Anda nikmati saat berekreasi ke Widuri Waterpark Pemalang. Selain wahana-wahana tersebut, Anda juga bisa menikmati waktu sore nan indah dengan berjalan di dermaga yang menuju ke laut.

Jembatan dengan panjang sekitar 300 meter ini bisa Anda manfaatkan untuk berfoto atau selfie dengan latar sunset yang indah di Pantai Widuri.

Baca juga: Wisata Pratin Purbalingga: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata

***
Sepertinya seru yah berwisata ke Pantai Widuri? Jangan biarkan rasa penasaran terus membayangi Anda dengan segera menjadwalkan liburan ke Pantai Widuri Pemalang. Selamat berwisata!

0 Comments:


Top