6 Jurusan Kuliah untuk Wanita yang Ingin Berpenghasilan Lebih Tinggi dari Pria

Sekarang ini banyak orang bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah. Oleh karena itu, Anda harus cermat dalam memilih jurusan kuliah sehingga dapat menjamin masa depan yang lebih cerah.

6 Jurusan Kuliah untuk Wanita yang Ingin Berpenghasilan Lebih Tinggi dari Pria
sumber: odiariodeumacompulsiva.blogspot.com
Tidak hanya pria, wanita juga harus jeli dalam memilih jurusan kuliah. Meski sekarang ini para wanita masih tertinggal dari pria dalam urusan penghasilan, namun ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang menghasilkan lulusan wanita dengan gaji yang lebih besar dari lulusan prianya.

Baca juga:
22 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan dan Banyak Dibutuhkan

Nah, apa saja jurusan kuliah untuk wanita yang ingin berpenghasilan lebih besar dari pria? Berikut daftarnya kami bagikan untuk Anda sebagai bahan referensi dalam memilih jurusan kuliah bagi para wanita.

1. Jurusan Tata Rias (Kosmetologi)


Jurusan tata rias memang lebih banyak diminati oleh wanita, namun tidak sedikit pula pria yang sekarang ini berprofesi sebagai penata rias atau hair stylist.

Wanita yang memilih bergelut di bidang tata rias akan memiliki penghasilan yang besar dari pria. Dalam kosmetologi, para mahasiswi akan diajarkan cara mempercantik kulit, rambut, hingga tubuh secara keseluruhan. Wanita bisa lebih berkembang dalam bidang ini, karena pada dasarnya wanita memang suka merawat diri.

2. Jurusan Okupasi Terapi


Jurusan okupasi terapi termasuk dalam daftar selanjutnya. Jurusan kuliah ini mengajarkan para wanita berbagai terapi spesial untuk merawat orang sakit atau berkebutuhan khusus.

Namun, Anda juga membutuhkan kesabaran, kegigihan, dan rasa empati yang tinggi bila ingin sukses menggeluti bidang ini. Jurusan Okupasi Terapi memang cocok untuk wanita karena umumnya mereka bisa lebih peka dalam penanganan emosi pasien.

3. Jurusan Nutrisi


Lulusan Jurusan Nutrisi sekarang ini sedang banyak dibutuhkan. Tidak hanya untuk institusi kesehatan saja, tapi juga perusahaan maupun instasi olahraga. Selain dibutuhkan dalam perawatan pasien di rumah sakit, Jurusan Nutrisi juga diperlukan oleh para atlet.

Konon, banyak instansi yang berani memberikan gaji besar untuk nutrisionis wanita karena mereka dipercaya memiliki insting yang kuat dalam menjaga pola makan sehat untuk dirinya maupun keluarga. Bisa dikatakan, wanita memiliki bakat natural dalam bidang ini.

4. Jurusan Manajemen Personalia


Bagian personalia atau HRD merupakan salah satu divisi kerja yang banyak diminati wanita. Tak heran bila gaji yang cukup menjanjikan bisa didapatkan oleh wanita yang berprofesi di bidang ini.

Wanita memang cocok memilih jurusan manajemen sumber daya manusia karena memiliki kemampuan pengorganisasian yang lebih baik dibandingkan pria.

5. Jurusan Ilmu Pendidikan


Menurut Womens Article, Jurusan Pendidikan banyak menghasilkan lulusan wanita yang memiliki gaji lebih besar dari pria. Wanita memang memiliki bawaan sifat mengasuh dan mendidik yang lebih baik dibandingkan pria, oleh karena itu bidang pendidikan juga cukup banyak diminati wanita.

Kesabaran dan rasa empati yang dimiliki wanita membuatnya cocok menggeluti profesi sebagai pendidik. Wanita dinilai lebih terampil dalam menyeimbangkan waktu dan perannya sebagai ibu dan guru bagi anak didik.

6. Jurusan Interior Desain


Kalau jurusan kuliah yang satu ini sangat cocok untuk para wanita yang memiliki jiwa seni dan ingin mendapatkan penghasilan tinggi. Jurusan Interior Desain, Fotografi, ataupun Sejarah Seni menjadi bidang yang tepat untuk digeluti para wanita.

Banyak wanita yang memilih Jurusan Interior Desain dan disebut-sebut memiliki gaji yang lebih besar dari pria. Pasalnya, para wanita memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan pria dalam memperhatikan detail pada suatu desain.

Baca juga:
10 Jurusan Kuliah dengan Lapangan Kerja yang Menjanjikan

Tanpa bermaksud melarang wanita memilih jurusan studi yang disukai, daftar di atas merupakan sedikit referensi bagi wanita yang masih bingung dalam memilih jurusan kuliah. Semoga nanti setelah lulus kuliah Anda memiliki jenjang karir yang lebih baik.

6 Jurusan Kuliah untuk Wanita yang Ingin Berpenghasilan Lebih Tinggi dari Pria