Senin, 22 Oktober 2018

Alun-alun Pemalang: Tempat Nongkrong yang Asik Bareng Sahabat, Maupun Kerabat

Yoadit.comAlun-alun Pemalang menjadi salah satu tempat yang asik untuk menikmati kesyahduan kota Pemalang di kala senja.

ikon nanas madu alun alun pemalang
sumber: infopmlng.blogspot.com
Bagi warga Pemalang, alun-alun merupakan tempat hiburan alternatif yang favorit untuk sekadar santai bersama keluarga.

Atau mengajak anak naik kereta ‘odong-odong’ diiringi lagu anak-anak yang menyenangkan. Selain ‘odong-odong’ ada juga kereta mini, mandi bola, dan beragam pernak-pernik lainnya.

Baca juga:
Pesona Keindahan Pantai Widuri Sebagai Obyek Wisata Andalan Pemalang

Bagi Anda yang suka berwisata kuliner, kawasan alun-alun Pemalang menjadi tempat yang tidak boleh dilewatkan.

Pasalnya, ada begitu banyak pedagang makanan di tempat ini, mulai dari mie ayam, siomay, wedang jahe, lontong dekem, dan beberapa makanan khas Pemalang lainnya bisa Anda jumpai di sekitar kawasan alun-alun Pemalang.

Nyaris tidak ada mall di kota kecil ini. Diketahui hanya ada satu mall saja yang berada di tengah kota Pemalang bernama Yogya Mall.

Bagi warga sekitar, alun-alun Pemalang memang menjadi mall rakyat yang menyajikan aneka hiburan dengan cukup lengkap.

suasana car free day alun alun pemalang
sumber: www.youtube.com
Lokasi alun-alun Pemalang berada di pusat Ibu Kota Kabupaten Pemalang. Salah satu ruang publik ini menjadi kawasan favorit bagi masyarakat Pemalang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat, maupun sahabat.

pohon rindang alun alun pemalang
sumber: www.kompasiana.com
Keberadaan pohon-pohon yang cukup rindang dengan patung Nanas Madu yang terletak di tengahnya, menjadi panorama indah tersendiri bagi Anda yang singgah di tempat ini.

Sebelah utara alun-alun menjadi tempat yang cocok untuk Anda pecinta kuliner. Karena di sini, Anda dapat menjumpai banyak warung makan dan pedagang makanan khas Pemalang.

kuliner khas Pemalang
Bagi Anda yang ingin mencicipi aneka kuliner khas Pemalang seperti Grombyang, Lontong Dekem, hingga Sate Loso, mampirlah ke area tersebut.

Beranjak ke sebelah Timur, terdapat akses jalan yang menuju ke arah kota Pekalongan hingga Semarang. Jalanan ini melewati tengah kota Pemalang dengan deretan pertokoan di kanan-kiri sepanjang jalan.

GOR Kridanggo alun-alun pemalang
sumber: simpanglima.wordpress.com
Selain itu, ada juga GOR Kridanggo dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pemalang di sebelah Timur alun-alun Pemalang.

Bila Anda memalingkan pandangan ke arah Selatan, terdapat Lapas atau Rutan Kelas IIB Kabupaten Pemalang.

kantor bupati Pemalang
sumber: ngromedpemalang.wordpress.com
Di sebelah Barat lapas, terdapat akses jalan menuju ke Kantor Bupati, Pendopo, dan Kantor DPRD Kabupaten Pemalang. Tepat di sebelah Barat jalan tersebut terdapat gedung Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang.

Ketika waktu Sholat tiba, Anda bisa menuju ke Masjid Agung Pemalang yang berada tepat di sebelah Barat Alun-alun Pemalang.

masjid agung pemalang alun alun pemalang
sumber: situsbudaya.id
Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Agung Pemalang juga sering dikunjungi oleh pelancong dari luar daerah yang ingin berwisata religi di kota Pemalang.

Datanglah saat akhir pekan di pagi hari bila ingin menikmati keramaian pasar rakyat sambil jalan sehat mengitari alun-alun Pemalang.

Jangan lewatkan:
Kilas Sejarah dan Asal Usul Nama Pemalang

Nuansa keramaian di alun-alun Pemalang selalu memberi kesan tersendiri di hati warga sekitar. Kawasan ini memang menjadi tempat yang cocok untuk melepas rindu akan Kota Pemalang bagi warga asli yang pergi ke daerah rantau.


EmoticonEmoticon