Senin, 22 Oktober 2018

Tips Menjadi Wirausaha Pemula dan Cara Mendirikan Usaha yang Tahan Lama

Yoadit.com - Bagi yang ingin tahu tips menjadi wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha, maka saat ini Anda berada pada halaman yang tepat. Butuh mental yang kuat dalam mendirikan usaha. Kurangnya modal kerapkali menjadi faktor penghambat para pemula saat ingin mendirikan usaha.

Tips Menjadi Wirausaha Pemula dan Cara Mendirikan Usaha yang Tahan Lama
sumber: www.yukdiorder.com
Pertanyaan kemudian muncul di benak kita tentang bagaimana cara mendirikan usaha dari nol hingga dapat berkembang dengan sukses. Nah, berikut ini kami akan berbagi tips untuk Anda para wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha.

Baca juga:
5 Tips Bisnis untuk Wirausahawan Pemula

1. Tetapkan Jenis Usaha yang Hendak Dijalankan


Dalam memulai sebuah usaha, langkah pertama yang perlu dilakukan ialah menentukan jenis usaha yang akan dijalankan. Sesuaikan usaha Anda dengan minat dan tren bisnis jangka panjang.

Ada baiknya Anda menghindari bisnis yang hanya booming untuk sesaat karena mengira dapat langsung menghasilkan uang dengan cepat.

Hal tersebut boleh saja dilakukan, akan tetapi tetap sesuaikan dengan minat Anda sebagai pelaku usaha. Bisnis yang dijalankan sesuai minat, biasanya mampu bertahan lebih lama dibandingkan bisnis yang dijalankan hanya sekadar ikut-ikutan.

Contohnya, bila Anda menyukai hal-hal terkait otomotif, maka jenis usaha yang cocok dijalankan misalnya penjualan aksesoris sepeda motor, atau jual beli sepeda motor second.

Tingkat keberhasilan sebuah usaha juga bergantung pada jenis usaha yang dijalankan. Semakin banyak peminat, semakin besar pula peluang Anda untuk bisa sukses dalam bisnis tersebut.

2. Buat Visi dan Misi Usaha


Visi misi yang kuat sangat mendukung keberhasilan sebuah bisnis. Begitu juga dengan bisnis yang akan Anda rintis, harus memiliki visi dan misi yang jelas.

Visi dan misi yang dimiliki usaha Anda akan membuatnya fokus pada tujuan sehingga Anda bisa tetap konsisten dalam membangun usaha tersebut.

3. Lakukan Survey


Setelah menentukan jenis usaha dan membuat visi-misinya, hal yang perlu dilakukan selanjutnya ialah melakukan survey. Tujuannya untuk mengetahui tingkat persaingan, pangsa pasar, serta potensi yang dimiliki pada usaha tersebut.

Tidak perlu mendetail dalam melakukan survey. Akan tetapi paling tidak mencakup tentang perilaku konsumen, tingkat persaingan, dan lokasi usaha yang akan dipilih.

4. Persiapkan Modal Materiil dan Immateriil


Tak dapat dipungkiri, modal memang menjadi faktor penting dalam memulai sebuah usaha. Akan tetapi modal tersebut tidak hanya terpatok pada materiil atau uang semata.

Modal immateril seperti pengetahuan tentang usaha, ketekunan, dan pintar melihat peluang juga menjadi modal penting yang perlu Anda miliki dalam memulai suatu usaha.

Besarnya modal materiil yang diperlukan juga bergantung seberapa besar usaha yang akan dirintis. Ada banyak cara dalam memperoleh modal yang dibutuhkan, bisa dengan cara mengambil dari tabungan, meminjam dari bank, meminjam dari keluarga atau kerabat, atau mencari investor.

Bagi para pemula, akan lebih baik untuk menggunakan modal yang Anda miliki sendiri. Pasalnya, semua bisnis memiliki risiko dan potensi.

Sebagai wirausahawan pemula, Anda harus berhati-hati dalam meminjam uang dari bank sebagai modal, karena bila usaha mengalami kegagalan, Anda akan cukup kesulitan untuk mengembalikan modal tersebut.

Kemungkinan terburuk ialah Anda bisa saja kehilangan harta benda yang dijadikan sebagai jaminan dalam pinjaman Anda kepada bank..

5. Cari Lokasi Usaha yang Strategis


Sebelumnya Anda sudah melakukan survey terkait lokasi yang akan dijadikan tempat usaha. Pastikan dalam memilih lokasi usaha, ialah tempat yang cukup ramai dilewati orang atau sesuaikan dengan target konsumen Anda.

Misalnya, bila target konsumen adalah pelajar, maka carilah tempat strategis yang dekat dengan sekolahan. Atau jika target Anda adalah para pemilik kendaraan, maka disarankan untuk memilih lokasi usaha yang berada di pinggir jalan besar.

6. Siapkan Perlengkapan dan Segala Keperluan


Keseriusan benar-benar dibutuhkan ketika Anda akan merintis usaha baru. Tanpa adanya persiapan yang matang, maka usaha Anda bisa berjalan tanpa arah dan memperbesar risiko kegagalan.

Tidak hanya perlengkapan dan peralatan, Anda juga perlu menyiapkan produk, cara pemasaran, dan berbagai hal yang diperlukan terkait usaha yang akan dijalankan.

7. Segera Mulai


Setelah beberapa poin di atas sudah Anda lakukan, sekarang saatnya untuk memulai buka usaha Anda. Seringkali, penjualan tidak sesuai dengan harapan ketika pertama kali Anda membuka usaha. Namun jangan langsung kecewa dan menyerah.

Setiap usaha butuh proses untuk bisa dikenal dan dipercaya oleh konsumen. Tidak ada usaha yang langsung laris manis hanya dalam waktu sehari dua hari.

Sepinya pembeli di masa awal membuka usaha memang biasa terjadi. Akan ada waktunya konsumen mulai datang dan percaya pada produk Anda.

8. Jadilah Unik dan Mudah Diingat


Cara bisnis yang baik tidak hanya saat mendirikannya, namun juga pada saat menjalankannya. Jadilah unik di tengah persaingan bisnis yang kian ketat.

Meski ada beberapa jenis usaha yang sama, Anda harus memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan usaha lain yang sejenis. Beberapa trik untuk memiliki keunikan dalam sebuah usaha di antaranya:

  • Menggunakan nama usaha yang unik.
  • Kualitas rasa dan cara penyajian yang khas.
  • Penataan ruang yang baik dan kebersihan yang selalu terjaga.


Bahkan jika usaha Anda berupa toko online, keunggulan yang bisa ditawarkan di antaranya:

  • Menawarkan gratis ongkos kirim untuk wilayah atau pembelian dalam jumlah tertentu.
  • Kecepatan pengiriman barang.
  • Kualitas pelayanan dan komunikasi yang baik dengan konsumen.


Dan masih banyak lagi keunggulan yang bisa menjadikan usaha Anda lebih unik dan memiliki ciri khas dibandingkan dengan usaha lain yang sejenis.

9. Terus Belajar dan Memantau Perkembangan  Pasar


Pada semua jenis usaha, pasar selalu berkembang secara dinamis. Jangan cepat merasa puas, pelajari terus bagaimana setiap perubahan yang terjadi pada pasar. Hal ini penting untuk dilakukan apabila usaha yang Anda dirikan ingin tetap bertahan lama.

10. Lakukan Program Promosi Secara Berkala


Pemasaran yang baik merupakan kunci dari keberhasilan usaha Anda. Apapun jenis usaha yang Anda rintis. Bila usaha Anda ingin dapat terus bertahan dalam persaingan, lakukanlah program promosi secara berkala.

11. Miliki Mental Pebisnis Tangguh


Mental yang kuat sangat penting dalam berwirausaha. Tips untuk wirausaha pemula dan cara mendirikan usaha yang terakhir ini ialah Anda harus memiliki mentalitas yang tangguh sebagai pebisnis.

Ada kalanya, segala macam usaha akan mengalami masa-masa sulit. Mental yang kuat sangat diperlukan untuk dapat menjaga konsistensi dan bertahan dalam ketatnya persaingan.

Mental yang tangguh ini sudah harus dimiliki sejak Anda memutuskan untuk mulai berwirausaha. Seringkali kita langsung menyerah ketika kegagalan datang menghampiri. Padahal, bisa saja di balik kegagalan yang sementara tersebut ada kesuksesan besar yang menanti tengah menanti Anda.

Bagaimana dengan tips-tips bisnis di atas? Semoga dapat memberi motivasi dan menjadi acuan yang dapat membantu Anda ketika akan mendirikan sebuah usaha.

Sebagai bahan referensi dan ide, berikut ini kami juga akan membagikan beberapa jenis usaha menjanjikan yang terbukti menguntungkan bagi para wirausahawan pemula.

Ide Bisnis Menjanjikan Bagi Wirausahawan Pemula


Keterbatasan pengalaman bagi usahawan pemula seringkali menghambat mereka untuk menemukan ide bisnis apa yang menguntungkan dan mampu bertahan lama.

Nah, bagi Anda yang memiliki rencana untuk membuka usaha sendiri, berikut ini kami bagikan beberapa ide usaha menguntungkan yang layak untuk dicoba oleh pemula.

1. Usaha Tempat Kost


Usaha Tempat Kost-kostan
Usaha tempat kost-kostan sangat cocok untuk Anda wirausahawan pemula yang memiliki cukup modal dan properti di lokasi yang strategis.

Anda tidak memerlukan pengetahuan bisnis yang rumit untuk memulai usaha kost-kostan. Asalkan memiliki modal yang besar, dan properti di tempat yang strategis, Anda sudah dapat memulai usaha ini.

Bisnis kost-kostan memiliki prospek yang menjanjikan terutama bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan. Di mana banyak orang merantau dari luar kota untuk menempuh pendidikan atau bekerja mencari penghasilan.

2. Usaha Franchise


sumber: bisniskrakatau.com
Franchise atau waralaba dapat menjadi ide bisnis yang menjanjikan bagi usahawan pemula yang memiliki cukup modal.

Dengan model bisnis franchise Anda tidak perlu repot memikirkan konsep bisnis maupun produk yang akan dipasarkan. Anda cukup membayar lisensi dan belajar mengenai sistem pengelolaannya. Anda juga tidak perlu repot melakukan branding terhadap usaha yang dijalankan.

Jika Anda ingin memulai bisnis jenis franchise, pastikan memilih franchise yang sudah terkenal dan pastikan pula Anda memilih lokasi usaha yang benar-benar strategis.

3. Menjadi Dropshipper


Dropshipper
Dropship merupakan salah satu jenis bisnis online yang tengah populer dilakukan oleh para usahawan pemula. Anda tidak perlu memiliki stok barang, dan tidak butuh modal besar untuk memulai model bisnis dropship.

Hal yang perlu dilakukan ialah bekerja sama dengan suatu toko online atau supplier yang nantinya Anda akan ikut memasarkan atau menjualkan produk mereka dengan margin keuntungan yang sesuai kesepakatan.

Ketika ada pembeli, Anda cukup menghubungi supplier untuk mengirimkan barang sesuai pesanan. Tentunya dengan nama dan alamat pengirim dari Anda. Risiko kerugian dalam bisnis ini sangat kecil karena Anda tidak perlu memiliki stok barang.

Ketika barang yang Anda jual tersebut tidak laku, Anda pun tidak akan rugi. Modal yang diperlukan ialah gadget atau laptop beserta koneksi internet. Anda juga perlu aktif untuk selalu menghubungi supplier terkait ketersediaan barang yang tengah Anda pasarkan.

4. Usaha Makanan Ringan


Usaha Makanan Ringan
Banyak orang yang gemar menyantap camilan. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis menguntungkan bagi Anda yang suka membuat camilan sendiri di rumah.

Kalau biasanya Anda gemar membuat camilan untuk disajikan atau disantap bareng keluarga. Sudah saatnya Anda berpikir menjadikan kegemaran tersebut menjadi ide bisnis untuk mendapatkan penghasilan.

Beberapa jenis jajanan yang cukup digemari banyak orang di antaranya keripik, kue, ataupun jajanan tradisional. Cara pemasarannya bisa Anda jual melalui online, ataupun menitipkannya di warung sekitar rumah.

Pastikan jajanan yang Anda jual tersebut memiliki kualitas rasa yang baik dan kemasan yang menarik. Dijamin deh, jajanan Anda pasti akan laris manis.

5. Usaha di Bidang Industri Kreatif


Usaha di Bidang Industri Kreatif
sumber: agribisnis.co.id
Jika Anda memiliki bakat atau keahlian dalam bidang seni, grafis, ataupun menulis, Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan penghasilan.

Jangan lewatkan:
Cara Pemanfaatan Mobil Pick UP Untuk Keperluan Usaha

Usaha di bidang industri kreatif bahkan bisa Anda mulai dan jalankan hanya dari rumah. Beberapa contoh usaha di bidang kreatif antara lain:

  • Desainer grafis.
  • Website builder.
  • Penulis kontent.
  • Blogger.
  • Copywriter.
  • Dan masih banyak lagi.


Nah, bagaimana dengan 5 ide usaha di atas? Semoga salah satunya bisa memberi inspirasi untuk Anda dalam memulai suatu usaha. Selamat mencoba!

Sumber:
www.maxmanroe.com
entrepreneurcamp.id


EmoticonEmoticon