Minggu, 28 Oktober 2018

Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia

Yoadit.com - Apakah Anda sedang mencari informasi tentang jenis-jenis kucing persia yang biasa dipelihara? Jika iya, maka Anda berada pada halaman yang tepat.

Kucing persia diyakini sebagai ras kucing tertua di dunia. Penampilannya yang imut dan lucu membuat banyak orang suka memelihara kucing ras persia sebagai hewan kesayangan.

Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia
sumber: www.gulalives.co
Kucing persia memiliki beberapa jenis yang berbeda. Masing-masing dari jenis tersebut memiliki ciri-ciri yang berbeda pula.

Baca juga:
Cara Memelihara Anak Kucing Persia Medium yang Benar

4 Jenis Kucing Persia yang Sering Dipelihara di Indonesia


Untuk lebih jelasnya mengenai ciri dan perbedaan dari masing-masing jenis kucing persia, berikut kami sampaikan ulasannya:

1. Kucing Persia Himalayan


Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia
sumber: okdogi.com
Kucing persia himalayan memiliki penampilan yang unik dan begitu menonjol. Ciri-ciri kucing persia himalayan ialah terdapat warna hitam seperti tompel pada bagian hidung, lingkar mata, telinga, dan bagian ujung dari keempat kakinya.

Namun, bagian warna bulu yang lainnya didominasi oleh warna putih, cokelat, ataupun krem. Penampilannya ini cukup unik dan menggemaskan lho!

2. Kucing Persia Medium


Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia
sumber: sekilaskucing.blogspot.com
Jenis kucing persia yang berikutnya adalah Persia Medium. Ciri fisik yang membedakan kucing persia medium dengan jenis persia lainnya ialah bagian hidungnya yang agak mancung.

Kucing persia medium memiliki corak bulu yang beragam. Ada yang bulunya pendek, tapi ada pula yang panjang. Intinya, ciri paling mudah untuk dikenali dari jenis kucing persia medium ialah bentuk hidungnya yang sedikit lebih mancung dibandingkan dengan jenis kucing persia lainnya.

3. Kucing Persia Flatnose


Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia
sumber: lenterahidup.net
Sesuai dengan namanya, kucing persia flatnose memiliki hidung yang lebih pesek dibandingkan dengan persia medium ataupun himalayan.

Bentuk badannya juga terlihat bulat dan agak gemuk. Kalau di bagian bulu, jenis kucing persia flatnose memiliki corak yang sama dengan jenis lainnya.

4. Kucing Persia Peaknose


Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia
sumber: id.carousell.com
Nah, kalau yang satu ini bisa dibilang sebagai jenis yang menjadi primadona di kalangan pecinta kucing persia. Tubuhnya yang gemuk, serta hidungnya yang sangat pesek hingga sejajar dengan mata membuat kucing persia peaknose sangat lucu dan banyak diminati.

Kucing persia peaknose juga menjadi jenis yang harganya paling mahal. Bahkan, untuk anakannya yang berusia sekitar 3 bulan bisa mencapai harga 3 hingga 5 jutaan.

Itulah keempat jenis kucing persia yang biasa dipelihara di Indonesia. Akan tetapi seringkali orang salah kaprah dengan mengatakan kucing Persia adalah kucing Anggora. Padahal, keduanya adalah ras kucing yang berbeda.

Apa Perbedaan Kucing Persia dan Anggora?


Apa Perbedaan Kucing Persia dan Anggora?
Supaya Anda tidak lagi salah kaprah dengan mengatakan kucing Persia sebagai kucing Anggora, berikut ini kami berikan penjelasan tentang perbedaannya:

1. Perbedaan Kucing Persia dan Anggora Berdasarkan Bentuk Wajah


Beda kucing persia dan anggora yang paling menonjol ialah pada bentuk wajahnya. Kucing Anggora memiliki bentuk wajah yang agak lancip seperti segitiga.

Kucing Anggora juga memiliki bentuk telinga yang runcing dan panjang. Selain itu terdapat bulu halus yang unik di ujung telinganya.

Sementara kucing Persia memiliki bentuk wajah yang lebih bulat, hidungnya juga lebih pesek dan apabila dilihat dari samping, bentuk dahi, hidung, dan dagunya tampak lebih datar dibandingkan kucing Anggora.

Perbedaan lainnya ialah mata kucing persia memiliki lebih banyak variasi dibandingkan kucing Anggora. Kucing persia ada yang memiliki mata berwarna kuning, ada juga yang berwarna biru. Bahkan ada kucing persia yang memiliki mata berbeda antara mata kanan dan kirinya.

2. Perbedaan Kucing Persia dan Anggora Berdasarkan Bentuk Tubuh


Kucing Anggora memiliki bentuk tubuh ideal yang langsing, tinggi, dan memanjang. Bentuk tubuhnya bahkan hampir mirip dengan ras kucing lokal.

Sedangkan kucing persia memiliki bentuk tubuh yang lebih pendek dan tampak bulat. Itulah mengapa banyak orang yang menganggap Persia lebih lucu dibandingkan Anggora.

3. Perbedaan Kucing Anggora dan Persia Berdasarkan Bulu


Ras kucing Anggora memiliki bulu yang cukup tebal, meskipun tidak setebal bulu kucing persia. Akan tetapi, ada juga jenis kucing Persia yang memiliki bulu pendek.

Umumnya, bagian ekor kucing Anggora memiliki bulu yang lebih tebal dibandingkan dengan bagian badannya. Sedangkan kucing Persia memiliki bulu lebat di hampir semua bagian tubuhnya.

4. Perbedaan Kucing Anggora dan Persia Berdasarkan Bentuk Kaki


Kucing Anggora memiliki kaki yang lebih panjang menyesuaikan dengan tubuhnya yang tinggi. Sedangkan kucing Persia, kakinya lebih pendek sehingga terkesan lebih imut dan menggemaskan.

5. Perbedaan Bentuk Ekor


Kucing Anggora memiliki bulu ekor yang lebat seperti kemoceng. Bentuk ekor kucing Anggora juga umumnya lebih panjang dibandingkan dengan kucing Persia.

6. Perbedaan Berdasarkan Sifat Kucing


Dari segi karakter atau sifatnya, kucing Anggora maupun Persia memiliki sifat yang berbeda. Kucing Anggora terkenal lebih aktif, dan mudah dilatih. Selain itu, juga mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, cerdas dan lebih mudah beradaptasi.

Sementara jenis kucing Persia tidak begitu aktif dibandingkan Anggora, lebih pendiam, manja, dan kadang juga pemalas.

Tapi semua juga tergantung dari lingkungan dan kedisiplinan pemilik kucing dalam melatih masing-masing kucing.

7. Perbedaan Daya Tahan Tubuh


Konon, daya tahan tubuh kucing Persia lebih lemah dibandingkan kucing Anggora. Karena itulah kucing Persia lebih sering terserang penyakit dibandingkan dengan kucing Anggora.

Namun, hal ini juga tergantung beberapa faktor, seperti genetik, lingkungan, pemberian pakan, maupun vaksin.

8. Perbedaan Habitat Asli


Habitat asli kucing Anggora sebenarnya berasal daerah Ankara, Turki. Sedangkan kucing Persia berasal dari negeri Persia (Iran). Kedua ras kucing tersebut sudah terkenal di daerah asalnya sejak tahun 1600 M.

9. Perbedaan Keaslian Ras


Ras kucing Anggora sangat langka di Indonesia. Hal ini karena kucing Anggora termasuk ras kucing yang dilindungi, dan pemerintah Turki melarang eksport kucing Anggora ke luar negeri.

Diketahui, kucing Anggora yang benar-benar asli masih sangat jarang bisa ditemukan di Indonesia. Itupun harganya bisa sangat mahal karena urusan perizinannya yang juga cukup merepotkan.

Berbeda dengan kucing Persia. Saat ini, kita sudah dapat menemukannya dengan mudah di Indonesia. Bahkan, tidak sedikit pula ras kucing Persia yang sudah mengalami perkawinan silang dengan kucing lokal di Indonesia sehingga keasliannya belum tentu terjamin.

10. Perbedaan Berdasarkan Harga


Seperti yang sudah disebutkan di atas, ras kucing Anggora tergolong langka dan termasuk ras kucing yang dilindungi oleh pemerintah Turki.

Oleh karena itu, kita masih cukup jarang dapat menemukannya di Indonesia. Sekalipun ada, hanya orang tertentu saja yang memilikinya dan harganya bisa  sangat mahal.

Sementara kucing Persia sudah cukup banyak orang di Indonesia yang memilikinya. Sehingga harga jualnya masih dapat terjangkau oleh banyak masyarakat di Indonesia.

Baca juga:
Ciri-ciri Kucing Sakit dan Cara Menyembuhkannya Tanpa Harus Pergi Ke Dokter

Demikian informasi dari kami mengenai jenis-jenis kucing Persia dan juga sekilas mengenai perbedaan ras kucing Anggora dengan Persia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi catlovers.


EmoticonEmoticon