√ 13 Kelebihan Introvert yang Patut untuk Dibanggakan - Yoadit.com

13 Kelebihan Introvert yang Patut untuk Dibanggakan

Yoadit.com - Jika Anda adalah orang dengan kepribadian introvert, pastinya ingin tahu apa saja kelebihan introvert yang tidak dimiliki ekstrovert. Dan Anda harus bangga karena memiliki sejumlah kelebihan tersebut.

Seseorang dengan kepribadian introvert memang sering disudutkan karena dianggap berbeda dari kebanyakan orang. Orang introvert juga sering dicap kaku, sulit berbasa-basi, enggak asik, anti sosial, fobia manusia, dan sok misterius.

13 Kelebihan Introvert yang Patut untuk Dibanggakan
Berbagai anggapan buruk tersebut jualah yang membuat orang-orang berkepribadian introvert semakin minder hingga mengasingkan diri dari dunia luar. Beberapa mungkin ada yang galau dan terpaksa mengubah kepribadian walau merasa tak nyaman.

Akan tetapi usaha yang terpaksa itu bukannya membuat introvert bahagia, malah akhirnya makin menderita. Tak bisa dipungkiri, berpura-pura menjadi orang lain adalah hal yang melelahkan.

Tetapi, belakangan ini nampaknya tidak sedikit pula introvert yang mulai dapat menerima, dan bersyukur atas kepribadian yang dimilikinya.

Baca juga:
Pengertian Introvert, Beserta Ciri-ciri dan Profesi yang Cocok untuk Introvert

Dan kalau kita mampu memahami kepribadian introvert lebih dalam, maka sebenarnya mereka memiliki kelebihan dan kekuatan yang patut untuk dibanggakan. Apa saja kelebihan introvert tersebut?

1. Pemecah Masalah yang Baik


Meski introvert tidak banyak bicara, tapi mereka adalah pemecah masalah yang baik. Hanya saja, ketika Anda sedang berpikir untuk memecahkan suatu masalah, Anda cenderung diam dan tak memberitahukannya.

Dalam mencari solusi, introvert akan mempertimbangkannya dengan matang. Mereka selalu berusaha untuk mencari solusi dalam suatu masalah dengan jalan terbaik.

Itulah sebabnya banyak orang yang merasa nyaman untuk berkonsultasi atau meminta nasihat kepada orang introvert.

2. Selalu Penuh Persiapan


Anda mungkin kurang suka dengan sesuatu yang spontan dan mengejutkan. Oleh karenanya, introvert akan kebingungan ketika diberikan suatu pertanyaan penting yang mendadak.

Ketika ada orang atau teman yang datang berkunjung tanpa pemberitahuan, atau diajak ketemuan tanpa perjanjian, introvert akan merasa kurang nyaman. Bagi Anda, segala sesuatu harus dipersiapkan terlebih dahulu supaya terencana dan lebih percaya diri.

3. Penuh Pertimbangan yang Matang


Di satu sisi, banyak orang menganggap kalau introvert selalu ragu-ragu dan lambat. Hal ini karena sebenarnya mereka penuh pertimbangan, dan selalu berpikir dahulu sebelum berkata atau bertindak. Paling tidak, Anda dapat mengurangi berbagai risiko yang tidak diharapkan.

4. Dapat Berkonsentrasi dengan Baik


Sebagai orang dengan kepribadian introvert, Anda mampu berkonsentrasi dengan baik. Misalnya saat di tempat kerja, maka pikiran dan fokus Anda memang tentang pekerjaan.

Kelebihan ini pula yang membuat introvert mahir dalam hobi atau profesi yang menuntut konsentrasi seperti seniman, penulis, ilmuwan, dan sebagainya.

5. Penuh Perhatian


Introvert mempunyai kemampuan observasi yang baik. Meski terlihat diam dan jutek, sebenarnya Anda tengah memperhatikan situasi dan keadaan dengan seksama.

Tetapi, Anda cenderung memberi perhatian tanpa merasa perlu memperlihatkannya pada orang lain. Terutama ketika Anda memperhatikan sesuatu yang berharga atau orang-orang yang penting dalam hidup Anda.

6. Mempunyai Pemikiran yang Kreatif


Sebuah penelitian yang dilakukan oleh dua psikolog bernama Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist menemukan fakta bahwa sebagian besar orang kreatif di berbagai bidang adalah mereka dengan kepribadian introvert.

Sebagai sosok yang menghargai suasana senyap di tengah dunia yang ramai, introvert mampu melahirkan ide, karya, ataupun penemuan-penemuan yang kreatif.

Sebut saja Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Steve Wozniak, mereka adalah tokoh kreatif terkenal yang ternyata berkepribadian introvert.

7. Dapat Menjadi Partner yang Baik


Introvert dapat menjadi partner yang baik, terutama ketika dia merasa nyaman dengan orang tersebut. Dia akan menjadi sangat loyal dan setia terhadap partnernya tersebut. Bahkan akan membangun tembok agar hatinya tidak mudah dikuasai oleh orang lain.

8. Bicara Seperlunya


Kelebihan introvert berikutnya ialah tidak banyak bicara, karena dia menganggap banyak masalah besar yang asalnya dari “keseleo lidah” atau keceplosan dan salah bicara.

Sebagai introvert, Anda biasanya sangat hemat bicara. Tidak suka ngegosip, dan setiap kata-kata yang dikeluarkan pun biasanya akan tersaring dahulu.

Kebiasaan semacam ini justru dapat menjadi kelebihan introvert karena tidak hanya membuat Anda tampak ‘cool’, tapi juga akan terhindar dari membocorkan rahasia, tukang gosip, dan penyebar  fitnah.

9. Tipe Pendengar yang Baik


Seorang introvert tahu betul mengapa Tuhan menciptakan manusia dengan dua telinga dan hanya satu mulut saja. Agar kita lebih banyak mendengar ketimbang berbicara. Hebatnya lagi, Introvert tidak hanya sekadar mendengar, tapi juga menyimak secara seksama.

Introvert memang lebih suka mendengar luapan hati orang lain dibandingkan dengan Ia sendiri yang meluapkannya kepada mereka.

Selain pendengar yang baik, introvert juga betul-betul menyimak, mencerna informasi, dan ketika dia sudah memahami serta memikirkannya secara matang barulah dia akan menawarkan saran.

10. Tetap Tenang Di Tengah Situasi Panik


Para ekstrovert sering merasa cemburu dengan sikap para introvert yang begitu tenang dalam menghadapi setiap permasalahan. Kelebihan Introvert juga tetap dapat menjaga sikap meskipun di tengah situasi yang panik.

11. Penuh Imajinasi


Meski memiliki raut muka yang datar, bibir yang jarang bergerak, tetapi introvert memiliki pemikiran dan perasaan yang sangat ramai.

Sebagai introvert, Anda memiliki dunia sendiri yang mungkin terkesan aneh bagi orang lain namun begitu mengasikkan bagi dirimu sendiri.

12. Sendiri Adalah Waktu yang Tepat untuk Berkreasi


Bagi ekstrovert, keadaan sendirian bisa saja menjadi bencana kecil. Namun introvert melihatnya sebagai anugerah yang patut untuk dinikmati dan disyukuri.

Akses ke dalam dirimu menjadi semakin lancar ketika dalam kesendirian. Banyak ide kreatif dapat dihasilkan tanpa adanya sesuatu yang dapat membuyarkan fokus Anda.

13. Berpotensi Menjadi Penulis Handal


Bagi Anda yang hobi menulis, kelebihan introvert yang satu ini mungkin bisa menjadi kabar gembira. Introvert memang agak sulit mengekspresikan kata-kata dengan berbicara. Karena Anda lebih nyaman untuk mengekspresikannya melalui tulisan.

Anda dapat mempertimbangkan segala sesuatu sebelum dibagikan kepada pembaca. Tulisan yang keliru juga masih dapat diedit lagi. Namun, omongan yang keluar karena keceplosan seringkali sulit untuk diluruskan kembali.

Baca juga:
Ini Dia 7 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Wanita Introvert

***

Itulah berbagai kelebihan introvert yang tidak dimiliki oleh ekstrovert. Bila Anda adalah orang dengan kepribadian introvert, mulai sekarang jangan lagi berkecil hati. Karena dengan kelebihan-kelebihan tersebut seharusnya Anda patut berbangga diri.

Sumber: www.rosediana.net

0 Comments:


Top