√ Cara Menjinakkan Kucing Persia Galak yang Baru Diadopsi - Yoadit.com

Cara Menjinakkan Kucing Persia Galak yang Baru Diadopsi

Yoadit.com - Kadang kala, ada kucing persia dewasa yang bersikap tidak bersahabat dan cenderung galak ketika Anda baru saja mengadopsinya. Pada kasus ini, cara menjinakkan kucing persia galak yang baru diadopsi menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui.

Cara Menjinakkan Kucing Persia Galak yang Baru Diadopsi
sumber: kucingpersia-indonesia.blogspot.com
Cara menjinakkan kucing persia yang galak terhadap majikan baru sebenarnya bukanlah hal sulit. Anda bisa mengikuti tips-tips dari kami berikut ini, jika mengalami kebingungan dalam menjinakkan kucing tersebut!

1. Kenali Ciri-ciri Kucing Galak atau Kurang Bersahabat


Ketika pertama kali mengadopsi kucing persia dewasa, penting untuk Anda mengenali bagaimana karakter kucing tersebut. Kucing Persia akan menjadi galak ketika Ia mengalami gelisah atau stres karena berada di tempat atau orang baru yang belum dikenalnya.

Baca juga: Cara Memelihara Anak Kucing Persia Medium yang Benar

Ciri-ciri kucing yang sedang gelisah, stres, dan menjadi galak bisa dilihat dari posisi badannya yang merendah, mata yang melotot, kupingnya menekuk ke belakang, mengeram, dan mendesis ketika akan didekati.

Jika Anda melihat ciri-ciri tersebut pada kucing persia, jangan mendekatinya dahulu karena kucing bisa saja mencakar atau menggigit ketika didekati. Tunggu dulu hingga kucing tenang, jaga jarak yang aman dengan kucing tersebut.

2. Dekati Kucing Secara Perlahan


Untuk menjinakkan kucing persia yang sudah dewasa, baiknya dekati secara perlahan, rayu kucing dengan kata-kata manis dan lembut. Sebaiknya jangan menatap mata kucing secara fokus, karena kucing akan menganggap Anda menantangnya.

3. Perlakukan dengan Lembut dan Jangan Membentak


Jika Anda ingin kucing persia yang galak menjadi jinak, perlakukan Ia dengan lembut dan jangan membentak apalagi sampai memukulnya. Perlakuan seperti ini hanya akan membuat mereka semakin takut dan menjauh. Kucing Anda pun akan makin sulit untuk dijinakkan.

4. Sediakan Tempat Untuk Bersembunyi


Ketika baru mengadopsi kucing persia dewasa, Anda harus menyediakan tempat untuknya bersembunyi. Tempat bersembunyi ini akan menjadi ruang untuk kucing menyendiri hingga perlahan-lahan Ia mau menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.

5. Jadwalkan Makan dan Minum Secara Berkala


Ketika memberi makan kucing persia yang baru diadopsi, sebaiknya jangan langsung memberikan dalam jumlah banyak. Beri makan sedikit-sedikit saja, dan jadwalkan secara berkala. Cara ini akan membuat kucing merasa butuh dengan pemiliknya hingga Ia akan mendekat dengan sendirinya.

6. Mulailah Mengelusnya Pelan-pelan


Ketika kucing sudah merasa butuh dengan majikannya, Ia akan mendekat dengan sendirinya. Anda dapat mulai memegang atau mengelus kucing tersebut.

Semakin sering Anda memegang dan mengelusnya, Ia akan semakin kenal dengan bau tubuh Anda dan sedikit demi sedikit kucing akan lebih bersahabat dengan Anda. Kucing suka dielus pada bagian kepala dan leher. Elus bagian tersebut untuk menenangkannya.

7. Penuhi Kebutuhan Mereka


Untuk membuat kucing semakin jinak dan lulut pada majikannya, berilah Ia apa yang menjadi kebutuhannya. Perlu Anda ketahui, kucing tidak hanya membutuhkan makan dan minum saja, tapi ajaklah bermain, obati Ia saat sakit, dan mandikan kucing secara terjadwal agar kesehatan dan kecantikannya tetap terjaga.

Kucing akan mengingat hal-hal yang menguntungkan bagi dirinya. Kucing persia akan setia pada majikan yang memberikannya kasih sayang dan segala hal yang Ia butuhkan.

Tips dalam Menjinakkan Kucing Persia yang Galak


Ketika hendak menjinakkan kucing persia yang galak, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa tips berikut ini!

  • Sebaiknya Anda menjinakkan kucing bila memang berencana untuk memeliharanya.
  • Tidak semua kucing bisa dijinakkan dengan mudah, tidak perlu kecewa jika Anda gagal menjinakkannya.
  • Ketika baru tiba di rumah Anda, berikan kucing ruang untuk bersembunyi atau tempatkan Ia dalam kandang selama beberapa waktu untuk memberinya kesempatan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.
  • Ketika Ia sudah mau didekati, cobalah untuk mengelusnya pada bagian kepala atau leher. Jangan mengangkat tangan Anda terlalu tinggi, usahakan tangan Anda serendah mungkin agar kucing tidak merasa terancam.
  • Selain makanan dan minuman, sediakan pula tempat untuk kucing buang air yaitu berupa kotak atau wadah yang di dalamnya berisi pasir.

Lanjutkan membaca: Kucing Persia Anda Birahi? Begini Cara Mengawinkan Kucing yang Baru Kenal


Demikian informasi dari kami mengenai cara menjinakkan kucing persia yang galak. Semoga berhasil dengan cara di atas yah sob!

sumber:
kucingpedia.com

0 Comments:


Top