√ Ciri-ciri Kucing Hamil dan Tanda Kucing Akan Melahirkan - Yoadit.com

Ciri-ciri Kucing Hamil dan Tanda Kucing Akan Melahirkan

Yoadit.com - Ciri-ciri kucing hamil tentu menjadi hal penting yang harus diketahui oleh pemilik kucing persia yang mengembangbiakkan hewan peliharaannya tersebut.

Ciri-ciri Kucing Hamil dan Tanda Kucing Akan Melahirkan
sumber: www.youtube.com
Dengan mengetahui tanda-tanda kucing hamil, maka kita akan dapat melakukan perawatan dan persiapan yang tepat sebelum nantinya kucing akan melahirkan.

Sebenarnya, kita dapat mengidentifikasi sendiri kehamilan kucing persia kesayangan dari adanya perubahan fisik ataupun perilakunya. Dan untuk melakukan hal tersebut, pemilik kucing persia tidak perlu pergi ke dokter hewan.

Ciri-ciri Kucing Hamil dari Segi Perilaku


Sebelum kita bahas mengenai perubahan fisik yang menjadi tanda kucing hamil, ada baiknya kita ketahui dahulu apa saja perilaku yang menjadi ciri kucing sedang hamil.

1. Sering Muntah


Hampir sama dengan manusia, ciri-ciri kucing hamil yang pertama ialah sering muntah. Di awal masa kehamilan, kucing persia akan sering muntah. Namun, memang tidak semua kucing mengalami hal tersebut.

Untuk mengetahui secara pasti penyebab kucing muntah-muntah, ada baiknya segera bawa kucing Anda ke dokter hewan terdekat. Apakah kucing muntah karena hamil, sakit, atau keracunan makanan.

2. Berhentinya Siklus Birahi Kucing


Siklus birahi kucing biasanya terjadi setiap 1 atau 1,2 bulan dengan masa birahi selama 7 hari. Jika kucing persia Anda tidak mengalami masa birahi dalam siklus tersebut, ada kemungkinan kalau kucing sedang mengalami masa awal kehamilan atau hamil sekitar 1 minggu.

Baca juga: Kucing Persia Anda Birahi? Begini Cara Mengawinkan Kucing yang Baru Kenal

3. Meningkatnya Nafsu Makan


Kucing yang sedang hamil akan mengalami peningkatan nafsu makan. Hal ini disebabkan karena Ia memerlukan energi dan protein yang lebih banyak dibanding biasanya.

Jika melihat perubahan nafsu makan yang begitu besar pada kucing Anda, ada kemungkinan kalau kucing persia kesayangan Anda tengah hamil. Berikan Ia cukup makanan dan minuman agar nutrisinya tetap terpenuhi selama masa kehamilan.

Simak juga: 7 Tips Penting Memberi Makan Kucing Persia

4. Lebih Lembut dan Manja


Kucing yang sedang hamil, biasanya sikap kepada pemilik akan menjadi lebih manja dan lembut. Selain itu, juga beberapa kucing ada yang tampak lebih gelisah dan suka menyendiri.

5. Sering Tidur


Sering tidur juga bisa menjadi perubahan perilaku yang menandakan kalau kucing persia sedang hamil. Jika Anda perhatikan siklus tidur kucing tidak seperti biasanya padahal Ia tidak sedang sakit, bisa jadi kucing mengalami masa kehamilan.

6. Mencari Tempat yang Nyaman untuk Bersarang


Kucing yang sedang hamil biasanya akan lebih sering menyendiri. Ia seperti mondar-mandir mencari tempat yang nyaman untuk bersarang. Jika kucing persia Anda berperilaku semacam ini, menandakan kucing sedang hamil tua dan akan melahirkan dalam waktu dekat.

Kucing akan memilih tempat yang sunyi dan tenang untuk bersarang agar Ia dan bayi-bayinya dapat terlindungi dari udara dingin maupun gangguan hewan lain.

7. Agresif Terhadap Kucing Lain


Naluri keibuan si kucing akan membuatnya lebih agresif terhadap kucing lain. Hal ini karena rasa protektif terhadpa calon bayi kucing yang dikandungnya.

Ciri-ciri Kucing Hamil dari Segi Fisik


Jika tadi kita sudah mengetahui apa saja ciri perilaku saat kucing hamil, berikutnya mari kita simak apa saja ciri fisik kucing yang sedang hamil. Beberapa perubahan fisik yang terjadi antara lain:

1. Perut Kucing Mulai Membesar


Kucing yang sedang hamil tentu perutnya akan membesar. Ini adalah ciri fisik yang paling mudah diketahui. Biasanya, ketika perut kucing mulai membesar menandakan usia kehamilannya sudah sekitar 5 minggu.

2. Puting Kucing Terlihat Membesar dan Berwarna Merah


Ciri kucing hamil selanjutnya ialah puting kucing akan terlihat membesar dan berwarna merah. Hal ini lazim terjadi karena kucing yang sedang hamil, kelenjar susu akan mulai terbentuk dan membuat perubahan pada putingnya.

3. Bulu Mulai Rontok Drastis


Seindah dan selebat apapun bulu kucing persia Anda, bulu tersebut akan rontok ketika Ia mengalami kehamilan. Kerontokan yang umum terjadi pada sekitar area puting. Tetapi rontoknya bulu kucing juga dapat terjadi di semua bagian tubuh karena adanya perubahan hormon.

Kerontokan bulu kucing ketika hamil merupakan hal yang alami. Ketika Ia sudah melahirkan dan tidak lagi menyusui, bulu indah dan lebatnya akan kembali seperti semula. Tetapi tergantung pula pada cara perawatan yang dilakukan si pemilik kucing.

Jangan lewatkan: 16 Penyebab Bulu Kucing Rontok Beserta Cara Mengatasinya

4. Keluar Cairan Susu pada Puting Kucing


Kalau ciri fisik yang satu ini sudah menandakan kalau kucing memang sedang hamil dan tidak lama lagi akan segera melahirkan.

Ketika puting kucing sudah mengeluarkan susu, maka dapat diprediksi Ia akan melahirkan antara 2 sampai 3 minggu lagi. Untuk memastikannya, Anda bisa coba memencet puting kucing dengan lembut. Jika mengeluarkan air susu, maka kemungkinan besar kucing akan segera melahirkan.

5. Bentuk Punggung Agak Melengkung


Jika kita amati, kucing yang sedang hamil bentuk tubuhnya akan sedikit melengkung. Terutama pada bagian punggung karena bagian perutnya yang bulat  membesar. Bentuk tubuh seperti ini biasanya menjadi ciri kucing hamil tua dan akan melahirkan dalam waktu dekat.

Ciri-ciri Kucing Segera Melahirkan


Setelah kita tahu apa saja ciri dari kucing yang sedang hamil. Ada baiknya Anda juga mengetahui ciri-ciri kucing yang sudah hamil tua dan akan segera melahirkan. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami sampaikan tanda-tanda kucing akan segera melahirkan.

  1. Kucing akan modar-mandir mencari tempat yang tenang, aman, dan nyaman untuk bersarang dan melahirkan.
  2. Mengeong terus-menerus lebih sering dari umumnya.
  3. Nafsu makan akan berkurang karena instingnya tengah berkonsentrasi agar proses lahirannya dapat berjalan dengan lancar.
  4. Ketika sudah menemukan tempat yang nyaman untuk melahirkan, Ia akan lebih banyak tidur di sarangnya tersebut.
  5. Mengeluarkan cairan seperti air kencing di sekitar alat vitalnya.
  6. Sulit bergerak dan lebih sering menjilati tubuhnya.
  7. Keluarnya cairan kolustrum dari kelenjar susu.
  8. Pecahnya air ketuban.
  9. Menurunnya suhu tubuh. Gejala ini menandakan bahwa kucing akan melahirkan antara 12-24 jam lagi.
  10. Denyut jantung menjadi lebih cepat dan napasnya tampak terengah-engah.


Itulah tanda-tanda kucing akan melahirkan yang penting untuk Anda ketahui. Setelah kucing melahirkan, Ia akan mulai menjilati bayi-bayinya satu per satu. Hal ini untuk menghilangkan kantung ketuban yang dapat mengakibatkan bayi kucing sulit bernapas.

Kantung ketuban dan tali pusar bayi kucing juga akan dimakan oleh sang induk. Akhir dari proses melahirkan kucing ialah keluarnya plasenta dari rahim sang induk.

Semoga kucing persia Anda dapat melahirkan dengan selamat dan anak-anaknya dapat tumbuh menjadi kucing yang imut dan lucu.

Sumber:
kucingpedia.com
maniakucing.com

0 Comments:


Top