√ Langkah-langkah Melakukan Grooming Kucing yang Benar - Yoadit.com

Langkah-langkah Melakukan Grooming Kucing yang Benar

Yoadit.com - Cara grooming kucing sendiri yang benar merupakan hal penting untuk diketahui oleh para pemilik kucing persia. Terutama bagi pemilik kucing persia berbulu lebat, tentunya perawatan perlu dilakukan secara rutin agar penampilan dan kesehatan mereka tetap terjaga.

Langkah-langkah Melakuka Grooming Kucing yang Benar
sumber: www.46cats.com
Beberapa perawatan rutin yang perlu dilakukan oleh pemilik kucing persia, antara lain:

  • Menyisir.
  • Memandikan.
  • Memotong kuku.
  • Membersihkan telinga.
  • Membersihkan area mata.

Baca juga:
5 Tips Melakukan Grooming Kucing Sendiri di Rumah

Kelima perawatan di atas perlu Anda lakukan secara rutin, setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu. Dalam melakukan grooming, Anda juga harus jeli memeriksa beberapa kondisi, yaitu mengecek apakah ada benjolan atau luka di tubuh kucing, dan mengecek area kemungkinan serangan kutu di tubuh mereka.

Cara Grooming Kucing Persia


Bagi pemilik kucing persia yang ingin melakukan grooming sendiri di rumah, silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Pijat lembut sambil dielus tubuh kucing persia agar mereka terbiasa dengan sentuhan tangan Anda. Perlahan Ia akan merasa santai dan tidak merasa terancam.
  2. Anda bisa memeriksa bagian-bagian tubuhnya sambil memijat. Hal ini dilakukan untuk memastikan tidak ada luka, memar, atau benjolan pada tubuh kucing.
  3. Cek juga bagian telapak kaki, pastikan tidak ada duri atau permen karet yang menempel di sela jari kucing.
  4. Gunting kuku kucing. Kuku yang terlalu panjang akan mengurangi risiko Anda terluka akibat cakaran kucing. Hati-hati saat menggunting kuku kucing, jangan sampai melukai bagian jarinya.
  5. Sisir bulu kucing. Langkah ini perlu dilakukan setiap hari, terutama bagi Anda yang memiliki kucing persia berbulu cukup lebat. Hal ini berguna agar ketika dimandikan, tidak ada bulu yang kusut, selain itu juga memastikan tidak ada kutu serta bulu yang rontok di tubuhnya.
  6. Periksa juga bagian telinga, bersihkan apabila terdapat noda hitam atau kecoklatan yang biasanya menempel di dinding dalam telinga. Anda dapat memakai tisu atau alat pembersih telinga agar lebih mudah.
  7. Saatnya memandikan kucing. Langkah ini tidak perlu dilakukan setiap hari, tapi tetap terjadwal dan secara berkala. Sebelum memandikannya, pastikan bulu kucing sudah disisir secara merata agar shampoo lebih mudah untuk menyebar dan menyerap ke dalam kulitnya.
  8. Saat memandikan, gunakan shampoo dan peralatan khusus untuk memandikan kucing. Gunakan handuk yang lembut saat mengeringkannya.
  9. Pastikan kucing benar-benar kering, Anda dapat menggunakan hairdryer khusus untuk melakukannya.


Lakukan Prosedur Perawatan yang Benar


Ketika melakukan grooming ataupun perawatan lain, baiknya jangan terlalu dipaksa. Karena mereka akan tidak suka, panik, bahkan bisa berubah menjadi galak.

Perawatan kucing yang terlalu memaksa juga dapat membuat mereka trauma dan mengalami stres. Maka, pastikan merawat kucing persia sesuai prosedur grooming yang benar. Dekati dengan lembut dan santai agar kucing tidak tiba-tiba merasa terancam.

Lakukan secara bertahap dan perlahan, lama-lama kucing juga akan terbiasa. Jika kita melakukannya terburu-buru dan memaksa, bisa jadi kucing persia Anda marah dan tidak mau lagi percaya terhadap pemiliknya.

Manfaat Melakukan Grooming Kucing Persia


Melakukan grooming pada kucing kesayangan Anda dapat memberi sejumlah manfaat, di antaranya:

  • Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit kucing.
  • Mencegah penyakit atau parasit yang dapat menempel pada tubuh seperti jamur dan kutu.
  • Pemeriksaan kesehatan umum pada bagian-bagian tubuh kucing seperti mata, telinga, hidung, mulut, bulu, cakar, berat badan kucing, dan benjolan di tubuh.
  • Mencegah kerontokan bulu.
  • Membuat kucing tampak cantik dan wangi.


Pada dasaarnya, kucing dapat merawat bulunya sendiri (self-grooming). Tapi bukan berarti pemilik tidak perlu melakukan grooming terhadap kucingnya.

Seperti yang sudah disebutkan di atas dengan membantu kucing persia melakukan grooming, maka ada banyak manfaat yang bisa Anda dan kucing peroleh.

Jangan lewatkan:
Daftar Harga Grooming Terbaru di Salon Kucing

Selain itu, juga mengurangi risiko terjadinya hairball, yaitu kucing memuntahkan gumpalan bulu. Karena proses memuntahkan bulu tersebut sangat menyiksa bagi kucing dan Anda sebagai pemilik dapat mengurangi kondisi tersebut dengan sering melakukan perawatan kepadanya.

Sumber:
okdogi.com

0 Comments:


Top