Senin, 05 November 2018

Jenis dan Harga Vaksin Kucing Persia Beserta Jadwal Pemberiannya

Yoadit.com - Jenis dan harga vaksin kucing persia menjadi hal yang penting untuk diketahui oleh para pecinta kucing. Pasalnya, vaksin itu wajih dilakukan sejak anakan kucing lahir sehingga kitten dapat tumbuh dengan sehat.

Jenis dan Harga Vaksin Kucing Persia Beserta Jadwal Pemberiannya
sumber: arenahewan.com
Vaksinasi perlu dilakukan untuk mengurangi risiko kucing terserang berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus maupun penularan penyakit dari kucing kepada manusia.

Baca juga:
Ini Dia Harga Kucing Himalaya, Kucing Lucu dengan Wajah Mirip Boneka

Sebagai contoh, beberapa macam vaksin kucing yang sebaiknya diberikan sejak dini, yaitu Trikat, Tetracat, dan Rabies. Masing-masing vaksin tersebut memiliki fungsi yang berbeda sehingga semuanya perlu untuk dilakukan.

Harga vaksin kucing juga dapat bervariasi, masing-masing ada yang mulai dari harga Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

Harga tersebut masih relatif terjangkau apabila Anda sebagai pemilik kucing memang memiliki keniatan dan siap menerima berbagai konsekuensi dalam memelihara seekor kucing persia.

Jenis vaksin kucing haruslah diberikan sesuai dengan jadwal usianya supaya manfaat yang diperoleh dapat bekerja secara maksimal.

Jika kucing memang melewatkan jadwalnya, tanyakan pada dokter mengenai vaksin susulan. Dokter hewan yang baik tentu akan memberi nasihat dan gambaran jelas tentang jenis vaksin kucing yang perlu dilakukan beserta harganya.

Melakukan vaksin kucing susulan juga tidak ada salahnya, namun tetap harus sesuai dengan prosedur dari dokter hewan. Tidak ada kata terlambat dalam mengupayakan kesehatan kucing kesayangan Anda.

Jenis Vaksin Kucing, Harga dan Jadwalnya


Berikut ini kami akan membagikan uraian mengenai jenis-jenis vaksin, harga vaksin kucing, dan jadwal pemberiannya. Dokter bisa saja menyarankan vaksin jenis lain. Namun, beberapa jenis vaksin di bawah ini bisa menjadi acuan Anda dalam memberikan vaksin terhadap kucing kesayangan!

1. Vaksin Kucing Trikat


Vaksin kucing Trikat merupakan jenis vaksin yang bermanfaat untuk pencegahan sejumlah penyakit kucing seperti Feline panlecopenia dan Clamydia.

Harga vaksin kucing Trikat sekitar mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 400 ribu, tergantung merek. Vaksin ini cocok untuk diberikan pada kitten yang sudah berusia 8 – 10 minggu.

2. Vaksin Kucing Tetracat


Jenis vaksin kucing berikutnya ialah Tetracat. Vaksin Tetracat bermanfaat untuk mengurangi risiko kucing kesayangan Anda terkena penyakit Veline rhinotraceitis.

Harga vaksin kucing Tetracat berkisar antara Rp 200 ribu sampai Rp 500 ribu. Jadwal untuk vaksin ini sebaiknya diberikan pada kucing persia berusia 11 – 14 minggu.

3. Vaksin Kucing Rabies


Vaksin Rabies termasuk yang paling terkenal dan banyak diketahui pecinta kucing. Harga vaksin kucing berkisar antara Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu. Vaksin ini baik diberikan pada kucing berusia 20 – 24 minggu.

4. Vaksin Kucing Felocell


Jenis vaksin Felocell bermanfaat untuk mencegah penyakit calici pada kucing. Harganya cukup bervariasi, mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu. Jadwal pemberian vaksin kucing Felocell ialah saat kucing berusia 8 mingguan.

5. Vaksin Kucing Defensor


Jenis vaksin kucing Defensor bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit rabies pada kucing. Harga vaksin ini berkisar Rp 250 ribu atau lebih. Jadwal pemberiannya dilakukan saat kucing berusia 16 minggu.

Tips Pemberian Vaksin Kucing yang Efektif dan Aman


Bagi pecinta kucing persia, penting untuk mengetahui bagaimana cara pemberian vaksin kucing yang efektif dan aman. Untuk mengetahui lebih jelas tentang hal tersebut, silahkan simak beberapa tips berikut ini!

1. Perhatikan Usia Kucing Saat Pemberian Vaksin


Proses vaksinasi pada anak kucing umumnya dilakukan saat berusia 6-9 minggu. Namun, bila Anda adalah seorang breeder atau sering mengunjungi rumah pemilik kucing, ada baiknya vaksin dilakukan sejak kucing berusia 4-5 minggu.

Vaksin yang digunakan sebaiknya “modified live vaccines” agar potensi penularan penyakig dapat dicegah sejak dini.

2. Jangan Memberi Vaksin pada Kucing Sakit


Kucing yang boleh divaksinasi ialah kucing yang sehat. Biasanya dokter akan melakukan pengecekan terhadap kondisi kesehatan kucing sebelum divaksinasi.

3. Beri Jeda Beberapa Minggu dalam Pemberian Vaksin Berikutnya


Ketika kucing diberi vaksinasi, imunitas tubuh akan mengingat dan mengidentifikasi antigen yang diberikan. Umumnya efek dari vaksin akan mulai dirasakan selang 5 hari sejak vaksinasi.

Sedangkan untuk proses perlindungan penuh baru dapat bekerja pada hari ke 14 atau 2 mingguan. Oleh karena itu, sebaiknya beri jeda selama beberapa minggu bila ingin memberikan vaksinasi selanjutnya supaya proses vaksinasi dalam tubuh kucing dapat berjalan secara optimal.

4. Perhatikan Dosis Pemberian Vaksin


Baik anak kucing maupun kucing dewasa biasanya akan diberikan vaksin dalam dosis yang sama. Kecuali bila kucing memang memiliki masalah kesehatan tertentu yang direkomendasikan oleh dokterh hewan.

5. Lakukan Vaksin Secara Berurutan


Disarankan untuk pemberian vaksin kucing dilakukan secara berurutan dan sesuai dengan umur kucing. Umumnya, pertama kali kucing akan divaksinasi untuk penyakit tertentu, vaksinasi akan diulang kembali setelah 2—4 minggu sejak dilakukan vaksinasi pertama.

Vaksinasi pertama berfungsi untuk membentuk imunitas dasar, sedangkan vaksin berikutnya bertujuan untuk meningkatkan sistem imunitas kucing kesayangan Anda.

Begitu juga untuk jenis vaksin lainnya, biasanya ada selang waktu beberapa minggu sebelum diberikan vaksin jenis lainnya.

Bagaimana jika catatan vaksinasi sebelumnya tidak diketahui?

Bagi adopter baru, mungkin akan menemukan kendala ketika tidak mengetahui catatan dari vaksin sebelmunya. Untuk kucing yang berusia lebih dari 4 bulan tapi belum pernah diberikan vaksinasi, maka direkomendasikan untuk melakukan vaksin 2 kombinasi dengan rentang jarak 3-4 minggu.

Sedangkan untuk pemberian jenis vaksin selanjutnya diberikan sekitar setahun setelah rangkaian vaksinasi pertama dilakukan.

6. Jangan Memberi Vaksin pada Kucing Hamil atau Sakit


Seperti halnya kucing yang sedang sakit, kucing hamil atau menyusui juga sebaiknya jangan diberi obat-obatan maupun vaksin karena dapat menyebabkan kelainan dan kematian pada anak kucing.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait jenis dan harga vaksin kucing beserta jadwal pemberiannya.

Jangan lewatkan:
Daftar Harga Kucing Persia untuk Semua Jenis dan Usia

Dengan memberi vaksin pada kucing maka akan memberikan perlindungan terhadap penularan penyakit tidak hanya pada kucing persia kesayangan, tapi juga perlindungan untuk Anda sebagai pemiliknya.

Sumber:
https://www.hewan.id/harga/vaksin-kucing.html


EmoticonEmoticon