√ Meski Sibuk, Anda Tetap Bisa Jalan Sehat dengan Trik Berikut ini! - Yoadit.com

Meski Sibuk, Anda Tetap Bisa Jalan Sehat dengan Trik Berikut ini!

Yoadit.com - Jalan kaki menjadi salah satu pola hidup sehat yang memiliki banyak manfaat. Meskipun aktivitas harian begitu padat, Anda tetap bisa sehat berjalan kaki bila mengetahui beberapa tips sederhana yang akan kami bagikan pada artikel ini.

Meski Sibuk, Anda Tetap Bisa Jalan Sehat dengan Trik Berikut ini!
Jalan kaki merupakan latihan fisik paling murah dan ringan yang memberikan beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Baca juga:
Tips Naik Sepeda Motor Bagi Wanita dan Ibu-ibu

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa jalan kaki dapat menjadi cara terbaik untuk menurunkan berat badan, menjaga berat badan ideal, mencegah diabetes, hingga mengatasi stres.

Seorang spesialis kedokteran olahraga bernama Andi Kurniawan mengungkapkan bahwa sebenarnya jalan kaki sudah termasuk latihan fisik yang bersifat kardio. Jalan kaki sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru.

Namun, untuk memperoleh manfaat yang maksimal dari berjalan kaki, setidaknya Anda harus melakukan aktivitas ini selama 30 menit tiap hari.

Risiko terjadinya penyakit kardiovaskuler dapat diturunkan dengan melakukan jalan kaki secara teratur selama 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu.

Aktivitas Jalan Kaki yang Dianjurkan


Lantas, seperti apa jalan kaki yang dianjurkan? Jalan kaki yang disarankan yaitu dilakukan dengan intensitas sedang hingga napas kita seperti terengah-engah. Bukan jalan-jalan santai dengan intensitas ringan seperti di mall atau pusat perbelanjaan.

Jalan kaki yang membuat napas terengah-engah sangat baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru. Jadi, seperti berjalan cepat sehabis berlari. Sedangkan jika hanya jalan-jalan santai, intensitasnya terlalu ringan sehingga Anda kurang memperoleh manfaatnya dengan maksimal.

Terutama bagi Anda yang memiliki masalah kegemukan. Berjalan kaki sangat aman dan minim risiko terjadinya cidera karena tidak ada fase melayang yang dapat memberatkan beban di kaki.

Selain itu, bagi Anda yang baru pulih dari sakit, jalan kaki menjadi latihan fisik yang baik dan aman untuk dilakukan.

Waktu untuk Berjalan Kaki Bagi Orang Sibuk


“Lho, saya kan sibuk. Kapan ya bisa meluangkan waktu untuk aktivitas jalan kaki yang sehat?”

Seringkali kesibukan yang padat dijadikan alasan untuk tidak melakukan latihan fisik. Padahal, ada banyak waktu dan kesempatan yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan manfaat sehat jalan kaki.

Misalnya saja dengan ke tempat kerja menggunakan transportasi umum. Cara ini akan memaksa Anda untuk selalu berjalan kaki, naik turun tangga, menyeberang jalan, hingga berlari-lari kecil.

Salah satu trik untuk memaksimalkan jalan kaki Anda ialah dengan turun satu halte sebelum halte tujuan. Jadi, Anda dapat berjalan kaki agak jauh untuk menuju tempat kerja.

Sedangkan bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya parkir kendaraan di tempat yang jauh dari pintu masuk kantor. Selain itu, Anda juga dapat memaksimalkan latihan fisik dengan naik-turun tangga dan tidak menggunakan lift (elevator).

Tips sehat lainnya ialah sering minum air putih saat berada di tempat kerja. Banyak minum tidak hanya baik untuk merehidrasi tubuh, tapi juga akan membuat Anda lebih sering berjalan kaki ke pantry atau dapur kantor.

Atau ketika menerima panggilan telepon, Anda dapat mengangkatnya sambil berjalan sehingga akan lebih banyak gerak meskipun Anda seharian di kantor. Ingatlah, bekerja duduk terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan.

Saat tiba jam makan siang, baiknya Anda membeli makanan sendiri. Tidak ada salahnya jalan kaki ke luar kantor untuk menghirup udara segar dan meregangkan otot.

Jangan lewatkan:
Apakah Kopi Berbahaya Untuk Kesehatan?

Jadi dengan melakukan trik-trik di atas, kesibukkan tidak akan lagi menghalangi Anda untuk melakukan latihan fisik. Jangan lupa pula untuk mengimbangi pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

sumber:
www.kompasiana.com

0 Comments:


Top