Senin, 05 November 2018

Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic dan Fakta Keunikannya

Yoadit.com - Jenis kucing persia exotic merujuk pada kucing persia pesek berbulu pendek (shorthair). Exotic shorthair memiliki bentuk fisik dan karakter sifat mirip dengan kucing persia pada umumnya, hanya saja kucing ini memiliki bulu yang pendek.

Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic dan Fakta Keunikannya
sumber: kucing.org
Sejarah kucing jenis ini pertama kali dikembangkan oleh para Breeder American Shorthair di akhir tahun 1950an.

Baca juga:
Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia

Berawal dari keinginan untuk meningkatkan kualitas warna bulu ras kucing American Shorthair, namun usaha tersebut gagal karena hasilnya membuat kucing American Shorthair menjadi bertulang besar, berkepala bulat, berhidung pesek, dan memiliki bulu yang lebih panjang dari biasanya.

Sebagian besar breeder American shorthair tidak suka dengan hasil persilangan tersebut dan langsung mendikualifikasi apabila ada kucing dengan tanda-tanda seperti hasil persilangan itu.

Selanjutnya, ada salah satu breeder bernama Jane Martinke yang melakukan persilangan Persia-American Shorthair dan melihat potesi kucing tersebut sebagai ras baru, dan mendaftarkan jenis kucing ini ke CFA (Cat Franciers Asociation). CFA kemudian baru mengakui ras kucing baru ini dengan nama Kucing Persia Exotic di tahun 1967.

FIFe (Federation Internationale Feline) baru mengakui kucing ras ini di tahun 1986. Kemudian dilakukan persilangan dengan ras kucing lain seperti Russian Blue dan Burmese sebagai upaya memperbaiki ras kucing Persia Exotic, namun sejak tahun 1987, kucing Exotic Shorthair hanya boleh disilangkan dengan kucing Persia saja.

Ciri-ciri Kucing Persia Exotic


Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic dan Fakta Keunikannya
sumber: www.meongku.com
Terkadang ada beberapa Kucing Exotic Shorthair yang membawa gen resesif longhair. Misalnya, bila Anda mengawinkan 2 kucing Exotic Shorhair, dari 4 anak yang dilahirkan, kemungkinan tetap ada 1 ekor kitten dengan bulu yang panjang.

Namun demikian, Exotic Longhair tidak dianggap sebagai kucing ras persia oleh pihak CFA meskipun ada pula beberapa asosiasi kucing seperti TICA dan The International Association yang menganggap Exotic Longhair termasuk jenis kucing Persia.

Karakter Fisik Jenis Kucing Persia Exotic


Kucing Persia Exotic Shorthair memiliki karakter fisik yang sangat mirip dengan jenis kucing Persia, antara lain:

  • Kepala berbentuk oval dan padat.
  • Hidung kecil atau pesek.
  • Bertelinga kecil dengan ujungnya berbentuk bulat.
  • Terdapat bulu-bulu halus di bagian dalam jarak antar lebar kucing.
  • Mata besar dan bulat sehingga terlihat lucu dan menggemaskan.
  • Warna mata biasanya mengikuti warna bulu.
  • Ukuran badannya medium dan berbentuk cobby.
  • Bahu yang padat.
  • Tulang besar dan otot yang kuat.
  • Berat badan kucing sekitar 3,5 sampai 6 kg.
  • Ekornya agak pendek, tebal, dan bulat diujungnya.
  • Dibandingkan dengan kucing persia, bulunya lebih pendek.
  • Warna dan pola hampir mirip dengan kucing Persia pada umumnya, seperti solid, bicolours, tabbies, tortoiseshells, shaded, tipped, dan colour pointed.


Karakter Sifat Jenis Kucing Persia Exotic


Karakter sifat Kucing Persia Exotic sangat mirip dengan kucing persia, lembut dan tenang. Namun kucing ini lebih aktif dibandingkan kucing persia.

Kucing persia exotic memiliki sifat penasaran dan senang bermain. Ia sangat bersahabat dengan kucing maupun anjing lainnya.

Namun, kucing persia exotic tidak suka ditinggal sendiri dan sangat membutuhkan kehadiran pemiliknya. Kucing ini cenderung ingin menunjukkan rasa sukanya serta loyal kepada sang pemilik.

Sifatnya yang tenang, membuatnya dapat lebih hidup dengan pemiliknya di rumah-rumah ataupun apartemen perkotaan. Jenis kucing persia exotic lebih energetik dan ahli menjadi pemburu tikus karena memiliki darah keturunan dari American Shorthair.

Cara Perawatan dan Grooming Kucing Persia Exotic


Perawatan kucing persia exotic tergolong mudah karena hanya membutuhkan sedikit bantuan pemiliknya untuk membuat bulu kucing tetap rapih dan bersih. Kucing persia exotic hanya perlu disisir seminggu sekali untuk membuang bulu yang rontok sehingga mencegah terjadinya hairball.

Kendala pada kucing persia exotic seringkali mengeluarkan air mata berlebih sehingga harus sering pula dibersihkan agar tidak meninggalkan noda di area matanya.

Baca juga:
Jenis dan Harga Vaksin Kucing Persia Beserta Jadwal Pemberiannya

Anda dapat membersihkan air matanya dengan dengan kain lembut dan air hangat secara rutin supaya noda tidak membekas. Kucing persia exotic sangat cocok bagi pecinta kucing persia yang tidak memiliki waktu senggang untuk mengurus bulu kucing persia yang panjang.

Fakta-fakta Menarik Kucing Persia Exotic


Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic dan Fakta Keunikannya
sumber: hewanpeli.com
Kucing persia memang terkenal dengan bulunya yang lebat dan indah. Namun ras kucing persia exotic memiliki bulu yang pendek. Berikut ini kami bagikan beberapa fakta menarik tentang kucing persia exotic yang lainnya.

1. Hasil Perkawinan Silang


Jenis kucing persia exotic merupakan ras kucing baru dari hasil kawin silang antara kucing Persia silver dengan kucing American Shorthair. Dari perkawinan silang tersebut tidak hanya mendapatkan variasi warna bulu dan mata yang indah, tapi juga struktur dasar tubuh kucing kuat.

2. Mendorong Terjadinya Banyak Perkawinan Silang


Sejak awal kemunculan kucing persia exotic. Perkawinan silang antar kucing persia semakin menjamur dan menghasilkan banyak kucing persia dengan jenis serta bulu yang indah.

3. Ada juga yang Berbulu Panjang


Bulu kucing persia exotic memang pendek, dan indah. Namun ternyata ada juga lho kucing persia exotic yang berbulu panjang. Hal ini karena gen dari induknya yang memungkinkan 1 dari 4 anak kucing persia exotic lahir dengan bulu panjang.

4. Memiliki Bentuk Ekor yang Unik


Umumnya kucing persia memiliki ekor yang panjang dan melengkung di atas punggung. Berbeda dengan kucing persia exotic yang bentuknya lebih tebal dan bulat seperti sosis.

5. Memiliki Bulu yang Bagus Tapi Gampang Rontok


Bulu kucing persia exotic memang terlihat indah, tapi sayangnya mudah rontok. Oleh karena itu, pemilik kucing jenis ini perlu menyisir bulu yang rontok tersebut agar tidak tertelan dan menyebabkan hairball pada perut kucing.

6. Kucing Terpopuler di Dunia


Selama 3 tahun sejak tahun 2011, kucing persia exotic ditetapkan sebagai peringkat 1 kucing terpopuler di dunia versi Cat Fanciers Association (CFA), sedangkan kucing persia berada di peringkat 2.

7. Suka Dimanja


Kucing persia exotic sangat suka dimanja oleh pemiliknya. Bahkan, Ia tidak suka bila ditinggal sendiri oleh pemiliknya. Kucing persia exotic juga dikenal sangat ramah dan tidak agresif, bahkan dengan kucing lain atau anjing sekalipun.

8. Aktif dan Cerdas


Meski terkadang tampak tenang, jenis kucing persia exotic akan menjadi sangat aktif dan cerdas ketika diajak main oleh pemiliknya.

9. Selalu Penasaran


Kucing Persia Exotic memiliki rasa penasaran yang besar. Tidak jarang rasa keingintahuannya yang besar itu membawanya pada pengalaman yang membahayakan. Pemilik perlu sabar dan waspada dalam merawat jenis kucing persia exotic.

Jangan lewatkan:
Ini Dia Harga Kucing Himalaya, Kucing Lucu dengan Wajah Mirip Boneka

Itulah sejumlah fakta menarik dari kucing persia exotic. Semoga informasi tentang jenis kucing persia exotic dan fakta keunikannya di atas dapat bermanfaat bagi para pecinta kucing.


EmoticonEmoticon