Selasa, 06 November 2018

Ciri-ciri Jenis Kucing Persia Flatnose, Beserta Harga dan Cara Perawatannya

Yoadit.com - Bagaimana mengenali jenis kucing persia flatnose? Seperti kita ketahui, ras kucing persia memiliki beberapa jenis, antara lain persia medium, persia peaknose, persia himalaya, persia exotic, dan persia flatnose. Masing-masing memiliki ciri yang berbeda.

Ciri-ciri Jenis Kucing Persia Flatnose, Beserta Harga dan Cara Perawatannya
sumber: dinimiswari.wordpress.com
Perbedaan atau ciri-ciri yang paling utama dapat dilihat dari bentuk wajah, bentuk tubuh, hingga bentuk bulu. Dan untuk kesempatan kali ini kita akan membahas tentang jenis kucing persia flatnose, ciri-ciri, harga, hingga cara perawatannya.

Untuk lebih jelasnya lagi, mari kita simak ulasan lengkap dari kami berikut ini!

Asal Usul Jenis Kucing Persia Flatnose


Sejarah kucing persia flatnose pertama kali dikembangkan di Amerika Serikat. Jenis kucing ini merupakan hasil persilangan antara persia peaknose dengan persia medium.

Itulah mengapa kucing ini tidak memiliki hidung yang begitu pesek seperti persia peaknose, dan juga tidak begitu mancung seperti persia medium.

Ciri-ciri Fisik Kucing Persia Flatnose


Ciri-ciri kucing persia flatnose yang utama ialah pada bentuknya hidungnya yang datar dan sejajar dengan muka. Namun, hidung kucing persia flatnose tidak sepesek kucing persia peaknose. Sedangkan bentuk kepalanya tidak terlalu bulat, dan cenderung kotak.

Kucing persia flatnose memiliki bulu yang panjang di bagian badan hingga ekor. Sementara matanya berukuran kecil dan bulat dengan bentuk tubuh yang agak gemuk.

Pada bagian telinga, kucing persia flatnose memiliki bentuk yang kecil dan meruncing di bagian ujungnya dan letak antar kedua telinganya agak berjauhan.

Pada bagian kaki, kucing persia flatnose memiliki kaki yang sedikit pendek. Namun, tidak terlalu pendek. Oleh karena bentuk tubuh dan wajahnya yang lucu, jenis kucing persia flatnose cukup digemari para pecinta kucing di Indonesia.

Baca juga:
Mengenal Jenis Kucing Persia Exotic dan Fakta Keunikannya

Karakter Sifat Kucing Persia Flatnose


Ciri-ciri Jenis Kucing Persia Flatnose, Beserta Harga dan Cara Perawatannya
sumber: blograhman.com
Kucing persia flatnose termasuk jenis kucing yang aktif dan senang bermain. Tingkahnya sangat lucu dan menghibur. Cocok juga nih untuk dijadikan sebagai obat stres, galau, dan sedih bagi para pemiliknya.

Oleh karena itu bagi pecinta kucing, persia flatnose menjadi salah satu kucing persia yang disarankan untuk diadopsi atau dipelihara.

Perbedaan Kucing Persia Flatnose dengan Peaknose


Bila Anda ingin mengadopsi kucing persia flatnose ada baiknya ketahui dulu apa saja perbedaan persia flatnose dan peaknose. Karena keduanya memang hampir mirip, namun tetap memiliki perbedaan.

Seperti ciri-ciri yang sudah kami sebutkan di atas, kucing persia flatnose memiliki bentuk hidung yang datar, tapi tidak sepesek kucing persia peaknose. Kepalanya cenderung kotak, dengan mata yang kecil dan bulat. Kakinya tidak terlalu panjang dan juga tidak terlalu pendek.

Sedangkan kucing persia peaknose memiliki hidung yang sangat pesek dan lebih pesek dari persia flatnose. Untuk membedakannya dengan persia flatnose, bisa coba Anda lihat tampilan peaknose dari samping.

Baca juga:
Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia

Wajahnya akan terlihat rata dengan bentuk kaki yang tergolong sangat pendek sehingga kucing peaknose agak sulit untuk meloncat jauh dan tinggi.

Daftar Harga Kucing Persia Flatnose


Sebagai bahan referensi untuk Anda yang ingin mengadopsi kucing persia flatnose, berikut ini kami bagikan informasi terkait daftar harganya:

  • Harga kucing persia flatnose umur 3 bulan dan belum divaksin: Rp 2,5 juta – 4 juta.
  • Harga kucing persia flatnose umur 3 bulan sudah divaksin: Rp 3 juta – 4,5 juta.
  • Harga kucing persia flatnose umur 6 bulan belum divaksin: Rp 4 juta – 5 juta.
  • Harga kucing persia flatnose umur 6 bulan sudah divaksin: Rp 5 juta – 6 juta.

*) Harga di atas bisa berubah, dan bisa berbeda-beda tergantung lokasi.

Jangan lewatkan:
Daftar Harga Kucing Persia untuk Semua Jenis dan Usia

Tips Merawat Kucing Persia Flatnose


Sebelum Anda memutuskan untuk mengadopsi kucing persia flatnose, ada baiknya ketahui dulu tips-tips dalam merawat kucing persia flatnose berikut ini:

1. Rajin Menyisir Bulu Secara Rutin


Dalam merawat kucing persia flatnose, pemilik harus memperhatikan bulu kucing karena persia flatnose memiliki bulu yang panjang sehingga Anda harus rajin menyisirnya secara rutin.

Hal ini menjadi perawatan paling mendasar dalam memelihara kucing persia flatnose agar kesehatan bulunya tetap dapat terjaga.

2. Bersihkan Bagian Mata dan Hidung Setiap Hari


Seperti kebanyakan kucing persia berhidung pesek, jenis kucing ini akan mengeluarkan cairan mata lebih banyak dibandingkan dengan persia medium yang berhidung mancung.

Oleh karena itu, pemilik harus rajin dan rutin dalam membersihkan area sekitar mata dan hidung agar tidak membekas serta meninggalkan noda hitam yang akan membuat kucing tampak kotor.

3. Berikan Pakan yang Bergizi


Hal berikutnya yang penting untuk diperhatikan ialah jenis pakan yang diberikan. Pastikan pemilik kucing memberi makan kucing dengan pakan yang bernutrisi. Tentu harus disesuaikan dengan usianya agar si kucing dapat tetap prima dan sehat.

4. Berikan Vaksin Sesuai Jadwal


Pemberian vaksin juga sangat penting untuk kesehatan kucing. Terutama bila kucing Anda belum pernah divaksin sebelumnya. Konsultasikan vaksin yang tepat dengan dokter hewan, hindari memberi vaksin sendiri, terutama jika Anda adalah pemula sebagai pemilik kucing persia.

Simak pula:
Jenis dan Harga Vaksin Kucing Persia Beserta Jadwal Pemberiannya

5. Mandikan Kucing Secara Rutin


Memandikan kucing bermanfaat bagi kebersihan dan kesehatan tubuh kucing. Memandikan kucing secara rutin juga dapat mengurangi kutu yang ada di tubuhnya.

6. Jaga Kebersihan Kandang


Jangan lupa juga untuk pemilik kucing persia flatnose agar menjaga kebersihan kandang kucing kesayangannya.

Terutama pada kotak pasir tempat kotoran kucing. Buang kotoran kucing setiap pagi dan sore agar terhindar dari bakteri yang dapat menyebabkan kucing dan pemilik terserang penyakit.

7. Jemur Kucing Saat Pagi Hari


Tips merawat kucing persia flatnose selanjutnya ialah dengan mengajaknya berjemur saat pagi hari. Sinar matahari pagi sangat baik untuk kesehatan dan pertumbuhan kucing. Terutama untuk menghilangkan jamur yang timbul akibat kondisi ruangan yang lembab.

8. Ajak Bermain


Luangkan waktu untuk mengajak kucing Anda bermain. Aktivitas ini sangat penting untuk membuat kucing tetap sehat dan tidak stres.

Jangan lewatkan:
Ciri-ciri Kucing Sakit dan Cara Menyembuhkannya Tanpa Harus Pergi Ke Dokter

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan terkait kucing persia flatnose. Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pecinta kucing. Sayangi kucing Anda dan rawat dengan penuh kasih sayang.

sumber:
https://kucingpedia.com/


EmoticonEmoticon