√ 16 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar di Indonesia - Yoadit.com

16 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar di Indonesia

Yoadit.com - Umumnya lulusan SMA/sederajat yang ingin mendaftar di perguruan tinggi akan memilih jurusan kuliah yang favorit. Sebut saja Jurusan Ekonomi, Kedokteran, atau Teknik Informatika.

Jurusan favorit, berarti memiliki peminat yang banyak. Tentu saja persaingan untuk masuk ke jurusan tersebut juga semakin berat karena kuota calon mahasiswa yang terbatas.

16 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar di Indonesia
sumber: yukkitaberkarya.blogspot.com
Mungkin Anda bisa mencoba lihat dan pertimbangkan jurusan yang peminatnya tidak terlalu banyak karena dengan begitu persaingannya di dunia kerja pun juga akan lebih sedikit sehingga peluang untuk Anda dapat bekerja sesuai dengan bidang kuliah yang ditekuni akan semakin besar.

Baca juga: 6 Jurusan Kuliah untuk Wanita yang Ingin Berpenghasilan Lebih Tinggi dari Pria

Berikut ini kami bagikan jurusan kuliah yang sedikit peminat tapi memiliki peluang kerja yang besar. Apa saja ya kira-kira? Simak ulasan kami di bawah ini!

1. Jurusan Kuliah Administrasi Negara


Di antara Jurusan IPS lain, jurusan ini termasuk yang sepi peminatnya. Dalam program studi ini Anda akan mempelajari tentang tiga elemen dalam negara, yaitu fungsi legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Meski jurusan Administrasi Negara bisa dikatakan sepi peminat, namun passing grade untuk dapat lolos masuk ke jurusan ini juga cukup sulit lho.

Berdasarkan data tahun 2017 yang dilansir oleh mamikos.com, untuk dapat lolos masuk ke Jurusan Administrasi Negara harus melewati passing grade 45,30 persen di Universitas Padjajaran Bandung, dan 42,7 persen di Universitas Indonesia.

2. Jurusan Kuliah Sastra Rusia


Kalau jurusan yang satu ini memang tergolong sepi peminat bila dibandingkan dengan jurusan sastra bahasa lainnya seperti Sastra Inggri atau Sastra Korea.

Meski bahasa Rusia terkenal sangat sulit, namun peluang kerja sebagai penerjemahnya memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan.

Tentu saja, karena orang Indonesia yang mampu bahasa Rusia masih tergolong sedikit sehingga ketika ada instansi atau perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang berkaitan dengan bahasa Rusia, Anda lah yang akan dicari.

3. Jurusan Kuliah Aktuaris


Semakin baiknya perkembangan bidang asuransi di Indonesia membuat banyak instansi yang membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang aktuaris. Lulusan jurusan Aktuaris nantinya akan mampu menghitung risiko sekaligus biaya bagi perusahaan asuransi.

4. Jurusan Kuliah Filsafat


Ilmu Filsafat menuntut Anda untuk dapat menggunakan logika berpikir dengan bahasa yang mendalam. Banyak lulusan dari jurusan filsafat yang berkecimpung di dunia ilmu pengetahuan.

Selain itu, Anda juga dapat menjadi penasihat dalam sebuah penelitan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan maupun pemerintah.

5. Jurusan Kuliah Ilmu Perpustakaan


Kalau Anda mengira jurusan Ilmu Perpustakaan nanti kerjanya hanya merapikan buku-buku, maka Anda salah besar. Padahal, jurusan Ilmu Perpustakaan dapat meniti karir lebih dari itu.

Dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari tentang cara pengumpulan, pengorganisasian, serta penyebarluasan sumber informasi yang ada di perpustakaan.

Nantinya, jurusan Ilmu Perpustakaan akan diarahkan menjadi tenaga ahli untuk semua jenis perpustakaan maupun lembaga informasi, lembaga arsip, lembaga dokumentasi, ataupun lembaga manajemen rekod.

Setiap perusahaan pasti memiliki dokumen-dokumen atau arsip yang disimpan dalam sebuah ruangan. Di sinilah nantinya Anda juga akan dapat bekerja.

6. Jurusan Kuliah Ilmu Fisika


Tahu enggak sih, kalau ternyata Jurusan Ilmu Fisika belum begitu banyak diminati lho. Dalam jurusan ini juga Anda dapat memilih spesialisasi seperti Fisika Nuklir dan partikel, Fisika Material, dan lain-lain.

Lulusan sarjana Ilmu Fisika juga banyak dibutuhkan pada LIPI, BMKG, perusahaan minyak dan tambang, serta perusahaan telekomunikasi.

Jangan lewatkan: Kupas Tuntas Prospek Kerja Lulusan Teknik Fisika

7. Jurusan Kuliah Ilmu Kimia


Bagi Anda yang tertarik untuk mendalami ilmu kimia, jurusan ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Beberapa peminatan juga disediakan untuk mahasiswanya, seperti Kimia Hayati, Kimia Non-Hayati, dan Bioteknologi Industri.

Prospek kerja lulusan Ilmu Kimia juga sebenarnya cukup luas. Beberapa di antaranya Anda bisa bekerja di bidang penelitian, industri, jasa, maupun pendidikan.

8. Jurusan Kuliah Budidaya Perikanan


Budidaya Perikanan juga termasuk jurusan kuliah yang tidak memiliki banyak peminat. Jumlah lulusannya masih tergolong sedikit, padahal Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang perikanan. Jadi, prospek kerja jurusan Budidaya Perikanan ke depannya sangat menjanjikan.

9. Jurusan Kuliah Geofisika


Jurusan ini banyak membahas tentang Ilmu Fisika dan Matematika. Mungkin inilah yang menjadikannya sepi peminat dibandingkan dengan jurusan-jurusan IPA yang lainnya.

Ketika memilih jurusan ini, nantinya Anda akan banyak mempelajari tentang ilmu bumi dan lingkungan. Prospek kerjanya juga tergolong bagus karena jumlah lulusannya masih belum begitu banyak.

10. Jurusan Kuliah Teknik Biomedis


Lulusan Biomedis juga memiliki peran yang tidak kalah penting dari dokter. Seorang biomedical engineer (teknobiomedik) sangat dibutuhkan untuk menangani teknik dan prosedur di dunia kesehatan, mulai dari analisis, diagnosis, instrumen kesehatan, hingga rekayasa medis.

11. Jurusan Kuliah Oceanografi


Oceanografi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek kelautan, mulai dari organisme dan dinamika ekosistem laut, gelombang, arus samudra, geologi dasar laut, dan masih banyak lagi.

Indonesia memiliki wilayah laut yang luas, dan sekarang ini sedang menguatkan sektor maritimnya. Inilah alasan mengapa jurusan kuliah oceanografi memiliki prospek kerja yang sangat bagus. Bahkan, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang tinggi jika nanti bekerja di bidang ini.

12. Jurusan Kuliah Astronomi


Pada jurusan kuliah Astronomi, Anda akan banyak mempelajari hal yang berkaitan dengan antariksa. Banyak yang beranggapan kalau jurusan ini mempelajari hal-hal yang sulit, seperti fisika, matematika, dan ilmu astronomi. Itulah mengapa jurusan ini masih tergolog sepi peminatnya.

Padahal, ada banyak keseruan lho saat Anda menekuni pendidikan di jurusan ini. Anda dapat mengamati dan mempelajari benda-benda langit, hingga berbagai fenomena alam yang terjadi di luar atmosfer bumi.

Prospek kerja bagi lulusan Astronomi juga termasuk bagus, nantinya Anda dapat bekerja di LAPAN, BMKG, Observatorium, NASA, atau bahkan menjadi seorang Astronot.

13. Jurusan Kuliah Teknik Pengairan


Sebagai negara agraris, Indonesia juga membutuhkan banyak tenaga ahli di bidang pengairan seperti irigasi di persawahan, pembuatan dan pengoperasian waduk, pemanfaatan sungai, hingga saluran air di bangunan perkotaan.

Itulah mengapa Jurusan Teknik Pengairan sebenarnya memiliki prospek kerja yang bagus. Namun, sayangnya jumlah lulusan di bidang ini masih cukup sedikit.

14. Jurusan Kuliah Ahli Perkapalan


Sebagai negara dengan banyak pulau, Indonesia memiliki aktivitas perkapalan yang cukup luas. Apalagi seiring penguatan kemaritiman Indonesia, tentunya tenaga ahli di bidang perkapalan akan sangat dibutuhkan di masa depan.

15. Jurusan Kuliah Kehutanan


Indonesia juga memiliki kawasan hutan yang luas, bahkan beberapa belum pernah terjamah. Tenaga lulusan kehutanan tentunya akan sangat dibutuhkan di bidang ini.

16. Jurusan Kuliah Teknik Nuklir


Jangan salah, teknik nuklir bukan berarti Anda akan diajarkan membuat bom yah! Di bidang ilmu ini, Anda akan diajarkan seputar radiasi nuklir, reaktor nuklir, dan berbagai hal yang berkaitan dengan nuklir yang pemanfaatannya digunakan untuk energi, kedokteran, maupun pertanian.

Jurusan ini masih tergolong sepi peminat, padahal lulusan Teknik Nuklir nantinya akan memiliki penghasilan atau gaji yang besar.

Lanjutkan membaca: 22 Jurusan Kuliah IPA yang Menjamin Masa Depan dan Banyak Dibutuhkan di Dunia Kerja

Demikian informasi dari kami tentang jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar. Sekarang Anda sudah memiliki sedikit gambaran untuk memilih jurusan kuliah apa yang cocok. Jangan sampai salah pilih jurusan kuliah ya! Karena akan menentukan masa depan Anda nantinya.

Sumber:
http://kaltim.tribunnews.com

0 Comments:


Top