Rabu, 07 November 2018

6 Tips Merawat Kucing Persia Peaknose

Yoadit.com - Setelah sebelumnya kami mengulas tentang ciri-ciri fisik dan harga kucing Persia Peaknose. Posting kami berikut ini akan membagikan tips-tips dalam merawat kucing persia peaknose.

6 Tips Merawat Kucing Persia Peaknose
Jangan sampai, saat kita mengadopsi kucing persia peaknose tapi tidak tahu bagaimana cara perawatannya. Oleh karena itu, penting sekali untuk Anda mencari tahu berbagai pengetahuan maupun informasi terkait perawatan kucing persia, khususnya jenis kucing persia peaknose.

Baca juga:
Foto-foto Kucing Lucu Sedunia

Kucing persia pada umumnya memiliki bulu yang lebat dan panjang. Oleh sebab itu, perawatannya pun tidak bisa dilakukan sembarangan.

1. Bersihkan dan Sisir Bulu Kucing Secara Rutin


Pemilik kucing persia peaknose harus rajin dalam menyisir dan membersihkan bulu kucing setiap hari. Terutama jika Anda ingin si kucing tetap memiliki bulu yang panjang dan indah.

Dengan menyisir dan membersihkannya setiap hari, kucing persia Anda akan tampak lebih rapi dan indah, serta tidak ada bulu yang menggumpal atau gimbal.

Bulu kucing yang menggimbal dapat menyebabkan kerontokan, dan juga dapat berpengaruh pada kesehatan kucing.

Untuk membersihkan bulu kucing dari debu yang menempel, Anda dapat menyeka bulu menggunakan tisu bayi.

2. Rutin Bersihkan Telinga Kucing 


Selain menyisir dan membersihkan bulu, pemilik kucing persia peaknose juga harus membersihkan telinga kucing secara rutin. Telinga kucing yang jarang bahkan tidak pernah dibersihkan dapat menjadi sarang kuman dan bakteri. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kesehatan kucing.

3. Potong Kuku Kucing

Sebenarnya, langkah ini opsional saja. Tapi bila Anda tidak ingin sofa atau furniture Anda rusak karena cakaran kucing, ada baiknya memotong kuku kucing secara rutin. Hal ini juga untuk mencegah Anda atau anak-anak terkena cakaran kucing saat bermain dengannya.

4. Beri Kucing Anda Vitamin


Tips berikutnya penting untuk dilakukan. Pemberian vitamin pada kucing persia peaknose akan membuatnya lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Beberapa jenis vitamin juga ada yang bermanfaat untuk memanjangkan dan bulu, serta ada pula yang untuk menggemukkan kucing.

5. Lakukan Vaksinasi Sesuai Jadwal


Selain pemberian vitamin, Anda juga perlu melakukan vaksin untuk kucing Anda. Hal ini sangat penting untuk membuat daya tahan tubuhnya tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

6. Jaga Kebersihan Kandang


Bagi pemilik yang menempatkan kucingnya di dalam kandang, perhatikan juga kebersihan kandang. Jangan lupa, buang kotoran kucing pada box pasir secara rutin setiap pagi dan sore.

Simak juga:
Jenis dan Harga Vaksin Kucing Persia Beserta Jadwal Pemberiannya

Demikian beberapa tips merawat kucing persia peaknose yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Simak juga informasi menarik lainnya seputar kucing persia di blog kami.


EmoticonEmoticon