√ Ciri-ciri Kucing Ragdoll, dan Keunggulannya Sebagai Hewan Peliharaan di Rumah - Yoadit.com

Ciri-ciri Kucing Ragdoll, dan Keunggulannya Sebagai Hewan Peliharaan di Rumah

Yoadit.com - Kucing Ragdoll merupakan ras kucing peliharaan terbesar di dunia. Seperti ras kucing terbesar lainnya, Maine Coon yang berat tubuhnya dapat mencapai 15 kg.

Padahal berat badan kucing pada umumnya hanya 7,5 kg – 10 kg untuk kucing jantan, dan 5 kg - 7,5 kg untuk kucing betina.

Sejarah kucing Ragdolls pertama kali dikembangkan oleh seorang peternak kucing persia asal Amerika bernama Ann Baker.

Kabarnya, kucing Ragdoll merupakan hasil persilangan gen antara kucing ras persia, kucing birman, dan kucing burmese.

Baca juga:
10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Perlu Anda Ketahui

Kucing yang mulanya ditemukan pada tahun 1960 ini memiliki nama yang unik, Ragdoll, berasal dari boneka kain (rag doll).

Umumnya Kucing Ragdoll memiliki tubuh yang besar dan berotot dengan mata berwarna biru. Tubuh kucing Ragdoll dapat tumbuh dengan ukuran mencapai maksimal hingga usia 3 tahun.

Ciri-ciri Kucing Ragdoll


Ciri-ciri Kucing Ragdoll, dan Keunggulannya Sebagai Hewan Peliharaan di Rumah
sumber: fjb.kaskus.co.id
Kucing Ragdoll memiliki ciri-ciri yang mencolok sehingga mudah dikenali. Tetapi, ciri-ciri tersebut memang agak mirip dengan kucing Himalaya, yaitu pada bagian muka di mana terdapat warna lebih gelap atau kecokelatan dibandingkan bulu lainnya.

Jangan lewatkan:
Asal-Usul Jenis Kucing Persia Himalaya

Ciri-ciri Fisik Kucing Ragdoll


  • Memiliki ukuran tubuh yang besar, dada yang lebar, dan panggul yang cukup besar.
  • Berat rata-rata kucing Ragdoll jantan antara 12-20 pon, sedangkan untuk yang betina sekitar 10-15 pon.
  • Panjang bulunya terbilang sedang, namun memiliki tekstur yang halus seperti bulu kelinci.
  • Warna bulu cukup variatif, beberapa di antaranya seperti Mited, Vanda, Bicolor, dan warna point yang memang digolongkan dalam bentuk tortie, lynk ataupun solid.
  • Bagian mata umumnya berwarna biru oval.


Ciri-ciri Karakter Kucing Ragdoll


  • Suaranya lembut.
  • Bersahabat dan tidak suka mengganggu.
  • Manja.
  • Aktif, suka bermain dan cukup mudah dilatih.


Cara Merawat Kucing Ragdoll


Cara merawat kucing Ragdoll bisa dikatakan tidak sulit karena Ia memiliki bulu semi longhair. Kucing ini dapat merawat bulunya secara mandiri.

Meski demikian, Anda sebagai pemilik juga perlu melakukan perawatan grooming, setidaknya 2 hari sekali secara rutin, serta memberikannya makanan yang berkualitas baik.

Saat memandikan kucing, pastikan Anda menggunakan Shampoo khusus kucing. Sesudah dimandikan, Anda harus mengeringkannya sambil terus menyisir bulu hingga kucing benar-benar kering.

Pemilik juga perlu menyisir bulu kucing setiap hari agar tetap halus dan rapi, serta terhindar dari bulu rontok yang menggumpal di tubuhnya.

Pemberian makanan bisa yang berjenis makanan basah (wet food) ataupun makanan kering (dry food). Makan kucing Ragdoll banyak tersedia di petshop, namun pastikan Anda memberinya makanan yang berprotein tinggi.

Selain makanan, perhatikan juga vaksinasi dan pemberian vitamin untuk kucing supaya Ia lebih sehat dan terhindar dari beragam penyakit.

Anda pasti suka:
Langkah-langkah Melakukan Grooming Kucing yang Benar

Keunggulan Kucing Ragdoll


Ciri-ciri Kucing Ragdoll, dan Keunggulannya Sebagai Hewan Peliharaan di Rumah
sumber: demo.cattery.co.id
Kucing Ragdoll memiliki banyak keunggulan yang membuatnya juga disukai oleh para pecinta kucing. Beberapa keunggulan kucing Ragdoll tersebut, antara lain:

1. Memiliki Sifat yang Ramah, Jinak, dan Penyayang


Kucing Ragdol cenderung ingin dianggap sebagai teman oleh pemiliknya. Ia selalu ingin berada di dekat pemiliknya. Bahkan, saat tidur pun Ia akan memilih tempat yang dekat dengan keberadaan si pemilik.

Kucing Ragdoll akan menghabiskan waktunya dengan bermain bersama barang-barang yang ada di sekitarnya. Ketika pemilik berada di rumah, kucing Ragdoll cenderung mengikuti pergerakannya dan ingin bermain bersama Anda.

2. Cocok untuk Keluarga dan Anak-anak


Kucing Ragdoll sangat cocok untuk dipelihara karena ramah pada anak-anak. Ia sangat menyukai saat dibelai atau dielus oleh orang atau keluarga di sekitarnya. Kucing ini juga gampang akur dengan peliharaan lainnya, bahkan dengan anjing sekalipun.

3. Perawatannya Cukup Mudah


Kucing Ragdoll memiliki bulu yang lebat tapi tidak terlalu lebat atau bisa dikatakan semi longhair. Pemilik kucing Ragdoll tentu tidak akan kesulitan dalam perawatannya, Anda cukup menyisirnya secara rutin.

4. Harga Jual Anakan Kucing Ragdoll Cukup Tinggi


Jika Anda memelihara sepasang kucing Ragdoll dan suatu saat memiliki anak, Anda bisa melepas adopsi anak-anak kucing tersebut dengan harga jual yang tinggi.

Daftar Harga Kucing Ragdoll


Berapa harga kucing Ragdoll di pasaran? Kucing Ragdoll memiliki pasaran harga yang cukup variatif. Masing-masing daerah di Indonesia tentu memiliki standar harga sendiri-sendiri.

Kisaran harga kucing Ragdol dapat mencapai Rp 3,5 juta sampai Rp 10 juta. Apalagi bila termasuk dalam ketururan berkualitas, tentu harganya bisa lebih mahal lagi.

Berikut ini sekilas mengenai daftar harga Kucing Ragdoll, sebagai referensi untuk Anda yang ingin mengadopsi:

  • Harga anak kucing Ragdoll usia sekitar 3 bulan: Rp 2,5 juta.
  • Harga kucing Ragdoll betina sudah vaksin F3 dan F4: Rp 2,8 juta.
  • Harga kucing Ragdoll jantan, usia 1 tahun non ped: Rp 3,5 juta.
  • Harga kucing Ragdoll jantan kualitas bagus: Rp 4,5 juta.

Baca juga:
10 Ras Kucing Termahal di Dunia, Apakah Anda Punya Salah Satunya?

Tentunya, harga di atas dapat berubah sewaktu-waktu dan dapat berbeda di masing-masing daerah. Semoga informasi mengenai kucing Ragdoll yang kami sampaikan tadi dapat bermanfaat bagi catlovers.

Sumber:
kucing.org
maniakucing.com

0 Comments:


Top