Jumat, 09 November 2018

7 Tips Penting Memberi Makan Kucing Persia

Yoadit.com - Makanan kucing persia sebenarnya tidak jauh berbeda dengan makanan jenis kucing lain pada umumnya. Informasi berikut ini kami akan berbagi tentang alternatif makanan kucing persia, dan bagaimana cara membuat makanan kucing sendiri di rumah.

Kucing berhidung pesek dan berbulu lebat, apa lagi kalau bukan Kucing Persia. Ras kucing ini memang menjadi jenis yang paling digemari di Indonesia.

Kucing berpenampilan lucu dan menggemaskan ini memang memerlukan makanan bergizi agar selalu sehat, gemuk, dan lincah.

Selain membeli makanan kucing kemasan yang banyak dijual di pasaran, Anda juga bisa kok memberi makan kucing kesayangan dengan beberapa bahan makanan berikut ini!

Baca juga:
10 Produk Makanan Kucing Persia Terlaris di Indonesia

Jenis Makanan yang Disukai Kucing Persia


7 Tips Penting Memberi Makan Kucing Persia
sumber: satriabajahitam.com
Jika ingin kucing persia Anda bulu yang lebat dan halus maka harus diberikan makanan kucing yang baik dan sehat. Jenis makanan yang disukai juga akan membantu kucing semakin gemuk dan lucu. Lantas, apa saja jenis makanan yang disukai kucing persia?

Aneka Daging dan Ikan


Seperti kita ketahui, kucing termasuk hewan karnivora. Jadi, sudah pasti makanan kesukaan kucing adalah aneka daging dan ikan. Karena sebagai hewan karnivora, kucing persia lebih banyak membutuhkan protein dan lemak ketimbang karbohidrat.

Salah satu jenis daging yang menjadi favorit kucing di antaranya ialah daging ayam dan bebek. Sedangkan jenis ikan baik untuk kesehatan kucing ialah ikan tuna.

Makanan Kucing Kemasan


Sebagai salah satu hewan peliharaan yang sangat populer, sekarang telah banyak produsen yang menawarkan aneka makanan kucing kemasan.

Anda dapat memberi makanan kucing kemasan kepadanya. Selain karena lebih praktis juga memiliki kandungan nutrisi yang cocok untuk kebutuhan gizi kucing Anda.

Beberapa produk makanan kucing persia yang cukup laris dan memiliki kualitas bagus di antaranya Royal Canin, Pro Plan, Whiskas, Me-O, Equilibrio, Frieskies, dan masih banyak lagi produk lainnya.

Telur


Telur juga mengandung banyak protein dan lemak sehingga ada juga kucing persia yang suka makan telur, baik digoreng ataupun direbus.

Bahan Makanan Lainnya


Beberapa kucing persia ada yang suka keju. Namun, ada juga yang tidak cocok dengan pencernaanya. Terutama jika tidak pernah dibiasakan, maka keju sebaiknya tidak diberikan karena dapat mengakibatkan kucing mencret.

Beberapa jenis sayuran juga ada yang disukai kucing. Sayuran atau tanaman yang dimakan kucing fungsinya bukan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi, tapi lebih kepada melancarkan sistem pencernaan.

Pasalnya, kucing juga tetap membutuhkan serat, meski dalam jumlah yang sangat sedikit, tapi dapat berguna untuk kesehatan pencernaannya.

Simak juga:
Daftar Harga Makanan Kucing Persia Terbaik dan Terlengkap

Tips Memberi Makan Kucing Persia


Dalam memberi makan kucing persia kesayangan Anda, ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan, antara lain:

1. Siapkan Tempat Makanan yang Sesuai


Tempat makanan kucing persia harus sesuai dengan porsinya. Sesuaikan ukuran wadah makanan dengan usia kucing Anda. Terutama bila kucing Anda masih usia sekitar 3 bulan, sebaiknya gunakan tempat pakan yang tidak terlalu tinggi, agar kitten dapa menjangkau makanannya dengan mudah.

2. Beri Makan Secara Terjadwal


Pastikan Anda memberi makan kucing persia secara terjadwal. Setidaknya, jangan sampai lupa memberinya makan saat pagi dan sore hari.

3. Tempatkan Makanan Agar Mudah Dijangkau


Misalnya saja Anda menggunakan mangkuk saat memberinya makan. Sebaiknya posisikan makanan di tengah mangkuk agar kucing persia Anda tidak kesulitan dalam menjangkaunya.

4. Beri Makanan Sedikit-sedikit


Jika Anda baru mengadopsi kucing persia, ada baiknya jangan langsung memberi makan terlalu banyak. Barangkali kucing Anda tidak menghabiskannya. Berikan sedikit-sedikit saja dulu. Kemudian perkirakan berapa porsi yang pas sesuai keinginan kucing.

Dalam 1 pon berat badan kucing, biasanya memerlukan sekitar 1 ons makanan. Jadi, pastikan Anda tidak memberinya makan terlalu banyak.

5. Makanan Kering atau Basah


Bagi Anda yang masih bingung dalam memberikan makanan kering atau basah, berikut ini kami jelaskan perbedaan di antara keduanya:

  • Makanan basah (wetfood): Biasanya mengandung campuran daging segar dengan kandungan lemak yang tinggi. Wetfood sangat cocok untuk kitten, namun semakin besar kucing Anda, akan lebih baik bila diberi makanan kering karena mengandung lebih banyak protein dan serat.
  • Makanan kering (dryfood): Cocok untuk kucing persia dewasa karena juga berguna untuk mencegah hairballs dan mencret.


6. Lakukan dengan Sabar dan Bertahap


Pemilik kucing persia perlu kesabaran dalam memberi makan kucingnya. Terutama bila Anda baru saja mengadopsinya. Tidak perlu dipaksa, biarlah kucing makan dengan sendirinya ketika dia lapar.

7. Makanan Khusus Kitten


Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kucing yang masih kecil atau baru lepas dari susu induk, ada baiknya diberi makanan basah (wetfood) karena mengandung lebih banyak lemak.

Jangan lewatkan:
Cara Memelihara Anak Kucing Persia Medium yang Benar

Namun, anak kucing memang belum memiliki nafsu makan yang bagus sehingga jangan terlalu memaksa memberinya makan. Anda dapat mencoba beri Ia susu khusus kucing yang banyak dijual di pasaran.

Sekian tips dari kami dalam memberi makan kucing persia. Semoga bermanfaat!

Sumber:
kucingmu.com
maniakucing.com


EmoticonEmoticon