√ Cara Unik Mengatasi Susah Tidur, Coba Makan Pedas atau Pakai Pelembab - Yoadit.com

Cara Unik Mengatasi Susah Tidur, Coba Makan Pedas atau Pakai Pelembab

Yoadit.com - Cuaca panas, banyak nyamuk, stres, dan masih banyak lagi faktor lain yang dapat menyebabkan seseorang susah tidur di malam hari.

Cara Unik Mengatasi Susah Tidur, Coba Makan Pedas atau Pakai Pelembab
Cuaca panas saat musim kemarau juga dapat menyebabkan kita susah tidur di malam hari. Temperatur udara yang optimal untuk tidur sekitar 16-21 derajat celsius karena otak harus merasa lebih dingin daripada bagian tubuh lain sebelum Anda dapat tidur dengan rileks.

Baca juga:
9 Cara Terbaik Agar Lebih Mudah Bangun Pagi Setiap Hari

Itulah sebabnya suhu dingin memang lebih memudahkan dan nyaman untuk tidur. Sebaliknya, akan tidak nyaman ketika kita tidur pada suhu yang panas dan lembab.

Tidur malam yang berkualitas memiliki fungsi sangat penting bagi otak untuk dapat memproses informasi yang diperoleh sepanjang hari. Selain itu, juga menyeimbangkan kondisi tubuh baik secara fisik maupun mental.

Untuk dapat tidur dengan nyaman, idealnya harus ada sedikit perbedaan suhu otak dan seluruh tubuh. Artinya, badan yang hangat dan kepala yang dingin akan membuat tidur kita lebih nyenyak.

Nah, bagaimana jika memang harus tidur saat cuaca panas dengan kondisi udara yang lembab?

Berikut ini kami bagikan beberapa tips yang bisa Anda coba!

  • Sediakan botol, isi dengan air dingin. Kemudian letakkan di beberapa titik bagian tubuh yang butuh pendinginan, seperti leher, pergelangan tangan, siku, lutut, engkel, atau selangkangan.
  • Pakailah pelembab kulit, khususnya yang memiliki kandungan aloevera (lidah buaya) karena dapat membantu dinginkan tubuh.
  • Anda juga dapat menggunakan botol parfum bekas yang diisi dengan air dingin. Semprotkan pada wajah, bagian belakang leher, serta bagian lutut untuk membuatnya tetap dingin.
  • Jika Anda biasa tidur menggunakan piyama, kenakan yang berbahan dasar katun. Semakin bagus kualitas katunnya, semakin ideal untuk mendinginkan tubuh.
  • Hindari makan malam dengan mengonsumsi banyak protein karena ketika terjadi peningkatan metabolisme, akan membuat suhu tubuh menjadi hangat.
  • Tiga jam sebelum tidur, Anda bisa coba mengonsumsi makanan pedas. Cara ini akan membuat tubuh mengeluarkan keringat yang kemudian akan diikuti dengan penurunan suhu tubuh.
  • Untuk menjaga rumah tetap dingin, tutup jendela sepanjang hari. Jangan lupa tirai jendela ditutup juga.
  • Saat tidur, matikan seluruh alat elektronik di kamar Anda karena dapat menghantarkan panas. Pastikan juga Anda mencopot kabel charger atau segala kabel listrik yang masih menempel pada saklar.
  • Lebih banyak minum saat siang hari dan lebih sedikit saat malam hari.
  • Sebelum tidur, basahi pergelangan tangan dan kaki dengan air dingin.

Simak juga:
Cara Ampuh Usir Nyamuk Dengan Aplikasi Dari Handphone Android

Itulah beberapa cara untuk membuat Anda mudah tidur meski cuaca sedang panas di malam hari. Semoga membantu untuk Anda mendapatkan tidur berkualitas di malam hari.

sumber:
lifestyle.okezone.com

0 Comments:


Top