Minggu, 11 November 2018

10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Perlu Anda Ketahui

Yoadit.com - Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa Kucing Angora dan Persia merupakan dua jenis yang sama. Sepintas memang kedua jenis ras kucing ini hampir mirip.

Namun, jika dilihat lebih seksama, Kucing Angora dan Persia memiliki perbedaan yang jelas. Baik dari segi penampilan fisik, kepribadian, hingga harganya.

10 Perbedaan Kucing Anggora dan Persia yang Perlu Anda Ketahui
Kucing Persia (kiri) - Kucing Angora (kanan)
Berikut ini kami akan bagikan informasi mengenai perbedaan Kucing Angora dan Persia yang perlu Anda ketahui. Baca sampai selesai yah! Biar enggak salah lagi dalam membedakannya.

Baca juga nih:
Jenis-jenis Kucing Persia yang Biasa Dipelihara di Indonesia

Perbedaan Daerah Asalnya


Kucing Angora adalah salah satu ras tertua yang berasal dari daerah Ankara (Angora) di Turki. Sedangkan Kucing Persia adalah kucing yang berasal dari daerah Persia atau sekarang bernama Iran.

Perbedaan Bentuk Wajah


Perbedaan Kucing Anggora dan Persia selanjutnya bisa dilihat dari bentuk wajahnya. Kucing Angora memiliki bentuk wajah seperti kucing lokal, sedikit mancung dan agak segitiga. Telinganya juga cenderung runcing dan panjang.

Sementara Kucing Persia memiliki bentuk wajah yang agak bulat, dengan hidung yang biasanya lebih pesek. Jika Anda perhatikan dari arah samping, dahi, hidung, dan dagu tampak sejajar. Warna mata kucing Persia juga lebih bervariasi dibandingkan Kucing Angora.

Perbedaan Bentuk Tubuh


Kucing Angora memiliki ukuran tubuh yang bisa dikatakan ideal, tampak lebih tinggi dan langsing. Sedangkan kucing Persia tampak agak gemuk dan bulat dibandingkan kucing Angora.

Perawakannya juga tidak setinggi kucing Angora karena kakinya sedikit lebih pendek tetapi kokoh dan besar dengan bentuk cakar yang membulat.

Penting:
Ciri-ciri Jenis Kucing Persia Flatnose, Beserta Harga dan Cara Perawatannya

Perbedaan Tekstur Bulu


Perbedaan kucing Anggora dan Persia yang berikutnya dapat dilihat dari tekstur bulu. Bulu kucing Angora memang tebal, tapi tidak setebal kucing Persia.

Bulu di bagian ekornya lebih panjang dan lebat, seperti kemoceng. Bulu pada area wajah hanya sedikit lebih lebat dari kucing lokal.

Sedangkan bulu pada kucing Persia lebih lebat, tebal dan panjang. Dari bagian leher sampai ekor, hampir semua ditumbuhi bulu yang lebat dan panjang.

Perbedaan Bentuk Ekor


Seperti yang sudah disebutkan di atas, bila kita perhatikan bagian ekornya, kucing Angora memiliki bulu yang lebih tebal seperti kemoceng bila dibandingkan dengan keseluruhan bulu yang ada di badannya. Sedangkan kucing Persia, hampir semua bagian tubuhnya ditumbuhi bulu yang tebal.

Perbedaan Menurut Kepribadiannya


Kucing Angora memiliki kepribadian yang lebih aktif, lincah, suka bermain, dan sangat penurut. Kucing Angora cukup cerdas, suka berinteraksi dengan manusia, punya rasa ingin tahu yang besar, mudah dilatih, dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, manusia ataupun hewan lainnya.

Bedanya dengan kucing Persia, sifatnya lebih lebih kalem, penurut, agak malas, dan lebih manja. Selain itu, kucing Persia juga betah tidur berlama-lama.

Perbedaan Masalah Kesehatan


Dari segi masalah kesehatan, kucing Angora memiliki ketahanan tubuh yang baik, dan juga mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Umumnya kucing Angora memang jarang terserang penyakit, namun pemilik kucing Angora juga perlu waspada terhadap beberapa penyakit kucing seperti Ataxia, dan Hypertrophic Cardiomyopathy.

Sedangkan pada kucing Persia, daya tahan tubuhnya tidak sebaik Angora. Beberapa masalah kesehatan yang umum terjadi di antaranya susah bernapas, napasnya agak berisik, Cherry Eye, Entropion, Dental Malocclusions, Excessive Tearing, hingga Seborrhea Oleosa.

Perbedaan Cara Perawatan


Cara perawatan kucing Angora tidak ribet dan lebih mudah dibandingkan dengan kucing Persia. Pasalnya, kucing Persia memiliki bulu yang lebat serta daya tahan tubuh yang lebih rentan.

Perbedaan dari Segi Harga


Kucing Angora termasuk jenis langka di Indonesia, dan juga menjadi ras kucing yang dilindungi di negara asalnya. Oleh karena itu, harga kucing Angora termasuk mahal. Untuk anakan kucing Angora yang bersertifikat saja harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Sementara untuk kucing Persia, termasuk hewan peliharaan yang cukup populer di Indonesia. Ras kucing Persia sudah banyak dikembangbiakkan dan dimiliki oleh masyarakat sehingga harga jualnya pun relatif lebih terjangkau.

Jangan lewatkan:
Daftar Harga Kucing Persia untuk Semua Jenis dan Usia

Itulah sejumlah perbedaan kucing Anggora dan Persia yang perlu Anda ketahui. Jangan sampai salah lagi ya dalam membedakan keduanya!


EmoticonEmoticon