√ Prospek Kerja Agribisnis yang Menggiurkan untuk 5 Tahun ke Depan - Yoadit.com

Prospek Kerja Agribisnis yang Menggiurkan untuk 5 Tahun ke Depan

Yoadit.com - Bagaimana prospek kerja Agribisnis 5 tahun ke depan setelah lulus nanti? Mungkin itu pertanyaan di benak Anda yang tertarik untuk menempuh pendidikan tinggi di jurusan Agribisnis.

Prospek Kerja Agribisnis yang Menggiurkan untuk 5 Tahun ke Depan
sumber: www.jurnal.id
Secara singkat, pengertian Agribisnis sendiri merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang ilmu pertanian, perkebunan, peternakan serta usaha komersial untuk dapat menghasilkan keuntungan dari kegiatan tersebut.

Baca juga:
Kupas Tuntas Prospek Kerja Lulusan Teknik Fisika

Jadi, mahasiswa pada jurusan ini tidak hanya akan mendapat kuliah pertanian dan perkebunan saja, tapi mereka juga akan memperoleh kuliah bisnis.

Mahasiswa akan mempelari strategi untuk dapat memperoleh keuntungan dari aspek budidaya, proses pengolahan, pasca panen, sampai pada cara pemasaran yang tepat untuk komoditas yang dihasilkan.

Dari sini kita dapat melihat bahwa prospek kerja Agribisnis sangat luas, tidak hanya pada industri pertanian, tapi juga dapat bekerja di instansi-instansi pemerintah.

Hal yang Dipelajari pada Jurusan Kuliah Agribisnis


Untuk memahami lebih jauh tentang Agribisnis, berikut kami jelaskan beberapa hal yang dipelajari dalam jurusan ini:

Ilmu Budidaya

Mempelajari kelebihan dari masing-masing tanaman budidaya agar dapat memperoleh hasil panen yang maksimal. Mulai dari pembenihan, pembibitan, hingga pemeliharaan dan panen, akan Anda pelajari dalam Program Studi Agribisnis.

Ilmu Pemasaran, Ekonomi dan Manajemen

Anda juga akan mempelajari bagaimana mengelola hasil pertanian dan cara pemasarannya. Itulah kenapa ada ilmu ekonomi dan manajemen dalam jurusan kuliah Agribisnis.

Ilmu Sosial dan Komunikasi

Tujuan mahasiswa Agribisnis mempelajari ilmu sosial dan komunikasi ialah untuk mempermudah dalam membangun relasi bisnis dan juga supaya apa yang Anda sampaikan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, khususnya para petani.

Ilmu Kewirausahaan

Mahasiswa Agribisnis juga akan mempelajari ilmu kewirausahaan sebagai bekal ketika lulus nanti dapat membuka lapangan kerjanya sendiri terkait dengan pembudidayaan, pemasaran, komunikasi, dan manajemen hasil pertanian.

Peluang Kerja Lulusan Agribisnis Setelah Lulus Sarjana


Agribisnis merupakan jurusan yang memiliki potensi besar di Indonesia. Apalagi bila kita menyadari begitu besarnya kekayaan alam yang ada di Indonesia. Nah, berikut ini beberapa prospek kerja Agribisnis 5 tahun ke depan setelah nanti Anda lulus sarjana.

1. Marketing untuk Komoditi Baru


Indonesia merupakan negeri dengan kekayaan alam yang begitu melimpah. Ada banyak komoditi yang dihasilkan di setiap di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Berbekal ilmu manajemen hasil pertanian dan ilmu pemasaran, peluang menjadi pedagang komoditi baru begitu terbuka lebar. Perlu Anda ketahui, pasar komoditi juga memiliki prospek penghasilan yang besar apabila Anda mampu memanfaatkan peluang tersebut dengan baik.

2. Konsultan Pertanian


Lulusan Agribisnis dapat menjadi konsultan pertanian handal yang mampu memberikan arahan, bimbingan dan analisis yang tepat kepada kliennya terkait budidaya, pengelolaan hasil panen, dan strategi pemasarannya.

3. Tenaga Pendidik atau Dosen


Prospek kerja Agribisnis yang berikutnya ialah menjadi seorang dosen atau staf pengajar di sebuah perguruan tinggi. Namun, untuk dapat berprofesi sebagai dosen, Anda perlu meningkatkan jenjang pendidikan S2 terkait dengan bidang Agribisnis.

4. Peneliti


Lulusan Agribisnis juga memiliki peluang karir sebagai peneliti, baik independen, swasta, maupun di instansi pemerintah.

5. Penyuluh di Lembaga Swadaya Masyarakat


Prospek kerja Agribisnis selanjutnya ialah bekerja sebagai penyuluh di sebuah lembaga swadaya masyarakat yang fokus pada bidang pertanian dan peternakan.

Lembaga swadaya masyarakat nantinya dapat bekerja sama dengan pihak swasta maupun pemerintah dalam memperoleh dana untuk kegiatan penyuluhan tersebut.

6. Pengusaha Hasil Tani


Peluang kerja Agribisnis yang berikutnya ialah menjadi pengusaha hasil tani. Pengetahuan dan wawasan yang Anda miliki selama proses kuliah dapat dimanfaatkan untuk berwirausaha memasarkan hasil-hasil pertanian.

7. Bekerja di Instansi Pemerintah


Anda juga bisa bekerja sebagai pegawai negeri di instansi pemerintah, baik di Dinas Pertanian maupun dinas-dinas yang terkait dengannya.

8. Bekerja di Bappeda


Selain Dinas Pertanian, instansi pemerintah yang juga menyerap tenaga dari lulusan Agribisnis adalah Bappeda (Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah).

Instansi ini harus dapat berkontribusi dalam bidang pertanian dan perkebunan karena menjadi salah satu sumber mata pencaharian bagi warga masyarakat di kotanya.

9. Menjadi Penulis dalam Bidang Agribisnis


Jika Anda memiliki bakat dan minat dalam dunia tulis-menulis, maka menjadi penulis merupakan prospek kerja Agribisnis yang cocok untuk Anda.

Lanjutkan membaca:
10 Jurusan Kuliah dengan Lapangan Kerja yang Menjanjikan

Nah, itulah sejumlah peluang kerja yang bisa ditekuni oleh lulusan Agribisnis. Dari daftar di atas, profesi apa yang cocok menurut Anda?

Sumber:
www.jurusanterbaik.com
www.renesia.com

1 Comments

YoDiets.com mengatakan...

thanks mas Aditya sharingnya...

nambah ide...

salah


Top