√ Deskripsi Jurusan Jurnalistik Beserta Prospek Kerjanya yang Menjanjikan - Yoadit.com

Deskripsi Jurusan Jurnalistik Beserta Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Yoadit.com - Menjadi tugas seorang jurnalis untuk mengumpulkan, menginterpretasikan, dan menyebarkan berita untuk pembaca. Selain keahlian menulis dengan akurat dan menarik, kemampuan dalam mengamati dan investigasi juga perlu dimiliki oleh seorang jurnalis.

Deskripsi Jurusan Jurnalistik Beserta Prospek Kerjanya yang Menjanjikan
Itulah sedikit gambaran mengenai tugas kerja seseorang yang bekerja dalam bidang jurnalistik. Prospek kerja jurnalistik memiliki cakupan yang luas, mulai dari kantor surat kabar, majalah, media online, stasiun televisi, radio, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Deskripsi Perkuliahan dan Prospek Kerja Teknik Geologi

Saat bertugas, jurnalis biasanya akan mengadakan wawancara, menghadiri berbagai acara dan pertemuan, serta berkonsultasi dengan ahli atau konsultan agar memperoleh data maupun bahan dalam membuat berita yang akurat dan menarik.

Beberapa sisi teknis seperti menyusun tampilan naskah, dan memilih foto yang tepat untuk ilustrasi tulisan juga perlu dikuasai seorang jurnalis untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Keahlian yang Dipelajari dalam Jurusan Jurnalistik


Jurusan kuliah Jurnalistik cocok bagi Anda yang memiliki rasa keingintahuan yang besar, suka membaca dan mengikuti berita, suka mengutarakan pendapat, serta memiliki minat yang tinggi dalam menulis.

Dalam perkuliahan jurusan Jurnalistik, mahasiswa tidak hanya mempelajari bagaimana cara mengumpulkan informasi, wawancara, menginvestigasi, dan menulis laporan.

Tetapi Anda juga akan dibekali beberapa keahlian teknis seperti video editing, stenografi, audio, hingga bagaimana menyusun konten dan desain sebuah web/blog.

Selain itu, mahasiswa jurusan jurnalistik juga akan mempelajari beberapa transferable skills berikut ini:

  • Berpikir kritis.
  • Kemampuan menganalisa.
  • Manajemen diri.
  • Mengatasi berbagai masalah dengan cepat dan tangkas.
  • Keahlian interpersonal.
  • Kepemimpinan.
  • Fleksibel, kreatif, dan independen.
  • Kemampuan untuk bekerjasama secara tim atau kelompok.
  • Kemampuan berkomunikasi secara efektif dan jelas.


Prospek Kerja Jurnalistik yang Menjanjikan di Masa Depan


Biasanya, lulusan Sarjana Jurnalistik dapat bekerja di berbagai kantor surat kabar dan majalah, baik cetak maupun online.

Selain itu, prospek kerja jurnalistik juga sangat terbukat untuk stasiun TV, radio, dan beragam media menyiaran lainnya. Sejumlah perusahaan yang membutuhkan tenaga di bidang jurnalistik selain kantor berita di antaranya:

  • Konsultasi Public Relation.
  • Agen komunikasi perusahaan.
  • Perusahaan periklanan dan marketing.
  • Organisasi atau badan amal.


Tetapi tidak menutup kemungkinan, lulusan jurnalistik dapat bekerja di luar industri penyiaran, baik dalam bidang hukum, manajemen, administrasi dan politik.

Besaran gaji pekerja di bidang jurnalistik cukup bervariasi, biasanya tergantung dari skala perusahaan, dan pengalaman kerja yang dimiliki oleh jurnalis tersebut.

Beberapa contoh profesi yang menjadi prospek kerja jurnalistik, di antaranya:

1. Jurnalis Media


Profesi jurnalis media dapat bekerja untuk surat kabar maupun media online sekaligus. Tugas kerja profesi yang ini ialah menulis, penyusun teks, gambar, video maupun audio untuk menghasilkan konten yang menarik.

2. Reporter Surat Kabar, Televisi, atau Radio


Tugas seorang reporter ialah mengumpulkan informasi dan menyiapkan berita atau artikel pada sebuah media pemberitaan seperti surat kabar, majalah, televisi, radio, ataupun media online.

Dalam mengumpulkan informasi, mereka dapat mengadakan wawancara secara langsung, melalui telepon, ataupun email.

Cari tahu tentang: 16 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar di Indonesia

Jika Anda menjadi seorang reporter breaking news maka akan lebih sering bekerja di lokasi tempat kejadian langsung. Oleh karena itu, Anda harus siap bekerja cepat dan tangkas agar berita bisa siap sebelum waktu penyiaran atau publikasi.

3. Editor


Tugas kerja seorang editor ialah menulis, mengulas, mengubah, kadang menulis ulang suatu tulisan agar memenuhi standar yang diminta oleh pihak penyiaran atau penerbit. Editor juga dapat berperan dalam penyusunan layout, desain, maupun ilustrasi suatu tulisan atau berita.

4. Copy Editor


Seorang copy editor memiliki tugas kerja menyiapkan naskah yang akan dipublikasi. Ia juga harus mengecek dan memperbaiki apabila ada ejaan yang salah. Selain itu, copy editor juga dapat menyesuaikan judul naskah agar lebih menarik di mata pembaca atau pemirsa.

5. Photo Journalist


Fotografer berita harus berupaya menciptakan hasil foto yang menarik dan dapat diterima dengan baik oleh pemirsa. Photo journalist bekerja untuk surat kabar, majalah, televisi, atau media online.

Liputan yang dilakukan bisa bervariasi, mulai dari olahraga, tokoh populer, hingga berbagai topik menarik lainnya. Beberapa ada pula yang bekerja secara freelance dengan menjual foto atau video mereka kepada penerbit atau perusahaan publikasi.

Hal-hal Penting untuk Diketahui tentang Jurusan Jurnalistik


Untuk mewujudkan cita-citamu menjadi seorang jurnalis, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang Jurusan Jurnalistik. Simak ulasannya berikut ini!

1. Jurnalistik Tidak Hanya Belajar Nulis Berita


Dunia jurnalistik memang identik dengan koran, media online, ataupun kegiatan tulis-menulis. Tetapi jangan salah, dalam perkuliahan di Jurusan Jurnalistik Anda juga akan belajar banyak hal yang berkaitan dengannya, antara lain:

  • Cara membuat karya-karya jurnalistik dalam bentuk video, audio, foto, hingga infografis.
  • Teknik wawancara.
  • Hukum dan undang-undang pers.
  • Cara mengembangkan media agar dapat berkembang baik dari segi konten dan bisnis.
  • Berbagai isu tentang jurnalisme kontemporer, dan sejarah jurnalisme itu sendiri.


2. Prospek Kerja Jurnalistik Memiliki Cakupan yang Luas


Lulusan jurnalistik memiliki cakupan kerja yang luas. Anda tidak hanya dapat menjadi seorang jurnalis saja (meski menjadi keutamaan), tapi juga dapat menjadi penulis buku, editor, desain grafis, fotografer, social media analysis, humas, sutradara, script writer, dan lain-lain.

Hal ini karena ada banyak wawasan dan pengalaman yang Anda dapat saat menempuh pendidikan di jurusan jurnalistik.

3. Harus Selalu Update Informasi


Mahasiswa jurusan Jurnalistik harus selalu update informasi terbaru. Tidak hanya tentang isu politik dan isu nasional, tapi juga berbagai informasi terkait lingkungan, musik, olahraga, atau yang lainnya.

Wawasanmu akan selalu bertambah saat menekuni kuliah di Jurnalistik. Tetapi Anda juga tetap harus memiliki spesifikasi pada bidang atau isu tertentu.

4. Melatih Diri untuk Disiplin


Seorang jurnalis harus cepat dan tanggap serta tepat waktu. Hal ini terkait deadline yang biasanya selalu mepet. Dengan menekuni bidang jurnalistik, Anda akan menjadi orang yang terlatih untuk disiplin.

Hal ini sangat penting dalam dunia kerja, Anda tidak hanya dituntut untuk disiplin soal waktu, tapi juga disiplin terhadap benar-tidaknya suatu informasi.

5. Punya Banyak Relasi


Saat menekuni kuliah jurnalistik, Anda akan sering melakukan wawancara sehingga relasi pun juga kian bertambah. Selain itu, jurusan jurnalistik akan menjadikanmu orang yang lebih supel, berani, skeptis, dan gampang bergaul.

Itulah beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui dalam Jurusan Kuliah Jurnalistik. Pengalaman merupakan hal yang sangat vital dalam bidang jurnalisme. Sewaktu kuliah, sangat disarankan untuk Anda mengikuti program magang.

Portofolio dapat menjadi cara yang baik untuk menunjukkan seberapa banyak pengalamanmu dalam bidang jurnalisme. Sewaktu kuliah, Anda juga bisa mulai dengan menulis blog, membuat website, atau membuat konten-konten menarik untuk postingan di media sosialmu.

Jangan lewatkan: Lagi Pilih-pilih Jurusan Kuliah? Ini Dia 12 Prospek Kerja Psikologi yang Anda Perlu Tahu!

Jika Anda dapat bergabung dalam klub surat kabar atau media penyiaran di kampus tentu akan menjadi nilai plus. Semakin banyak pengalaman, semakin besar pula peluang Anda di dunia kerja.

Bagi Anda yang tertarik untuk menekuni kuliah Jurusan Jurnalistik, ada banyak perguruan tinggi yang menyediakan program studi tersebut. Misalnya di Unpad, UMN, dan Universitas Indonesia di bawah Jurusan Ilmu Komunikasi.

Sumber:
www.hotcourses.co.id
hai.grid.id

0 Comments:


Top