√ 5 Tips Melakukan Grooming Kucing Sendiri di Rumah - Yoadit.com

5 Tips Melakukan Grooming Kucing Sendiri di Rumah

Memelihara kucing persia berarti Anda harus bertanggung jawab terhadap semua kebutuhan dan perawatannya, termasuk dalam memandikannya atau grooming.

Bagi Anda yang belum tahu, istilah grooming artinya ialah memandikan kucing. Melakukan grooming menjadi hal wajib bagi para pemiliki kucing persia karena jenis kucing ini memiliki bulu yang panjang dan lebat.

Manfaat grooming kucing sangat besar, tidak hanya menjaga penampilannya agar tetap bersih, cantik, dan wangi, tapi juga untuk menjaga kesehatan kulit dan mengurangi kutu di tubuh kucing.

Baca juga:
Daftar Harga Grooming Terbaru di Salon Kucing

Sebagai pecinta kucing persia, tentunya Anda tidak ingin bila kucing kesayangan menjadi kotor, bau, apalagi terserang penyakit kulit.

Pada dasarnya, Anda bisa melakukan grooming kucing sendiri di rumah. Prosedur yang benar juga diperlukan saat Anda melakukan grooming kucing sendiri di rumah. Karena bila tidak dilakukan dengan benar, malah dapat berakibat buruk pada kucing persia.

Bagi yang tidak memiliki cukup waktu dan kurang mengerti bagaimana cara grooming yang benar, Anda dapat memanfaatkan jasa grooming yang banyak disediakan oleh petshop ataupun salon kucing.

5 Tips Melakukan Grooming Kucing Sendiri di Rumah
sumber: merawat-kucing15.blogspot.com
Tapi bagi Anda yang punya banyak waktu luang dan merasa yakin dapat melakukan grooming sendiri di rumah. Berikut ini kami bagikan sejumlah tips grooming kucing persia yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

1. Grooming Kucing Saat Keadaan Sehat


Sebagian besar kucing memang takut air. Entah mengapa, mungkin instingnya mengatakan kalau air memang dapat menjadi sarang bakteri. Karena kucing adalah hewan yang paling cinta dengan kebersihan.

Memandikan kucing memang dapat berisiko stres pada kucing itu sendiri. Oleh karena itu, aktivitas ini harus sudah dibiasakan sejak kecil. Selain itu, mandikan kucing saat benar-benar dalam kondisi sehat dan prima sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi si kucing.

Kondisi kucing yang sedang sakit maka daya tahan tubuhnya pun menjadi lemah dan rentan. Oleh karena itu, hindari melakukan grooming kucing saat sedang sakit.

2. Siapkan Peralatan Grooming yang Tepat


Ketika Anda akan memandikan kucing, sediakan sejumlah peralatan grooming, seperti shampoo khusus kucing, sikat gigi bekas, bak mandi, handuk, hairdryer, pemotong kuku, hingga pembersih telinga.

Khusus untuk kucing persia, sisir yang digunakan harus dengan gerigi yang lebar. Hal ini bertujuan agar bulu kucing tidak rontok atau tersangkut gerigi pada sisir.

3. Sisir dan Potong Kukunya Dahulu Sebelum Dimandikan


Sisir terlebih dahulu bulu kucing sebelum dimandikan. Pastikan tidak ada bulu pada kucing persia Anda yang kusut.

Jika tidak disisir terlebih dahulu, khawatir bulu kucing akan semakin kusut dan rusak saat dimandikan atau terkena air.

Sedangkan memotong kuku kucing sebelum dimandikan bertujuan agar Anda tidak terkena cakar dari si kucing. Karena biasanya dia akan panik ketika pertama terkena air, lalu berusaha untuk memanjat tubuh Anda dengan cakarnya.

4. Basuh dengan Air Secara Perlahan


Awali dengan membasuh muka kucing dengan tangan yang basah. Kemudian siramkan air perlahan-lahan ke tubuhnya. Jangan langsung diguyur banyak air karena kucing akan kaget dan panik lalu berontak ketika dimandikan.

Membasuhnya secara perlahan juga memberi kesempatan untuk tubuhnya menyesuaikan dengan  suhu air.

5. Hindari Memandikan Kucing Saat Cuaca Mendung

Tips berikutnya dalam melakukan grooming kucing sendiri di rumah ialah sebaiknya Anda tidak memandikan kucing saat cuaca mendung atau hujan.

Udara akan cukup dingin, kasihan kucing persia Anda bila dimandikan, nanti bisa kedinginan. Selain itu juga akan memerlukan waktu lama untuk mengeringkannya.

6. Pastikan Kucing Benar-benar Kering Usai Dimandikan


Selesai dimandikan, pastikan bulu kucing benar-benar kering. Pakailah lap atau handuk yang lembut, lalu keringkan menggunakan hairdryer. Gunakan hairdryer yang dingin, bukan yang panas.

Terkadang ada kucing yang tidak nyaman dengan suara atau hembusan dari hairdryer. Anda dapat mensiasatinya dengan menjemur kucing di bawah sinar matahari pagi. Jadi, Anda harus memandikannya saat pagi hari sekitar jam 8 atau 9.

Kucing yang tidak benar-benar kering setelah dimandikan dapat berisiko jamuran akibat kondisi kulit yang lembab.

Lanjutkan membaca:
16 Penyebab Bulu Kucing Rontok Beserta Cara Mengatasinya

Nah, itulah beberapa tips untuk Anda yang ingin melakukan grooming kucing persia sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Sumber:
kucingpedia.com

0 Comments:


Top