Jangan Anggap Sepele, Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Mengemudi

Yoadit.com - Cara menghilangkan kantuk saat mengemudi adalah hal penting yang harus kita ketahui. Terutama bagi Anda yang sering berkendara menempuh perjalanan jauh, pastinya kantuk dapat menjadi kendala yang sangat berbahaya.

Jangan Anggap Sepele, Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Mengemudi
Kondisi tubuh yang lelah atau sehabis mengonsumsi obat bisa menjadi beberapa penyebab mengapa tiba-tiba kita mengantuk saat mengemudi.

Baca juga: Macam Gambar Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

Dalam beberapa kasus yang cukup ekstrem, kondisi mengantuk saat nyetir mobil atau mengendarai sepeda motor dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal, bahkan dapat berujung pada kematian.

Dengan mengetahui cara menghilangkan kantuk saat mengemudi, diharapkan kamu bisa lebih aman dan lancar saat berkendara.

Tanda-tanda Kamu Harus Beristirahat Saat Mengemudi


Kadang kala meski terasa mengantuk, kita tetap melajukan kendaraan karena berpikir bahwa rasa kantuk yang dialami masih dapat ditahan. Padahal, kita tahu bahwa mengantuk saat nyetir mobil adalah hal yang sangat berbahaya.

Oleh karena itu, ada baiknya perhatikan beberapa tanda bahwa Anda harus beristirahat saat mengemudi berikut ini:

  • Sulit berkonsentrasi.
  • Pikiran kosong, atau pikiran melayang ke mana-mana.
  • Kelopak mata terasa sangat berat.
  • Sering mengedipkan mata perlahan-lahan.
  • Kurang memperhatikan rambu-rambu jalan.
  • Beberapa kali kebablasan atau salah jalan.
  • Menggosok mata atau menguap berkali-kali.
  • Kepala terkantuk-kantuk.
  • Untuk pengendara sepeda motor, terjadi hilang keseimbangan.
  • Kendaraan menyimpang dari jalur.
  • Menyerempet bahu jalan atau kendaraan lain.
  • Melajukan kendaraan dengan kecepatan tidak wajar, bisa lebih cepat atau lambat.


Apabila ketika mengendarai mobil atau sepeda motor Anda mengalami beberapa tanda di atas, maka sebaiknya menepi dan beristirahat.

6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Berkendara


Beberapa orang mengatakan menyetel radio atau musik dengan keras dapat mengusir kantuk saat berkendara. Namun, pada kenyataannya cara ini tidaklah begitu ampuh dalam mengatasi kantuk saat berkendara.

Ketika Anda rasa mengantuk saat berkendara, hal pertama yang harus dilakukan adalah menepi di tempat yang aman dan pastikan tidak mengganggu arus kendaraan di jalan tersebut.

Berikut ini kami juga akan membagikan beberapa cara ampuh yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa ngantuk saat mengemudikan kendaraan.

1. Hindari Minum Obat Sebelum atau Saat Mengemudi


Mengonsumsi obat-obatan dapat memengaruhi konsentrasi dan kewaspadaan Anda. Khususnya ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan kantuk ketika Anda meminumnya.

Beberapa jenis obat yang sebaiknya dihindari saat mengemudi di antaranya seperti obat anti mabuk, obat masuk angin, atau obat-obat lain yang menimbulkan efek samping mengantuk setelah meminumnya.

Jika memang ada obat yang harus diminum sesuai resep dokter, hindari untuk mengemudikan kendaraan sendiri. Anda bisa minta diantar supir atau orang lain agar Anda dapat beristirahat selama dalam perjalanan.

Selain itu, jangan mengonsumsi minuman beralkohol sebelum atau saat berkendara. Selain hal ini dilarang dan melanggar undang-undang lalu lintas, juga dapat membahayakan keselamatan Anda dan orang lain.

2. Menepi Lalu Tidur Sebentar


Ketika Anda merasa ngantuk saat berkendara, ada baiknya untuk menepi dan tidur sejenak. Tidurlah setidaknya 15-20 menit untuk mengembalikan sedikit energi untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

Jangan mengambil risiko dengan terus mengemudi bila Anda sudah merasa lelah. Lebih baik menghabiskan sedikit waktu dengan beristirahat karena mengantuk saat mengemudi dapat menimbulkan bahaya bagi diri Anda dan pengguna jalan lainnya.

3. Lakukan Peregangan


Mengendarai motor tentu akan lebih melelahkan dibandingkan menyetir mobil. Ada baiknya rencanakan jadwal untuk beristirahat setiap 1 atau 2 jam perjalanan sehingga otot-otot Anda tidak kaku karena terlalu lama berkendara di atas sepeda motor.

Jangan lewatkan: Tips Naik Sepeda Motor Bagi Wanita dan Ibu-ibu

Setiap kali beristirahat, lakukan peregangan untuk mengendurkan otot dan saraf yang kaku selama mengendarai sepeda motor.

4. Mengonsumsi Minuman Berkafein


Kafein dapat membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan berkonsentrasi. Sebagai sumber kafein terbesar, minum kopi dapat bantu menghilangkan kantuk saat berkendara. Namun, biasanya efek kafein dari kopi baru akan terasa setelah setengah jam Anda mengonsumsinya.

5. Istirahat Setiap 2 Jam Selama Perjalanan


Bila Anda mengemudi untuk jarak jauh, disarankan setidaknya beristirahat setiap 2 jam berkendara. Istirahat sekitar minimal 15 menit, lakukan peregangan atau coba tidur sejenak.

Memaksakan diri menyetir tanpa jeda akan membuat tubuh dan mata menjadi cepat lelah. Bahkan meskipun Anda tidak sedang mengantuk atau kelelahan, cobalah untuk tetap beristirahat di setiap beberapa jam perjalanan.

6. Mengobrol


Ketika Anda kurang tidur, atau kelelahan, ada baiknya untuk tidak mengemudi seorang diri. Apalagi bila jarak yang ditempuh cukup jauh. Ajaklah seorang teman atau anggota keluarga untuk ikut bersama menemani sepanjang perjalanan.

Ketika mulai sedikit mengantuk, Anda dapat mengobrol bersamanya. Adanya keluarga atau teman yang menemani selama mengemudi juga akan membantu dalam menjaga kewaspadaan dan mengingatkan ketika ada bahaya yang mungkin dapat terjadi. Misalnya, saat Anda mengemudi terlalu kencang, ketika ada orang menyeberang jalan, atau ketika Anda menyalip kendaraan.

Lanjutkan membaca: Tips Aman Naik Transportasi Umum Bagi Para Wanita

Itulah beberapa cara menghilangkan kantuk saat mengemudi yang bisa Anda lakukan sehingga risiko bahaya selama perjalanan dapat dikurangi seminimal mungkin. Hati-hati di jalan, utamakan keselamatan, dan semoga perjalanan Anda menyenangkan.

Sumber:
hellosehat.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com