6 Tips yang Perlu Diingat Bila Ingin Ikut Kursus Mengemudi


Yoadit.com - Apa saja yang perlu diperhatikan saat akan mengikuti program kursus mengemudi?

Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan memiliki keterampilan mengemudi, salah satunya ialah dapat menunjang karir. Jadi, meski belum memiliki mobil, bukan berarti menjadi alasan untuk tidak belajar mengemudikan mobil.

6 Tips yang Perlu Diingat Bila Ingin Ikut Kursus Mengemudi
sumber: www.maxmanroe.com
Berlatih di tempat kursus mengemudi adalah pilihan tepat untuk Anda yang ingin memiliki keterampilan mengemudi. Pasalnya, Anda akan menerima ilmu dari pelatih-pelatih handal serta memperoleh lebih banyak pengalaman.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele, Ini Dia 6 Cara Menghilangkan Kantuk Saat Mengemudi

Bukan hanya itu, belajar di tempat kursus mengemudi juga akan lebih aman bagi pemula dan membuat mobil Anda terhindar dari risiko kerusakan.

Dibutuhkan konsentrasi dan fokus yang tinggi saat belajar mengemudi bila Anda ingin apa yang dipelajari dapat diserap dengan baik.

Ada banyak hal yang sebenarnya harus dipersiapkan saat Anda akan kursus mengemudi. Terlebih lagi ketika mengendarai mobil, kondisi jalanan harus Anda ketahui dengan baik.

Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan Saat Kursus Mengemudi?


Ada beberapa tips yang perlu Anda persiapkan sebelum mulai kursus mengemudi, perhatikan baik-baik tips berikut ini bila kursus mengemudi Anda ingin berjalan lancar, aman, dan mudah!

1. Siapkan Uang untuk Biaya Kursus Mengemudi


Biaya kursus mengemudi sekarang ini sudah tidak lagi murah. Rata-rata biaya kursus mengemudi yang dipatok berkisar Rp 500 ribu sampai Rp 1,2 juta.

Biaya tersebut juga tergantung dari jenis pelayanan yang akan Anda dapatkan. Biaya yang lebih tinggi biasanya akan dipatok oleh tempat kursus mengemudi yang sudah mempunyai nama.

Jangan lupa juga untuk mengecek apakah ada suatu jaminan yang Anda dapatkan saat memilih biaya kursus mengemudi yang lebih mahal atau lebih murah.

Pemilihan tempat kursus mengemudi juga penting untuk dilakukan dari awal karena akan menentukan besarnya jumlah uang yang harus Anda keluarkan sebagai biaya kursus mengemudi.

Apalagi bila Anda dapat menemukan tempat kursus yang murah namun dengan jenis pelayanan yang komplit. Tapi, jangan asal murah ya!

2. Pastikan Keunggulan yang Anda Peroleh


Ketika mendaftar kursus mengemudi, biasanya Anda akan diberi beberapa pilihan program. Program tersebut bergantung seberapa sering kursus akan dilakukan, dan apakah ada layanan dalam pembuatan SIM sekaligus atau tidak.

Lakukan pengecekan rincian pembayaran yang harus dilakukan apabila Anda memang memilih paket mengemudi yang disertai layanan pembuatan SIM. Berapa biaya kursusnya, dan berapa biaya pembuatan SIM-nya.

Memang biasanya akan ada perbedaan yang antara biaya kursus dengan biaya pembuatan SIM, tapi hal ini juga tergantung tempat dimana Anda melakukan kursus mengemudi.

Bila memang Anda merasa perbedaan pengurusan SIM terlalu tinggi dibandingkan dengan pengurusan SIM sendiri, ada baiknya Anda tidak mengambil program kursus dengan layanan pembuatan SIM. Anda dapat melakukan pengurusan SIM tanpa menggunakan layanan dari tempat kursus mengemudi.

3. Sesuai Waktu Kursus dengan Jadwal Harian Anda


Manajemen waktu tentu menjadi hal yang penting agar kursus mengemudi yang Anda lakukan tidak terhambat. Dibutuhkan komitmen bila Anda ingin kursus mengemudi berjalan dengan lancar sehingga biaya yang telah dikeluarkan tidak terbuang percuma.

Apalagi, umumnya biaya yang dibayarkan untuk kursus mengemudi hanya berlaku untuk 6-9 kali pertemuan saja. Bayangkan bila hanya dalam 6 kali pertemuan, Anda diharapkan sudah dapat mengemudi dengan baik. Tentu bukan hal yang mudah.

Selain menyesuaikan dengan aktivitas harian atau pekerjaan, jadwal kursus sebaiknya juga tidak berjauhan harinya supaya apa yang sudah dipelajari masih mengena dan tidak mudah lupa.

Simak juga: Macam Gambar Rambu Lalu Lintas Beserta Artinya

4. Pahami Instruksi yang Diberikan Pelatih


Belajar mengemudi bukan berarti Anda harus membawa buku tulis dan mencatat semua instruksi pelatih. Namun, pahami setiap instruksi yang telah diberikan. Jangan malu bertanya bila ada hal yang belum Anda paham.

Tentunya Anda sudah membayar untuk dapat mengikuti kursus mengemudi tersebut, maka Anda berhak untuk bertanya dan mendapat semua informasi yang dibutuhkan demi kelancaran latihan mengemudi yang Anda lakukan.

5. Lebih Sering Latihan


Pengulangan merupakan hal yang penting dalam langkah belajar mengemudi. Latihan akan membuat Anda lebih mahir dan terampil dalam melakukan suatu kegiatan. Mengemudi juga memerlukan hal yang sama. Semakin sering latihan, semakin cepat Anda mahir dalam mengemudi.

Anda juga harus fokus dan memberi perhatian terhadap setiap latihan yang telah diperoleh sebelumnya, sehingga pengulangan yang dilakukan akan berjalan dengan lebih baik.

6. Ikuti Setiap Pertemuan, Jangan Sampai Telat


Beberapa tempat kursus mengemudi sangat memperhatikan kedisplinan waktu. Biasanya karena memang ada banyak orang yang mengikuti latihan, selain itu juga para pelatih mengemudi juga memiliki waktu dan jadwalnya masing-masing.

Oleh karena itu, pastikan Anda menghadiri setiap pertemuan yang dijadwalkan. Dan juga jangan sampai telat, supaya Anda dapat mengikuti program latihan dengan waktu yang penuh.

7. Siapkan Mental


Latihan yang telah diikuti bisa saja terasa ‘menghilang’ ketika rasa takut membayangi Anda. Apalagi jika mengemudi yang sesungguhnya sudah mulai dilakukan.

Suasana dan kondisi mengemudi di jalan raya akan terasa jauh berbeda bila dibandingkan saat latihan. Belum lagi, ketika mengendarai mobil Anda akan dihadapkan dengan semrawutnya kendaraan, kemacetan, hingga kendaraan lebih besar yang datang dari arah berlawanan.

Sekarang ini beberapa program kursus mengemudi sudah mengajarkan cara mengemudi di jalan raya yang sesungguhnya. Hal ini untuk membiasakan mental Anda dan mengurangi rasa panik bagi pengemudi saat berkendara di jalan raya.

Tahapan Latihan Saat Kursus Mengemudi


Selama Anda mengikuti kursus mengemudi, perhatikan dan lakukan instruksi yang diberikan oleh pelatih dengan baik. Dengan demikian, Anda dapat belajar cara mengemudi yang lebih efisien dan lebih aman.

Fitur-fitur dasar kendaraan seperti menghidupkan dan mematikan mesin, cara menggunakan lampu, dan cara mengaktifkan wiper, juga menjadi hal penting yang harus dipahami sebelum mulai belajar mengemudi.

Setelah Anda memahami fitur-fitur dasar kendaraan, di tempat kursus mengemudi nantinya juga akan diberi pengetahuan mengenai teori umum serta aturan dasar mengemudi, misalnya bagaimana mengenal rambu-rambu lalu lintas, dan arti dari marka jalan.

Untuk lebih jelasnya mengenai hal yang dipelajari saat kursus mengemudi, antara lain:

1. Cara Mengemudi di Jalanan yang Macet


Setelah Anda menguasai beberapa teknik dasar mengemudi, selanjutnya Anda akan diajak berkendara di jalanan yang macet.

Tujuannya ialah untuk melatih kesabaran pengemudi dan memberikan pengetahuan tentang aturan dasar berkendara di jalanan yang macet. Pengemudi harus bersabar, dan tidak boleh egois, serta mobil harus berbaris rapi di antara mobil lainnya.

Anda juga nantinya akan dibimbing mengenai bagaimana cara mengatur kopling supaya mesin mobil tidak mati saat macet.

2. Cara Berkendara di Jalanan Berkelok


Setelah menguasai dasar mengemudi saat jalan macet, Anda akan diajak untuk berkendara di jalanan yang berkelok-kelok. Tujuannya ialah membuat lengan Anda lebih luwes dan terbiasa untuk mengemudi di jalanan berbelok-belok.

Latihan ini juga dapat membuat pengemudi terbiasa untuk melihat kaca spion baik sebelah kanan maupun kiri. Dengan latihan semacam ini, pengemudi juga akan dilatih mentalnya dan lebih terbiasa ketika dihadapkan pada lajur dua arah.

3. Berlatih Menyetir di Jalanan Menanjak


Saat kursus mengemudi, Anda juga akan berlatih di jalan menanjak. Mengemudi di jalan menanjak bukanlah hal mudah, apalagi bila Anda belum terbiasa.

Meski kemiringannya sedikit, Anda tetap tidak boleh meremehkan tanjakan karena akan membuat mobil mundur, dan akan semakin sulit ketika kondisi macet saat berada di tanjakan.

Ketika belajar mengemudi di jalanan menanjak, Anda akan dilatih bagaimana menggunakan kopling dengan baik. Selain itu juga akan membuat tangan Anda lebih lentur dalam memegang kemudi karena di kawasan perbukitan kondisi jalan tidak hanya menanjak, tapi juga terdapat banyak tikungan.

4. Berlatih Memarkirkan Kendaraan


Tahap berikutnya yang akan dipelajari saat kursus mengemudi ialah cara memarkirkan kendaraan yang baik dan rapi. Bagi orang yang baru belajar mengemudi, parkir bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan ketenangan, serta kelihaian dalam menggunakan setir dan kopling.

Jangan lewatkan:



Itulah beberapa tips dan latihan yang dipelajari saat mengikuti kursus mengemudi. Semoga cepat lancar yah!

sumber:
www.pikiran-rakyat.com
en.carmudi.co.id

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com