8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan

Yoadit.com - Wisata di alam terbuka menjadi obat yang mujarab untuk mengatasi rasa jenuh dari rutinitas sehari-hari. Terutama jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang setiap harinya biasa disuguhi pemandangan gedung tinggi, kemacetan, dan jalanan penuh polusi. Sesekali, cobalah untuk rehat sejenak ke alam terbuka dengan kondisi udara yang sejuk dan segar.

Di Jawa Barat terdapat sejumlah tempat wisata air terjun populer bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan. Yuk, kita relaksasikan tubuh menikmati sejuknya air, pemandangan hijau, dan udara yang segar dengan mengunjungi 8 tempat wisata air terjun terpopuler di Jawa Barat berikut ini!

1. Curug Mala – Cisewu, Garut


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: curugdigarut2016.blogspot.com
Curug Mala merupakan salah satu air terjun di Kab. Garut yang terbilang unik karena hanya muncul saat musim tertentu. Keindahan Curug Mala hanya dapat dinikmati saat musim hujan ketika debit air sedang melimpah.

Baca juga: Rainbow Rafting Pemalang: Tempat Rafting yang Menantang dan Cocok untuk Pemula

Anda harus siap menantang adrenalin untuk menuju ke lokasi karena medan yang harus dilewati tidak mudah karena kondisi jalan yang licin. Lokasi Curug Mala terletak di Kec. Cisewu, Kab. Garut, Provinsi Jawa Barat dan mengaliri sungai Cikawung.

2. Curug Sanghyang Taraje - Pamulihan, Garut


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: curugdigarut2016.blogspot.com
Curug Sanghyang Taraje yang terletak di Kabupaten Garut ini sering dikaitkan dengan kisah legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi, kisah yang sangat populer di daerah Jawa Barat.

Bentuk curug ini mirip tangga, sesuai dengan nama ‘taraje’ yang artinya ‘tangga’ dalam bahasa Sunda. Tangga tersebut konon dipakai oleh Sangkuriang untuk mengambil bintang di langit sesuai permintaan dari Dayang Sumbi.

Curug yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter ini berlokasi tepatnya di Desa Pakenjeng, Kec Pamulihan, Kab Garut, atau sekitar 50 kilometer ke arah selatan dari kota Garut.

Pada umumnya, daerah di Garut selatan memiliki tekstur alam yang berbukit-bukit dan masih sangat alami, cocok banget kan untuk refreshing?

3. Curug Cigangsa - Surade, Sukabumi


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: www.jejakpiknik.com
Wisata air terjun terpopuler di Jawa Barat berikutnya bernama Curug Cigangsa. Meski memiliki debit air relatif kecil, namun keindahan curug yang satu ini tidak perlu diragukan lagi karena kecilnya debit air justru membuat dinding batu di sekitar air terjun dapat terekspos dengan jelas.

Dinding bertingkat yang ada di Curug Cigangsa diprediksi terbentuk dari peristiwa gempa bumi yang mengakibatkan longsor di masa lampau. Bagi Anda yang ingin menuju ke tempat ini, lokasi Curug Cigangsa tepatnya berada di Kecamatan Surade, Sukabumi bagian Selatan.

4. Curug Cikaso – Surade, Sukabumi


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: www.wisatajabar.com
Masih di sekitar Kecamatan Surade, Sukabumi. Terdapat curug yang juga sangat populer di Jawa Barat. Namanya, Curug Cikaso dan digadang-gadang sebagai salah satu wisata air terjun dengan pemandangan terindah di Jawa Barat.

Jangan lewatkan: Ini Dia Barang-barang Penting yang Harus Dibawa Agar Liburanmu Tenang, Nyaman, dan Berkesan!

Lokasi Curug Cikaso terletak di Kampung Cibitung, Desa Ciniti, Kec Surade, Kab Sukabumi. Keberadaannya memang terpencil di antara tebing dan hutan, tetapi pemandangan yang disuguhkan sungguh indah dan mempesona.

Curug Cikaso memiliki tinggi sekitar 80 meter, dengan kolam alami di bagian bawahnya yang bisa digunakan untuk berendam bagi para pengunjung. Untuk memudahkan pengunjung, tersedia pula fasilitas kamar bilas di kawasan ini yang bisa dipakai untuk umum.

5. Curug Awang – Ciemas, Sukabumi


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: blog.reservasi.com
Masih di Kabupaten Sukabumi, ada satu lagi air terjun yang populer dan biasa disebut sebagai ‘Niagara-nya Indonesia’. Lokasi Curug Awang berada di kawasan Geopark Cileutuh, Desa Taman Jaya, Kec Ciemas, Kab Sukabumi.

Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 40 meter menyajikan pemandangan yang indah dengan tebing cokelat seperti tembok kokoh yang menopang air.

Pengunjung juga dapat berendam di kolam alami selebar 60 meter yang berada tepat di bawah air terjun. Curug Awang menjadi wisata alam yang tengah hitz di kalangan traveler karena keindahan pemandangannya yang sungguh menawan.

6. Curug Lontar – Leuwiliang, Bogor


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: rifqi-prabaswara.blogspot.com
Beranjak ke Bogor, ada juga beberapa air terjun cantik yang terkenal di ‘kota hujan’ ini. Curug Lontar merupakan salah satu wisata air terjun yang populer di sekitar Jawa Barat. Lokasinya berada di Desa Karacak, Kec Leuwiliang, Bogor.

Air terjun yang memiliki ketinggian 37 meter ini menyajikan pemandangan yang indah dan menjadi salah satu aset wisata daerah. Air yang mengalir di Curug Lontar berasal dari pegunungan Halimun-Salak, melalui Sungai Cianten, dan bermuara di Sungai Cisadane.

Debit air di lokasi sangat melimpah ruah sehingga dimanfaatkan sebagai sumber energi untuk PLTA Kracak.

7. Curug Cilember – Cisarua, Bogor


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: www.wirasel.com
Selain Curug Lontar yang telah kami sebutkan di atas, keindahan pemandangan Bogor juga tersimpan di sekitar Curug Cilember. Air terjun yang berada di ketinggian 800 mdpl ini dikelilingi hutan pinus yang begitu asri.

Curug Cilember memiliki tinggi sekitar 40 meter. Penduduk setempat percaya kalau air dari curug ini memiliki khasiat untuk menyembuhkan penyakit. Lokasi Curug Cilember berada di Desa Jongjongan, Kec Cisarua, Bogor. Jaraknya sekitar 1,5 jam berkendara dari pusat kota Bogor.

8. Curug Citambur – Pagelaran, Cianjur


8 Wisata Air Terjun Terpopuler di Jawa Barat untuk Mengisi Waktu Liburan
sumber: coretanyusuf.blogspot.com
Ada keindahan yang begitu mempesona saat Anda berkunjung ke Curug Citambur. Letaknya berada di Desa Karang Jaya, Kec Pagelaran, Kab Cianjur.

Air terjun ini memiliki keindahan yang berlipat karena terdiri dari 3 tingkatan. Tingkat yang paling atas setinggi 2 meter, tingkat kedua sekitar 116 meter, dan bagian bawahnya memiliki tinggi sekitar 12 meter.

Air terjun yang indah nan mempesona ini berada di ketinggian 1400 mdpl, sehingga udara di sekitarnya begitu sejuk dan segar. Kabut tipis yang menyelimuti di sekitar area akan menambah liburanmu makin seru di Curug Citambur.

Lanjutkan membaca: Wisata Pratin Purbalingga: Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata

Itulah 8 tempat wisata air terjun di Jawa Barat yang bakal buat liburanmu makin seru. Tunggu apalagi, segera jadwalkan liburan Anda untuk piknik ke beberapa wisata air terjun di atas ya!

sumber:
blog.reservasi.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com