Bagaimana Peran Mahasiswa dalam Menangkal Radikalisme?


Yoadit.com - Peran mahasiswa dalam menangkal radikalisme amatlah penting, terutama dalam upaya mencegah penyebaran paham radikalisme di lingkungan kampus.

Bagaimana Peran Mahasiswa dalam Menangkal Radikalisme?
sumber: jalandamai.org
Seperti kita ketahui, saat ini radikalisme tengah menjadi polemik yang dinilai sebagai ancaman nyata bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mahasiswa memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan radikalisme tidak hanya di lingkungan kampus, tapi juga di lingkungan masyarakat.

Baca juga: Peran Masyarakat dan Lingkungan Sosial dalam Pencegahan Terorisme

Hal ini karena masyarakat menilai mahasiswa sebagai kaum intelektual, kaum terdidik yang dapat menjadi contoh bagi masyarakat. Bahkan, kepercayaan banyak kalangan masyarakat lebih besar kepada mahasiswa ketimbang aparat. Maka, menjadi hal yang penting bagi mahasiswa untuk dapat menjaga sikap dan perilakunya di tengah masyarakat.

Mahasiswa sebagai agen perubahan sekaligus generasi penerus bangsa, perlu mendapatkan pemahaman dan wawasan tentang ilmu agama yang lebih baik agar dapat memberikan kontribusi bagi negara dalam mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

Mencegah paham-paham radikalisme dan terorisme memang bukanlah hal yang mudah. Untuk melakukannya diperlukan peran serta semua elemen secara bersama-sama untuk mencegah munculnya paham tersebut.

Sebagai bagian dari elemen tersebut, mahasiswa harus tanggap dalam menemukenali gejala dan menangkal perkembangnya paham radikalisme dan terorisme di lingkungan kampus.

Sosialisasi dan seminar-seminar anti radikalisme perlu lebih sering diadakan di lingkungan kampus agar mahasiswa tidak mudah disusupi berbagai pemahaman yang menyimpang.

Setidaknya, dengan sering mengikuti seminar maupun sosialisasi kebangsaan dan anti radikalisme, mahasiswa dapat lebih memahami apa itu radikalisme dan menyadari apa saja dampak yang bisa ditimbulkan dari paham tersebut.

Dengan menambah wawasan dan pengetahuan tentang paham radikalisme dan upaya pencegahan, diharapkan nantinya mahasiwa dapat menangkal jika sewaktu-waktu muncul gejala radikalisme di lingkungan kampus.

Mahasiswa Harus Jadi Ujung Tombak Menangkal Paham Radikalisme


Dalam menangkal bahaya radikalisme dan intoleransi yang tumbuh di masyarakat, institusi Perguruan Tinggi memiliki peran penting untuk memberikan kontribusi maupun solusi terhadap pencegahan gejala intoleransi, radikalisme, dan melemahnya daya saing bangsa.

Pihak Kepolisian perlu mendorong kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi di tanah air. Untuk memberikan edukasi tentang kehidupan berbangsa dan bernegara dengan berbagai macam perbedaan.

Pihak perguruan tinggi juga diharapkan dapat terus melakukan interaksi dengan aparat kepolisian supaya dapat saling bekerjasama dalam menangkal dan menanggulangi bahaya radikalisme di kalangan mahasiswa.

Dengan memahami nilai-nilai luhur Pancasila, para mahasiswa diharapkan dapat menyadari tentang arti perbedaan sebagai Rahmat pemberian Tuhan. Bahwa perbedaan jika disinergikan dapat menjadi kekuatan yang luar biasa untuk meningkatkan daya saing Bangsa Indonesia di mata dunia.

Berbagai penelitian atau riset ilmiah juga perlu dilakukan lebih sering guna menangkal bahaya radikalisme dan intoleran. Penelitian tersebut dilakukan bukan hanya untuk jangka pendek saja, tetapi juga untuk jangka panjang dan ditanamkan dalam proses pendidikan di perguruan tinggi.

Lanjutkan membaca: Cara Mencegah Radikalisme dan Sikap Intoleransi di Lingkungan Sekolah

Pancasila sebagai Dasar Negara harus terus dipupuk dan diperjuangkan bila kita ingin tetap utuh sebagai bangsa dalam naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber:
nasional.tempo.co
www.republika.co.id

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com