Begini Cara Pembuatan Paspor dan Visa Untuk Anda yang Ingin Traveling ke Luar Negeri

Yoadit.com - Cara pembuatan paspor dan visa tentunya perlu diketahui oleh Anda yang baru pertama kali akan melakukan perjalanan ke luar negeri. Anda memerlukan paspor dan visa untuk dapat masuk negara lain.

Anda tidak akan dapat jalan-jalan ke luar negeri tanpa dua hal tersebut, meski berbagai persiapan sudah dilakukan dengan matang.

Begini Cara Pembuatan Paspor dan Visa Untuk Anda yang Ingin Traveling ke Luar Negeri
Artikel kali ini, kami akan membahas informasi tentang apa itu paspor dan visa, serta bagaimana cara pembuatannya.

Baca juga: Begini Cara Pemerintah Menentukan Besarnya UMK

Cara Membuat Paspor


Pengertian paspor adalah dokumen wajib untuk seseorang yang akan bepergian ke luar negeri. Paspor secara resmi dikeluarkan oleh Negara untuk setiap warganya yang mengajukan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Paspor hanya dapat digunakan oleh orang yang namanya tercantum di dalam paspor. Setiap paspor akan memuat informasi penting tentang pemegangnya, berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, informasi kebangsaan, dan sejumlah informasi penting lainnya yang dibutuhkan.

Sekarang ini terdapat dua jenis paspor yang biasa digunakan, yaitu paspor reguler dan paspor elektronik (e-paspor). Bagi Anda yang baru akan mengajukan permohonan pembuatan paspor, ada baiknya memilih e-paspor karena ada beberapa keunggulan yang dimilikinya.

e-paspor tidak mudah dipalsukan karena data biometrik seperti wajah dan sidik jari telah tersimpan di dalam chip yang tertanam di e-paspor.

Keunggulan yang berikutnya ialah Anda dapat berkunjung ke Jepang tanpa perlu memiliki visa atau biasa disebut dengan istilah Visa Waiver. Visa Waiver ialah program pembebasan visa yang merupakan hasil kerja saja antara dua negara dengan kebijakan tertentu.

Syarat Pembuatan Paspor


Kembali pada cara mengajukan permohonan pembuatan paspor. Sebelum Anda mengajukan paspor, penting kiranya untuk mengetahui syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) yang masih berlaku.
  • Kartu Keluarga (KK).
  • Akta kelahiran.
  • Semua dokumen dibawa dalam bentuk asli dan fotocopy.


Tahapan Proses Pembuatan Paspor


Sesudah Anda melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan, selanjutnya Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan paspor secara walk in atau datang langsung ke kantor imigrasi di kota Anda.

Adapun tahapan dalam proses pembuatan paspor terdiri dari:

  • Pemeriksaan kelengkapan dokumen.
  • Pembayaran biaya pembuatan paspor.
  • Pengambilan foto dan sidik jari.
  • Wawancara dan verifikasi.
  • Penerbitan paspor.

Jangan lewatkan: Ini Dia Barang-barang Penting yang Harus Dibawa Agar Liburanmu Tenang, Nyaman, dan Berkesan!

Biaya Pembuatan Paspor


Biaya pembuatan paspor bergantung pada jenis paspor dan jumlah halaman yang diinginkan (24 atau 48 halaman). Adapun rincian biaya pembuatan paspor antara lain sebagai berikut:

  • Paspor biasa 24 halaman: Rp 100 ribu
  • Paspor biasa 48 halaman: Rp 300 ribu
  • E-paspor 24 halaman: Rp 350 ribu (untuk saat ini masih belum tersedia)
  • E-paspor 48 halaman: Rp 600 ribu


Biaya lain yang perlu dibayarkan selain biaya di atas ialah jasa perekaman data biometrik, biasanya sebesar Rp 55 ribu.

Cara Membuat Visa


Untuk bepergian ke luar negeri, Anda tidak hanya membutuhkan paspor, tapi juga butuh Visa. Untuk dapat masuk secara legal ke negara tujuan, Anda membutuhkan Visa.

Visa ialah dokumen resmi dari negara yang menjadi tujuan kedatangan Anda. Dengan Visa, Anda dapat masuk secara legal ke negara tersebut.

Bagi wisatawan yang datang ke negara lain untuk tujuan berlibur, terdapat dua jenis visa yang dapat disesuaikan dengan negara tujuan, yaitu Visa pre Arrival, dan Visa on Arrival. Penetapan masing-masing jenis Visa tersebut tergantung pada kesepakatan antara negara.

Cara Pembuatan Visa pre Arrival


Visa pre Arrival adalah visa yang harus Anda ajukan sebelum waktu keberangkatan ke negara tujuan. Anda bisa mengajukannya ke kantor Kedutaan Besar (Kedubes) negara yang terkait dengan perjalanan Anda.

Biasanya terdapat perbedaan mengenai persyaratan ataupun biaya yang dikenakan terhadap pengajuan Visa untuk masing-masing negara. Anda dapat mencari informasinya pada situs web Keimigrasian Negara terkait.

Ada juga beberapa negara yang melayani pengajuan Visa secara online. Tentu, hal ini akan mempermudah proses dan menyingkat waktu dalam pembuatan Visa yang diinginkan karena Anda tidak perlu datang secara langsung ke kantor kedutaan negara terkait.

Syarat dan ketentuan maupun prosedur pembuatan Visa dapat berbeda-beda tergantung kebijakan di masing-masing negara.

Cara Pembuatan Visa on Arrival (VoA)


Visa on Arrival adalah visa yang dapat diurus setibanya Anda di Bandara atau Pelabuhan Internasional negara tujuan. Di setiap terminal kedatangan Bandara atau Pelabuhan Internasional biasanya terdapat kantor imigrasi yang menangani pengajuan Visa on Arrival.

Seperti halnya Visa pre Arrival, semua persyaratan dan biaya yang dikenakan untuk mengajukan Visa on Arrival biasanya tergantung pada kebijakan di masing-masing negara. Selain itu, setiap negara tujuan juga memiliki batas masa kunjungan yang berbeda-beda.

Itulah sekilas informasi mengenai cara membuat paspor dan visa saat ingin jalan-jalan ke luar negeri. Agar perjalanan Anda nyaman dan menyenangkan, ada baiknya untuk mempersiapkan segala sesuatunya lebih matang.

Lanjutkan membaca: Benarkah 5 Negara Maju Ini Terancam Bangkrut karena Utang yang Menumpuk?

sumber/gambar:
blog.traveloka.com
batam.tribunnews.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com