10 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan


Yoadit.com - Dalam kehidupan sehari-hari, jamur bisa kita jumpai dengan mudah di mana pun. Umumnya, jamur hidup dengan menumpang pada organisme lain karena tidak mempunyai zat hijau daun (klorofil).

Oleh karena itu, jamur tidak dapat membuat makanannya sendiri dan mengambil zat organik dari organisme yang ada di sekitarnya atau di tempat dia hidup.

Ada sekitar 70 ribu macam jamur yang ada di dunia, namun hanya beberapa yang dapat dimakan dan tidak berbahaya untuk dikonsumsi. Berikut ini kami sampaikan informasi tentang jenis-jenis jamur yang dapat dimakan dan memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Baca juga: 5 Khasiat Ampuh Lavender yang Wajib Kalian Coba!

1. Jamur Merang (volvoriella volvaceae)


10 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh
sumber: www.jurnalasia.com
Jamur merang merupakan jenis jamur yang banyak dibudidayakan di daerah beriklim tropis dan subtropis seperti di negara-negara Asia Tenggara dan sebagian Negara Eropa. Jamur ini memiliki total produksi sekitar 16 persen di seluruh dunia.

Jamur Merang sudah banyak dijual di pasar, baik dalam keadaan segar atau yang sudah diawetkan. Teksturnya lemur dengan rasa yang manis sehingga banyak orang yang menyukai jamur merang.

Di dalam satu buah jamur merang mengandung 3,2 gram protein dan bila dalam keadaan kering akan bertambah menjadi 16 gram. Selain itu, jamur ini juga mengandung 51 mg kalsium, 223 mg fosfor, 0,9 gram lemak, dan 105 kj kalori.

Mengonkomsusi jamur merang akan memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya sebagai berikut:

  • Mencegah risiko munculnya sel kanker.
  • Memperkuat tulang.
  • Mencegah kondisi kurang darah (anemia).
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Menangkal radikal bebas.
  • Rendah kolesterol.
  • Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau saat sedang menjalani program diet.
  • Baik dikonsumsi penderita sakit jantung.
  • Cocok dikonsumsi oleh vegetarian.


2. Jamur Tiram (pleurotus ostreatus)


10 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh
sumber: www.malang-guidance.com
Jamur tiram juga menjadi salah satu jenis jamur yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Jamur ini mudah ditemui dan juga telah banyak dibudidayakan di Indonesia menggunakan media tanam serbuk kayu.

Serbuk kayu sebagai media tanam jamur tiram dikemas dalam kantung plastik bening, lalu diletakkan pada ruangan yang lembab.

Bentuk jamur tiram berupa tangkai tudung mirip seperti cangkang kerang dengan adanya cekungan di atas bagian tengahnya. Warnanya putih, tapi ada juga yang berwarna krem.

Sejumlah manfaat mengonsumsi jamur tiram untuk kesehatan tubuh, di antaranya:

  • Mencegah kondisi kurang darah (anemia).
  • Meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Melawan kolesterol jahat.
  • Mencegah bakteri-bakteri jahat untuk berkembang biak dalam tubuh.
  • Meminimalisir risiko tumor dan kanker.


3. Jamur Kancing (agaricus bisporus)


10 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh
sumber: www.ruangtani.com
Jenis jamur yang bisa dikonsumsi berikutnya ialah jamur kancing. Dinamakan jamur kancing karena bentuknya mirip dengan kancing pakaian, umumnya berbentuk bulat dengan warna putih bersih, dan  ada juga yang krem dan cokelat.

Jangan lewatkan: Resep Menu Sarapan yang Baik untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Jamur kancing memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan, antara lain:

  • Mengandung banyak sodium.
  • Bebas lemak, kaya vitamin B dan Pottasium.
  • Memiliki kandungan mineral yang tinggi.
  • Rendah kalori tapi memiliki rasa yang manis.


Jamur kancing tidak hanya memiliki banyak manfaat, tapi menjadi salah satu jenis jamur yang harganya relatif mahal. Oleh karena itu, budidaya jamur kancing bisa menjadi peluang usaha yang sangat menggiurkan.

4. Jamur Kuping


10 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh
sumber: tanamanhiasan.com
Ada 3 jenis jamur kuping, antara lain:

  • Jamur kuping putih (tremella fuciformis).
  • Jamur kuping hitam (auricularia polytricha).
  • Jamur kuping merah (auricularia auricula-judae).


Dari ketiga jenis di atas, jamur kuping hitam merupakan yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Pasalnya, jamur kuping memang mudah ditemukan di alam. Biasanya, jamur ini dapat tumbuh pada batang-batang pohon yang sudah lapuk atau sudah membusuk.

Manfaat jamur kuping juga sangat banyak, di antaranya mengatasi hipertensi, mengobati ambeien, mencegah dan mengatasi anemia, serta mengurangi sakit panas akibat luka bakar.

5. Jamur Shitake (lenitula edodes)


10 Jenis Jamur yang Bisa Dimakan dan Bermanfaat untuk Kesehatan Tubuh
sumber: hellosehat.com
Jamur shitake merupakan salah satu jamur yang banyak dikonsumsi orang Asia, khususnya di negara Jepang dan China.

Jamur ini dikenal juga dengan sebutan Chinese Black Mushroom, dan sudah dikenal sebagai jamur yang dapat dikonsumsi sejak 900 tahun lalu oleh penduduk di negeri China. Sedangkan di Jepang, jamur ini mulai dikomersilkan secara massal sejak tahun 1940.

Konon, bagi Anda yang mengonsumsi jamur shitake ada sejumlah manfaat yang akan diperoleh, di antaranya melancarkan sirkulasi darah, sebagai sumber energi, meredakan gangguan hati, dan memulihkan kondisi tubuh yang lelah.

6. Jamur Ling Zhi (ganoderma lucidum)


Sejarah jamur ling zhi ditemukan pertama kali oleh petani asal China bernama Seong Nong. Ia dijuluki sebagai petani suci karena keahliannya dalam menganalisa tanaman obat.

Menurut Seong Nong, jamur ling zhi termasuk tanaman obat yang tidak memiliki efek samping bila dikonsumsi dalam waktu lama. Oleh karena itu, pada zaman dahulu, jamur ling zhi sudah digunakan sebagai tanaman obat herbal oleh para raja dan bangsawan di negeri China.

Rasanya agak pedas dan pahit, namun jamur ini bersifat hangat (seperti jahe) dan memiliki efek yang baik dalam melindungi dan menyembuhkan organ-organ dalam tubuh.

Bagi masyarakat China, jamur ling zhi diyakini memiliki banyak manfaat, di antaranya meningkatkan sistem imun, anti alergi, sebagai analgesic, anti-HIV, melindungi liver dan ginjal, serta anti diabetes.

7. Jamur Enokitake (flammulina velutipes)


Jamur enokitake dikenal juga dengan sebutan winter mushroom (jamur musim dingin). Hal ini dikarenakan jamur enokitake lebih banyak ditemukan di daerah beriklim salju. Dan hanya dapat tumbuh di permukaan batang pohon celtis sinensis.

Ada dua jenis warna jamur enokitake yang tumbuh di alam bebas, yaitu cokelat dan merah muda. Ada pula jamur enokitake yang berwarna putih, namun jamur ini di budidayakan dengan kondisi yang terlindungi sinar matahari.

Manfaat jamur ini cukup banyak, dan telah digunakan sejak lama dalam pengobatan tradisional China.

8. Jamur Truffle (ascomycetes)


Jamur truffle memiliki bentuk yang unik dan biasa digunakan sebagai pelengkap masakan Perancis. Jamur ini termasuk jamur yang sangat mahal di dunia. Jamur ini menjadi salah satu makanan favorit bagi orang Eropa.

9. Jamur Maitake (grifola frondosa)


Jamur maitake tergolong langka sehingga harganya termasuk yang sangat mahal di dunia. Maitake artinya menari, dinamakan demikian karena dulunya orang akan menari-nari ketika menemukan jamur maitake.

Seorang peneliti jamur asal Jepang, Prof Dr Hiroki Nanba mengatakan bahwa jamur maitake memiliki manfaat yang sangat besar, yaitu sebagai obat kanker dan obat alternantif bagi penderita HIV/AIDS.

10. Jamur Matsutake (tricholoma matsutake sing)


Jamur yang dapat dimakan dalam daftar kami yang terakhir ini bernama jamur matsutake. Jamur ini termasuk langka dan belum dapat dibudidayakan secara massal.

Di Jepang, jamur matsutake memiliki harga yang sangat mahal karena hanya dapat ditemukan pada musim gugur di wilayah hutan pinus yang beriklim sejuk.

Lanjutkan membaca: Apakah Kopi Berbahaya Untuk Kesehatan?

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 10 jenis jamur yang bisa dimakan dan bermanfaat bagi tubuh. Beberapa jenis jamur selain daftar di atas tidak boleh dimakan karena dikhawatirkan mengandung racun. Jadi, jangan sampai salah makan jamur yah!

Kalau kamu, sudah pernah makan jamur apa saja?

Sumber:
www.faunadanflora.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com