√ 5 Khasiat Ampuh Lavender yang Wajib Kalian Coba! - Yoadit.com

5 Khasiat Ampuh Lavender yang Wajib Kalian Coba!

Yoadit.com - Tanaman dengan segudang manfaat itu bernama Lavender. Tanaman ini bisa mengobati sistem tubuh kita bila diambil ekstrak minyaknya.

5 Khasiat Ampuh Lavender yang Wajib Kalian Coba!
Kualitas antibakteri juga dimiliki oleh Lavender sehingga dapat mengobati infeksi sekaligus mengurangi rasa sakit.

Baca juga: Meski Sibuk, Anda Tetap Bisa Jalan Sehat dengan Trik Berikut ini!

Oleh karena manfaatnya yang sangat banyak, wajar saja jika banyak kalangan masyarakat mulai melirik Lavender sebagai tanaman obat. Memangnya, apa saja sih manfaat ajaib yang dimiliki minyak Lavender? Simak ulasan dari kami berikut ini!

1. Manfaat Lavender untuk Mengatasi Nyeri Sendi dan Nyeri Otot


Minyak Lavender memiliki sifat menenangkan, sangat bagus digunakan untuk meredakan nyeri otot dan nyeri sendi.

Aroma Lavender tidak hanya menenangkan indera penciuman, tapi juga menenangkan saraf lainnya. Jika dipijatkan ke bagian kulit, minyak Lavender akan meresap ke otot, lalu merelaksasikannya, meningkatkan dan merangsang sirkulasi otot.

Itulah mengapa minyak Lavender dapat bermanfaat untuk meredakan nyeri otot dan nyeri sendi, serta menghilangkan stres dari tubuh Anda.

2. Manfaat Lavender Sebagai Anti-Peradangan


Minyak esensial Lavender juga terbukti efektif untuk mengatasi iritasi ringan pada kulit karena luka bakar, luka sayatan, atau jerawatan ringan.

Lavender memiliki sifat anti-peradangan, sangat ampuh untuk mencegah bakteri atau iritasi lainnya pada kulit sehingga luka pada kulit dapat sembuh jauh lebih cepat ketimbang biasanya.

Namun, perlu diingat untuk Anda yang memiliki kulit sensitif, ada baiknya mencampurkan minyak Lavender dengan minyak alternatif lainnya seperti minyak jojoba atau minyak kelapa karena menggunakan minyak Lavender murni pada kulit (terutama untuk luka bakar dapat mengakibatkan iritasi kulit melebar.

3. Manfaat Lavender untuk Menyehatkan Kulit


Perlu Anda ketahui, nama Lavender sebenarnya berasal dari bahasa latin “lavare”, yang artinya “mencuci”. Hal ini karena tanaman Lavender memang memiliki sifat antiseptik yang dapat menyehatkan kulit.

Lavender telah dimanfaatkan untuk pemandian sejak dahulu. Para raja dan ratu di zaman Persia, Yunani, maupun Romawi telah menggunakan Lavender sebagai mandi mewah yang dapat menyehatkan kulit. Hingga sekarang, Lavender masih digunakan sebagai bahan yang populer untuk spa.

4. Manfaat Lavender untuk Mencegah dan Mengobati Gigitan Serangga


Hingga sekarang, banyak produk lotion anti-nyamuk yang memanfaatkan ekstrak Lavender di dalamnya. Sifatnya yang antibakteri juga dapat mengobati infeksi dan iritasi akibat gigitan serangga.

Aromanya yang kuat memang tidak disukai serangga, sehingga banyak lotion anti-nyamuk yang memasukkan ekstrak Lavender dalam komposisi produk mereka.

5. Manfaat Lavender untuk Mengatasi Stres


Minyak Lavender dapat digunakan kapan saja ketika Anda bersantai, melepas lelah sehabis pulang kerja. Lavender memberikan efek menenangkan pada tubuh, saraf, maupun pikiran.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa Lavender sangat berkhasiat untuk membantu gangguan tidur ringan, dan mengatasi kecemasan tingkat rendah.

Lavender juga banyak dimanfaatkan untuk terapi kesehatan mental. Beberapa obat perawatan juga menggunakan bahan minyak esensial Lavender untuk membantu atasi kondisi gelisah, insomnia, kecemasan, depresi, hingga kondisi stres. Anda bisa menciptakan lingkungan yang menenangkan dengan Lavender.

Lanjutkan membaca: Pernah Coba Minum Kopi Tanpa Gula? Ternyata Manfaatnya Luar Biasa Bagi Tubuh

Itulah 5 manfaat ajaib yang bisa Anda peroleh dari minyak Lavender. Semoga menambah wawasan Anda perihal tanaman-tanaman herbal.

sumber:
lifestyle.okezone.com

0 Comments:


Top