√ 7 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Besar untuk Lulusan SMA - Yoadit.com

7 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Besar untuk Lulusan SMA

Yoadit.com - Apakah lulusan SMA bisa memperoleh pekerjaan dengan gaji besar? Bisa. Masalahnya, lulusan SMA seringkali kebingungan ketika mencari pekerjaan yang dapat menjamin taraf hidupnya.

7 Jenis Pekerjaan dengan Gaji Besar untuk Lulusan SMA
sumber: blog.bukupedia.com
Bagi Anda yang ingin mengubah nasib dan memiliki pekerjaan dengan gaji besar, berikut ini kami akan bagikan informasi jenis pekerjaan untuk lulusan SMA yang memberikan gaji cukup tinggi kepada karyawannya.

1. Sales Marketing


Pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda yang senang dengan dunia jual-beli. Anda juga harus pintar dalam membujuk orang agar sukses menjadi sales marketing dengan pendapatan besar.

Baca juga: Ingin Cepat Kaya? Simak Pekerjaan Jurusan IPA yang Gajinya Besar Berikut Ini!

Banyak orang menganggap sebelah mata profesi seorang sales/marketing. Wajar saja, karena jenis pekerjaan ini biasanya dibebankan sebuah target yang harus dicapai.

Meski gajinya tidak seberapa, tapi Anda memiliki peluang untuk mendapatkan komisi besar setiap kali melakukan penjualan. Bahkan, komisi tersebut bisa dikatakan tidak terbatas. Semakin banyak penjualan yang tercapai, semakin besar pula penghasilan yang akan Anda dapatkan.

Memahami seluk-beluk produk yang dijual dan pintar dalam membujuk calon pembeli, menjadi kunci sukses bagi seorang sales. Apalagi jika produk yang dijual berupa properti atau otomotif, Anda akan mendapatkan keuntungan atau komisi sebanyak 1% setiap kali ada produk yang terjual.

2. ABK di Kapal Pesiar


Banyak dari mereka yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) di Kapal Pesiar adalah lulusan SMA. Ada beragam posisi yang ditawarkan untuk bekerja di atas kapal, mulai dari koki, teknisi, hingga tenaga kebersihan.

Namun, untuk bekerja sebagai ABK, Anda perlu mengikuti pelatihan kerja terlebih dahulu. Ketika menjadi ABK, gaji yang akan didapatkan lumayan tinggi. Apalagi bila bekerja pada kapal pesiar dengan lingkup hingga ke luar negeri.

Selain gaji pokok, biasanya ada juga tunjangan-tunjangan lain yang diberikan sehingga Anda bisa memiliki penghasilan yang besar sepulang dari berlayar.

3. Operator Produksi di Perusahaan Perminyakan


Bekerja di perusahaan perminyakan ternyata tidak harus memiliki ijazah sarjana lho. Khusus bagian operator produksi, biasanya juga menerima pelamar lulusan SMA.

Namun, bagi lulusan SMA yang ingin bekerja di bidang perusahaan perminyakan memerlukan tambahan skill, yakni paham bahasa Inggris. Pelamar yang lulus seleksi juga akan di-training terlebih dahulu untuk periode tertentu.

Ketika bekerja nanti, Anda akan mendapatkan gaji yang lumayan tinggi. Bahkan lebih tinggi dari jenis pekerjaan lain untuk lulusan sarjana. Wajar saja, terutama bila mengingat risiko yang dihadapi dalam bekerja juga lumayan besar.

Oleh karena itu, bila ingin bekerja di perusahaan perminyakan, Anda harus ekstra hati-hati, teliti, dan selalu menaati peraturan, khususnya dalam mematuhi standar keselamatan kerja perusahaan.

4. Masinis, Pilot, atau Pramugari


Mungkin belum banyak orang tahu, kalau pekerjaan sebagai masinis, pilot, atau pramugari, sebenarnya mensyaratkan minimal lulusan SMA.

Namun, ketiga profesi tersebut mengharuskan para kandidatnya untuk menjalani sejumlah pelatihan di sekolah-sekolah yang sudah ditentukan perusahaan. Terutama jika nantinya lamaran Anda diterima.

Semakin tinggi jam terbang Anda, semakin besar pula gaji yang bisa diterima. Khusus pilot atau pramugari, Anda diharuskan mahir berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, serta paham berbagai aturan yang harus dipatuhi di bidang penerbangan.

Baca juga: 10 Profesi Bergaji Tinggi untuk Wanita

5. Petugas Instalasi Listrik


Penggunaan listrik di masyarakat semakin meningkat, sehingga kebutuhan jasa instalasi maupun perbaikan listrik juga semakin dibutuhkan.

Anda yang lulusan SMA juga bisa menekuni pekerjaan sebagai petugas instalasi dan perbaikan listrik. Gajinya lumaya tinggi lho! Namun, perlu diingat bahwa pekerja ini juga memiliki risiko yang besar.

Anda harus berkonsentrasi dan ekstra hati-hati saat melakukan pemasangan ataupun perbaikan kabel listrik.

Selain memiliki risiko tinggi, Anda juga harus mempunyai keterampilan fisik yang mumpuni. Meski berbekal ijazah SMA dan tidak memiliki pengalaman kerja, Anda tetap bisa melamar untuk profesi ini. Namun, Anda perlu mengikuti pelatihan kerja yang cukup lama terlebih dahulu.

6. Pengawas Transportasi


Bagi Anda yang tidak memiliki ijazah sarjana dan menginginkan gaji tinggi, profesi sebagai pengawas transportasi bisa menjadi pilihan yang cocok.

Tugas Anda sebagai pengawas transportasi ialah mengecek perlengkapan atau barang-barang yang berkaitan dengan keselamatan kendaraan dan orang-orang yang ada di dalamnya.

Selain menawarkan gaji tinggi, Anda juga memiliki tugas mulia karena turut memastikan keselamatan bagi para penumpang maupun orang-orang yang bekerja di bidang jasa transportasi.

Namun, profesi ini memiliki tingkat stres yang tinggi dan tanggung jawab yang besar. Bahkan Anda juga harus melakukan evakuasi apabila terjadi keadaan darurat.

7. Pemain Film atau Sinetron


Kita semua tahu, mereka para artis yang sering muncul di layar kaca ataupun layar lebar mendapatkan bayaran yang tinggi.

Meski lulusan SMA, Anda juga bisa kok menekuni bidang pekerjaan sebagai aktor ataupun aktris. Terutama bagi Anda yang tertarik pada dunia seni peran.

Modal utamanya ialah mampu berakting dan bersosialisasi. Bidang pekerjaan ini juga cocok untuk Anda yang suka tampil dan berbicara di depan publik.

Selain itu, Anda juga harus pintar bergaul untuk mencari relasi atau menjaga koneksi agar pekerjaan Anda bisa tetap langgeng dalam  waktu lama.

Baca juga: Tips Menjadi Wirausaha Pemula dan Cara Mendirikan Usaha yang Tahan Lama

Itulah sejumlah pekerjaan dengan gaji tinggi yang bisa ditekuni oleh lulusan SMA. Untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut memang tidak mudah, tentunya banyak pesaing juga di dalamnya.

Beberapa pelatihan khusus untuk meningkatkan keterampilan juga perlu Anda ikuti sehingga mampu bersaing dengan para pelamar lainnya yang juga menginginkan gaji tinggi dari pekerjaan tersebut.

sumber:
www.hipwee.com

0 Comments:


Top