√ 5 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar di Daerah Pedesaan - Yoadit.com

5 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar di Daerah Pedesaan

Yoadit.com - Usaha rumahan modal kecil untung besar di daerah pedesaan menjadi program yang tengah digalakkan oleh pemerintah. Usaha semacam ini biasanya berhubungan dengan potensi unik yang dimiliki suatu desa, seperti potensi alam, kerajinan, maupun kuliner khas di desa tersebut.

5 Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Untung Besar di Daerah Pedesaan
sumber: www.kebumenhow.com
Usaha di pedesaan dapat ditelusuri dari keunikan yang terdapat di dalamnya. Misalnya saja desa wisata yang menyedot banyak wisatawan karena keunikannya. Ada banyak jenis usaha potensial yang bisa didirikan di desa tersebut.

Berikut ini beberapa peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa Anda coba dirikan di daerah pedesaan:

1. Usaha Pembuatan Makanan Ringan


Ada beragam ide makanan ringan yang bisa diproduksi dengan memanfaatkan komoditas lokal yang ada di suatu desa, misalnya saja bila desa Anda banyak menghasilkan pisang, Anda bisa membuat aneka makanan ringan berbahan pisang, seperti ceriping pisang manis, keripik pisang, pisang sale, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Aneka Ide Usaha Rumahan Modal Kecil untuk Ibu Rumah Tangga

Pilihlah jenis makanan ringan yang diolah dari hasil komoditas yang ada di desa Anda. Selain karena harga bahan bakunya lebih murah, juga bisa mengangkat ciri khas komoditas lokal yang ada di desa. Intinya, cobalah mencari ide makanan ringan yang berbahan dasar dari potensi lokal.

2. Usaha Pembuatan Aksesoris dan Kerajinan Tangan


Aksesoris yang unik dan khas selalu dapat membuat orang menyukai produk kreatif yang satu ini. Banyak daerah di Indonesia yang memiliki kreasi aksesoris uniknya masing-masing. Aneka aksesoris tersebut umumnya dibuat menggunakan bahan-bahan khas dari daerah asalnya.

Seperti contoh, ibu-ibu di Kalimantan banyak yang menjadi perajin aksesoris berbahan manik-manik khas Suku Dayak yang bernama Manikam. Produk aksesoris tersebut kian terkenal dan telah banyak digunakan di berbagai pagelaran fashion dunia.

Contoh berikutnya, ibu-ibu di Bantul yang membuat aksesoris gelang-gelang cantik yang terbuat dari bahan kulit sisa pabrik tas. Aksesoris ini biasanya dijual di sepanjang Malioboro serta di banyak obyek wisata yang tersebar di Yogyakarta.

Aneka kerajinan aksesoris bisa menjadi referensi untuk Anda yang sedang mencari ide usaha rumahan modal kecil untuk besar di daerah pedesaan.

3. Usaha Jual Beli Online


Sekarang ini, jaringan internet sudah masuk ke desa-desa. Peluang ini bisa kita manfaatkan untuk berjualan online sehingga pemasaran untuk produk lokal Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dari kota maupun daerah lain.

Atau Anda bisa mencoba usaha jualan online dengan model dropship, artinya Anda berjualan produk orang lain. Dengan harga yang tentu lebih tinggi dari harga yang dibanderol oleh supplier. Selisih dari harga jual inilah yang menjadi margin atau keuntungan Anda.

Model usaha dropship tidak memerlukan modal besar, karena Anda tidak perlu berbelanja (kulakan) untuk menyetok barang. Selain itu, juga tidak memerlukan tempat khusus untuk menyimpan stok barang-barang Anda.

4. Usaha Bersama Mengelola Desa Wisata


Nah, kalau usaha yang satu ini baiknya dilakukan bersama-sama atau secara kelompok. Ajak masyarakat sekitar untuk bersama-sama membangun, dan mengelola potensi alam yang ada.

Usaha ini sangat cocok dijalankan oleh Anda dan warga di desa yang memiliki pesona alam nan indah. Kita bisa lihat di Bali, banyak kampung-kampung di Pulau Bali yang mengelola obyek wisata di desanya masing-masing sehingga masyarakatnya mengalami peningkatan ekonomi yang signifikan.

Hal yang sama juga banyak dilakukan oleh warga-warga desa di daerah Yogyakarta. Bahu-membahu, dan mengedepankan gotong royong sesama warga, usaha bersama mengelola desa wisata dapat berkembang menjadi destinasi bagi para traveler dari luar daerah.

5. Usaha Koperasi


Dengan unit usaha koperasi, Anda dapat mengumpulkan banyak orang untuk mendirikan usaha bersama.

Ada banyak bentuk koperasi yang bisa Anda dirikan di desa, seperti Koperasi Produksi, Koperasi Pertanian, Koperasi Industri dan Kerajinan, Koperasi Simpan Pinjam, Koperasi Serba Usaha, dan sebagainya.

Itulah beberapa ide peluang usaha rumahan modal kecil untuk besar yang bisa dibangun di daerah pedesaan.

Jangan lewatkan: Tips Menjadi Wirausaha Pemula dan Cara Mendirikan Usaha yang Tahan Lama

Sebenarnya masih banyak lagi contoh usaha lainnya, tapi cobalah untuk mempertimbangkan beberapa jenis usaha di atas, semoga dapat membangun perekonomian Anda dan juga warga masyarakat di desa Anda.

sumber:
www.berdesa.com

0 Comments:


Top