√ 7 Model Plat Nomor Kendaraan yang Akan Ditilang Polisi Karena Melanggar Ketentuan - Yoadit.com

7 Model Plat Nomor Kendaraan yang Akan Ditilang Polisi Karena Melanggar Ketentuan

Yoadit.com - Sejumlah pengguna kendaraan bermotor diketahui ada yang melakukan modifikasi terhadap plat nomor mobil atau motornya. Perlu Anda ketahui, modifikasi tersebut sebenarnya melanggar ketentuan yang diatur dalam Undang-undang Lalu Lintas.

7 Model Plat Nomor Kendaraan yang Akan Ditilang Polisi Karena Melanggar Ketentuan
sumber: www.tabloidbintang.com
Oleh karena itu, Kepolisian akan melakukan penindakan terhadap pengguna kendaraan bermotor yang memasang pelat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang melanggar ketentuan tersebut.

Baca juga: Mengenal Warna Plat Nomor Kendaraan yang Berlaku di Indonesia

Dijelaskan dalam Pasal 68 Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan bahwa kendaraan bermotor wajib menggunakan TNKB yang memenuhi syarat bentuk, ukuran, bahan, warna, dan cara pemasangan.

Bila plat nomor yang terpasang pada kendaraan bermotor tidak sesuai dengan ketentuan tersebut maka akan dikenai denda paling banyak Rp 500.000 atau kurungan dua bulan.

Seperti yang dijelaskan oleh Kepala Subdit Pembinaan dan Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Budiyanto, ada 7 model pelat nomor kendaraan yang akan terkena tilang karena tidak sesuai ketentuan, antara lain:

  1. Plat nomor kendaraan yang huruf atau angkanya diatur/diubah agar terbaca seperti sebuah kata/nama.
  2. Plat nomor kendaraan yang hurufnya diubah seperti huruf digital.
  3. Plat nomor kendaraan yang ditempel stiker logo/lambang kesatuan atau instansi pada kendaraan pribadi, seolah-olah pejabat.
  4. Plat nomor kendaraan yang memakai huruf miring dan huruf timbul.
  5. Plat nomor kendaraan yang dibuat tidak sesuai ukuran (terlalu besar atau terlalu kecil).
  6. Plat nomor kendaraan yang diubah warna/doff dan ditutup mika sehingga warnanya tampak berubah.
  7. Plat nomor kendaraan yang huruf atau angkanya sebagian ditebalkan dan sebagian disamarkan sehingga nomor asli kendaraan menjadi sulit untuk dibaca.

Jangan lewatkan: Dasar Hukum Layanan Pengguna Jalan yang Harus Didahulukan (Voorijder)

Nah, itulah beberapa model plat kendaraan yang tidak boleh dipasang pada kendaraan bermotor. Kalau sudah tahu, jangan dipasang ya! Nanti kena tilang Pak Polisi lho!

Sumber:
www.tribunnews.com

0 Comments:


Top