Kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis? Ini dia Prospek Kerjanya Setelah Lulus Nanti


Yoadit.com - Prospek kerja Administrasi Bisnis D3 menjadi hal penting untuk diketahui oleh Anda yang sedang menekuni ataupun baru akan memilih jurusan kuliah di bidang ini.

Kuliah di Jurusan Administrasi Bisnis? Ini dia Prospek Kerjanya Setelah Lulus Nanti
sumber: glints.com
Di tengah ketatnya persaingan dunia usaha, ilmu Administrasi Bisnis menjadi salah satu bidang studi yang sangat diperlukan karena mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan operasional bisnis dalam sebuah perusahaan.

Baca juga: Deskripsi Jurusan Jurnalistik Beserta Prospek Kerjanya yang Menjanjikan

Kegiatan-kegiatan bisnis tersebut mencakup pemasaran atau marketing, pengelolaan keuangan, pengelolaan produksi, hingga pengelolaan sumber daya manusia.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari ketika Anda menempuh pendidikan di Jurusan Administrasi Bisnis, antara lain seperti ilmu keuangan bisnis, operasi bisnis, ilmu pemasaran, perencanaan bisnis, sumber daya manusia, teori dan perilaku organisasi, manajemen kepemimpinan, kewirausahaan, teori pengambilan keputusan, dan masih banyak lagi.

Prospek Kerja Jurusan Administrasi Bisnis D3


Prospek kerja Administrasi Bisnis D3 cukup menjanjikan karena masih menyediakan peluang lapangan kerja yang luas. Berikut ini kami bagikan informasi beberapa jenis pekerjaan yang menjadi prospek kerja dari lulusan Administrasi Bisnis:

1. Manajer di Perusahaan Swasta


Kompetensi yang cukup lengkap dimiliki oleh seorang lulusan administrasi bisnis. Salah satu kompetensi yang akan Anda miliki ialah di bidang manajemen.

Ketika bekerja menjadi manajer di sebuah perusahaan, nantinya Anda harus mampu untuk memimpin, mengadministrasikan, dan mengarahkan perusahaan sesuai tujuan yang telah ditetapkan.

Seorang manajer memiliki peran penting di sebuah perusahaan dalam pengambilan keputusan, berkomunikasi, pemberian motivasi, pendelegasian, hingga mengembangkan kemampuan bawahannya dengan memberi penilaian, saran, dan training.

Di samping itu, manajer juga harus mampu melakukan perencanaan yang matang terkait berbagai aktivitas perusahaan dan melakukan fungsi pengawasan dalam penerapan rencana tersebut.

Biasanya, di perusahaan-perusahaan besar mengadakan program management trainee. Lulusan Administrasi Bisnis melamar di program tersebut bila ingin menempati posisi manajer dalam perusahaan.

Dalam program management trainee tersebut, Anda tidak hanya dituntut bekerja sesuai ilmu yang dimiliki, tapi juga akan mempelajari keseluruhan perusahaan sebelum diposisikan pada manajemen di bagian tertentu.

2. Menjadi Staf Administrasi


Prospek kerja lulusan Administrasi Bisnis berikutnya ialah menjadi staf administrasi di sebuah perusahaan. Posisi staf administrasi cukup banyak ragamnya, mulai dari staf administrasi umum, perpajakan, gudang, dan masih banyak lagi.

Sebagai staf administrasi, nantinya ada beberapa tugas kerja yang menjadi tanggung jawab Anda, antara lain Filling atau rekapitulasi data seperti domisili, surat-surat berharga dan aset perusahaan, serta surat-surat bukti transaksi.

Tugas kerja yang selanjutnya ialah bertanggung jawab dalam membuat surat-surat resmi yang dibutuhkan perusahaan, seperti surat perpanjangan kontrak, surat pembelian, surat domisili, dan sebagainya.

Sebagai staf administrasi, Anda juga akan melakukan penjadwalan perusahaan yang bersifat umum, misalnya mengatur meeting beberapa klien sekaligus yang mengacu pada efisiensi waktu.

Simak juga: 16 Jurusan yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar di Indonesia

3. Bekerja Sebagai Staf Marketing


Kebijakan dan strategi marketing merupakan salah satu mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan Administrasi Bisnis. Oleh karena itu, lulusan Administrasi Bisnis memiliki prospek kerja yang bagus di sebagai staf marketing di suatu perusahaan.

Pemasaran di dalam perusahaan merupakan divisi yang memiliki peran vital untuk meningkatkan penjualan produk barang atau jasa melalui berbagai cara promosi.

Administrasi Bisnis tidak hanya berkutat pada masalah administrasi, tapi juga sangat berpotensi untuk menjadi staf bahkan manajer di bagian pemasaran.

Ketika menjadi seorang manajer pemasaran, Anda bertugas melakukan perencanaan, perekrutan karyawan, hingga pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Staf marketing juga dituntut untuk dapat berpikir kreatif supaya dapat meningkatkan penjualan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.

Kreativitas sangat dibutuhkan oleh seorang staf marketing untuk dapat menemukan formula yang jitu untuk meningkatkan brand awareness di kalangan masyarakat.

4. Menjadi Konsultan Bisnis


Seorang lulusan Administrasi Bisnis, memiliki berbagai ilmu di bidang bisnis yang dapat dikembangkan lagi untuk menjadi konsultan bisnis.

Sebagai konsultan bisnis, nantinya Anda akan dipercaya untuk memberi nasihat tetang berbagai aspek bisnis yang terdapat dalam perusahaan klien. Sebatas memberi masukan dan nasihat, tapi tidak memiliki kewenangan untuk melakukan implementasi kebijakan.

Anda bisa menjadi konsultan bisnis internal di mana bekerja secara full time untuk sebuah perusahaan. atau konsultan eksternal yang bekerja secara tidak tetap dan hanya memberikan konsultasi apabila diminta oleh perusahaan klien.

5. Staf Personalia


Prospek kerja Administrasi Bisnis D3 selanjutnya ialah menjadi staf untuk bagian personalia atau sumber daya manusia. Bagian ini sekarang lebih populer dengan nama HRD (Human Resources Development) yang mana memiliki tanggung jawab dalam mengelola sumber daya manusia yang ada di sebuah perusahaan.

HRD memiliki tanggung jawab dalam pengembangan dan pengelolaan sumber daya manusia, mulai dari persiapan perekrutan pegawai baru, membuat kontrak kerja karyawan, pengangkatan karyawan tetap, hingga mengevaluasi dan memberi sanksi pada pekerja.

Beberapa kompetensi yang perlu dikuasai oleh lulusan Administrasi Bisnis yang ingin bekerja menjadi Staf Personalia di antaranya teamwork, komunikasi, membangun relasi dan hubungan dengan orang lain, serta menemukan dan mengembangkan potensi orang lain.

6. Staf Pengajar di Instansi Pendidikan


Lulusan Administrasi Bisnis dapat bekerja menjadi guru di Sekolah Menengah Kejuruan. Atau bisa juga menjadi seorang dosen di Perguruan Tinggi.

Namun, untuk bisa menjadi seorang dosen, lulusan Administrasi Bisnis perlu melanjutkan jenjang pendidikannya paling tidak hingga pasca sarjana (S2).

7. Menjadi Wirausahawan


Selain bekerja untuk perusahaan atau instansi pendidikan, berwirausaha juga menjadi prospek kerja dari lulusan Administrasi Bisnis D3. Anda bisa membangun usaha milik sendiri dengan bekal ilmu yang dipelajari semasa kuliah.

Sebagai seorang entrepreneur, Anda harus memiliki kreativitas yang baik dalam membuat ide bisnis agar dapat bersaing dengan usaha-usaha lainnya yang sejenis. Menjadi wirausahawan juga menuntut Anda untuk bekerja lebih keras, lebih gigih, karena membangun bisnis atau perusahaan memang bukanlah hal yang mudah.

Itulah 7 prospek kerja Administrasi Bisnis D3 yang bisa menjadi referensi ketika nanti Anda telah lulus dan melangkah ke dunia kerja.

Jangan lewatkan: Prospek Kerja Agribisnis yang Menggiurkan untuk 5 Tahun ke Depan

Jurusan Administrasi Bisnis sangat cocok bagi Anda yang tertarik dalam bidang pengurusan dokumen dan pengelolaan bisnis. Nah, apakah Anda berminat untuk masuk ke jurusan kuliah Administrasi Bisnis? Segera daftarkan diri Anda ke kampus yang menyediakan jurusan tersebut!

sumber:
glints.com

Posting Komentar

Copyright © 2019 Yoadit.com